Mohon tunggu...
Fawwaz Ibrahim
Fawwaz Ibrahim Mohon Tunggu... Lainnya - Aktivis Pendidikan

Belajar untuk menulis kembali

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Toyota All New Sienta, Siap Hadapi Ragam Aktifitas

4 Desember 2016   23:09 Diperbarui: 4 Desember 2016   23:18 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampak depan Toyota All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)

“Fawwaz kira-kira mobil yang nyaman dibawa bepergian jauh, tapi bisa muat barang dan orang cukup banyak, ada atau ga?Rasanya dari banyak mobil yang ada, gua belum dapat pilihan nih, minta sarannya dong”.

Seorang teman meminta saran kepada saya, saat itu saya hanya bisa terdiam tak memiliki jawaban, karena sejujurnya saya tidak terlalu paham perkembangan otomotif di Indonesia. Rasanya saya terlalu sibuk dengan tumpukan buku, untuk menyelesaikan studi yang sedang saya tempuh.

Menariknya, pertanyaan itu hadir dalam benak saya pada suatu malam. Kalau boleh berangan-angan pada masa depan, ketika sudah berkeluarga nanti, saya pun ingin memiliki kendaraan yang cukup nyaman, juga dapat mengangkut istri, anak-anak dan barang-barang kami ketika bepergian.

Pada malam pula, Tuhan memberikan saya petunjuk melalui media sosial. Salah seorang teman admin, membagikan tautan tentang acara Kompasiana Coverage. Dimana objek pembahasan tentang produk otomotif, yang bisa jadi menjadi jawaban saya pribadi dan salah seorang teman.

Kabin Belakang Yang Luas Dapat di Manfaatkan Sesuai Keinginan (Dokumentasi Pribadi)
Kabin Belakang Yang Luas Dapat di Manfaatkan Sesuai Keinginan (Dokumentasi Pribadi)
Bukan sebuah kebetulan saya mengikuti acara yang digelar Toyota, sebuah perusahaan jasa otomotif yang ternama di dunia,  karena saya harus terlebih dahulu mendaftar kepada Kompasiana, hingga akhirnya terpilih sebagai salah satu peserta yang berkesempatan mengikuti acara, Kompasiana Coverage Unlock Your Weekend Healthy Living: Fun Bike #PopUpPlayground.

Bersyukur karena atas izin-Nya, saya mendapatkan kesehatan dan dapat berpartisipasi dalam acara tersebut. Minggu pagi (27/11/2016), bertempat di The Down Town Parking Area Summarecon Mall Bekasi, Jl. Boulevard Ahmad Yani, Blok M Sentra, Bekasi Utara, Jawa Barat.

Secara pribadi, keikutsertaan saya karena ada rasa penasaran yang ingin terjawab dalam benak. Pertama, mengapa perusahaan jasa otomotif menyelenggarakan event olah raga, yang begitu erat dengan kesehatan? Pun Toyota menggandeng beberapa komunitas sepeda, dan masyarakat umum. Lalu adakah relasi antara industri otomotif dan kesehatan?.

Kedua, saya begitu gemar mengayuh sepeda, karena kegemaran tersebutlah, saya putuskan untuk hadir dalam acara ini. Walau harus melawan rasa kantuk, karena sesuai arahan dari kawan admin, kami harus sudah berkumpul pukul lima dini hari. Tapi rasa kantuk tersebut terbayar dengan rasa bahagia, karena saya dapat merasakan euforia fun bike pertama kalinya, dan itu menyenangkan.

Lampu berteknolgi, hasil riset panjang Toyota (Dokumentasi Pribadi)
Lampu berteknolgi, hasil riset panjang Toyota (Dokumentasi Pribadi)
Pemberitaan tentang euforia fun bike telah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, ada pun pada tulisan ini, saya akan mengulas perbedaan mobil Toyota All New Sienta (selanjutnya Toyota ANS), dan boleh jadi perbedaan ini menjadi ciri khas yang hanya dimiliki Toyota ANS, dan tidak dimiliki oleh mobil-mobil sekelasnya;

Fitur Khas Yang Dimiliki Toyota All New Sienta

Impian para penumpang akan setiap mobil yaitu, memiliki kabin yang luas. Dengan fitur dive-in seat yang hadir pada Toyota ANS, memungkinkan kursi baris ketiga bisa dimasukkan ke baris kedua, membuat kapasitas bagasi lebih luas.

Penumpang perkotaan biasanya memanfaatkan kabin luas untuk berbagi aktifitas, seperti menulis dengan menggunakan gawai, bercengkrama keluarga/teman, bermain kartu, juga beristirahat pada setiap perjalanan.

Manfaat kabin luas pada perjalanan jarak-jauh tidak kalah penting, karena dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang secara maksimal, tanpa harus berdesak-desakan antara penumpang dan barang.

Dapat dikatakan, Toyota ANS merupakan jawaban akan kebutuhan tersebut. Kabin dari Toyota ANS setidaknya, dapat pengangkut dua sepeda gunung dengan ukuran 24 inch, dan satu sepeda lipat. Atau setara dengan, tujuh penumpang secara proporsional.

Mesin terbaru Toyota yang hadi pada Toyota All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Mesin terbaru Toyota yang hadi pada Toyota All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Toyota ANS memiliki empat tipe, setiap tipenya memiliki perbedaan bagian dalam mobil. Namun secara garis besar pada bagian mesin, semua tipe mengusung mesin yang sama yaitu, New 2NR-FE Engine With Dual VVT-I Technology.

Teknologi tersebut kabarnya, akan memberikan kenyamanan dalam berkendara sampai dengan torsi 4.200 rpm. Barang tentu, torsi maksimum tersebut hanya dapat dilakukan pada jalanan sepi, namun torsi maksimum menjadi nilai tambah tersendiri ketika Toyota ANS digunakan pada jarak tempuh yang jauh.

Hal yang lumrah dengan kapasitas torsi yang besar, akan memberikan pengaruh kepada penggunaan bahan bakar yang boros, namun hal itu tidak berlaku pada Toyota ANS. Pengecualian tersebut, karena perbedaan mesin yang dimiliki oleh Toyota ANS.

Sepeda Gunung Yang Mampu masuk pada kabin Toyota All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Sepeda Gunung Yang Mampu masuk pada kabin Toyota All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Klaim yang disampaikan pihak Toyota, mesin yang di pasang dalam Toyota ANS, memiliki motor Hybrid. Dimana ketika mesin dipacu dengan cepat, mesin secara otomatis bekerja memberikan performa terbaik, pada setiap centimeter injakan pedal gas.

Adapun transmisi Toyota ANS, hadir dengan dua pilihan. CVT Sport Sequential Shiftmatic dihadirkan tujuh percepatan, adapun manual dengan enam percepatan seperti kebanyakan mobil yang beredar di Indonesia.

Toyota ANS juga memiliki fitur pintu geser, atau power sliding door. Bagi sebagian orang fitur ini sebagai kemudahan penumpang saja, namun bagi pandangan saya, fitur ini sebagai bentuk keamanan bagi penumpang dan pengguna jalan.

Bagi penumpang, fitur ini memberikan keamanan baginya ketika dipinggir jalan dan harus keluar. Penumpang tidak perlu repot melihat ke belakang untuk membuka pintu, ketika keluar. Pun manfaat bagi pengguna jalan, fitur ini memperkecil resiko kecelakaan, apabila dibandingkan dengan pintu konvensional.

Dalam sudut pandang saya, Toyota ANS memberikan kesan yang eksklusif juga mewah. Entah karena bodi yang di design elegan, sehingga memberikan kesan tersebut, atau ada faktor lain yang memberikan faktor tersebut.

Luar dan Dalam All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Luar dan Dalam All New Sienta (Dokumentasi Pribadi)
Namun kesan yang paling kuat ketika melihat bodi eksterior Toyota ANS, headlamp yang tidak biasa, begitu lentik hingga terlihat cantik. Belakangan saya baru ketahui bahwa, headlamp Toyota ANS menggunakan lampu LED yang cahaya-nya dapat diatur sesuai selera.

Headlamp yang diangkat dalam Toyota ANS berwarna putih, namun warna putih yang ditanamkan tersebut, tidak memberikan pengaruh menyilaukan kepada pengendara lain.

Sesuai pengalaman saya, headlamp yang menyilaukan memang sangat nyaman bagi pengguna. Namu memberikan efek negatif kepada pengendara lain, yang bisa jadi hal ini, menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Teknologi ini begitu penting, selain memberikan kenyamanan kepada supir ketika berkendara, tapi juga kepada pengguna jalan. Kontribusi teknologi ini dalam sudut pandang saya, yakni memperkecil terjadi kecelakaan karena headlamp yang silau.

Hal yang terlewatkan oleh saya adalah, saat berlangsungnya acara saya tidak berkesempatan untuk test drive Toyota ANS. Tapi pada lain kesempatan, semoga saya dapat merasakan bagaimana Toyota ANS menampilkan kemampuannya..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun