[caption caption="Dok. Pri | Logo Kebab Turki Baba Rafi"][/caption]
Jam sudah menunjukkan pukul 10.45 tepat, rasa cemas hinggap karena pada jam itu seharusnya saya sudah berada di Graha Kebab Turki Baba Rafi dikawasan Fatmawati. Akan tetapi ada jadwal perkuliahan yang tidak seperti biasanya, oleh karenanya jadwal mengikuti acara tersebut terpaksa molor dari waktu yang direncanakan.
Untuk menghilangkan rasa cemas saat berada di kelas, saya mengirim pesan singkat kepada beberapa teman blogger. Ya, hanya itu yang bisa dilakukan saat itu. Dengan berbagai alasan saya pun keluar kelas menuju parkiran kampus untuk mengambil sepeda, hingga akhirnya keluar kawasan kampus dengan mengayuh sepeda menuju Graha Kebab Turki Baba Rafi yang tidak terlalu jauh dari kawasan kampus.
Dengan sekuat tenaga saya mengayuh sepeda agar tidak banyak tertinggal acara, tidak sampai 10 menit, saya sudah sampai di Graha Kebab Turki Baba Rafi. Warna merah dan kuning kontras hadir dalam setiap jengkal bangunan, ada pula beberapa gerobak khas Baba Rafi yang terparkir lapangan parkir.
Ketika masuk Graha Baba Rafi, mbak resepsionis dengan ramah bertanya tujuan hadirnya saya di graha tersebut, cepat saya mengatakan bahwa harus bergabung dengan teman-teman blogger dalam acara “Ngerusuh Dapur Baba Rafi”. Dengan sigap pula mbak resepsionis tersebut mengantar saya untuk bergabung dengan teman-teman blogger, yang saat itu sedang berada disalah satu gudang penyimpanan roti dan bahan baku yang tidak jauh dari meja resepsionis.
Bersyukur saya masih berkesempatan untuk melihat beberapa tempat produksi yang nantinya produk tersebut dijual dengan merk Kebab Turki Baba Rafi. Dan juga sempat melihat bagaimana serius dan khuyuknya para rekanan yang bekerjasama dengan Kebab Turki Baba Rafi semacam disumpah oleh seorang trainer yang lebih senior.
[caption caption="Dok. Pri| Nilam Sari Bersama Hendy yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan dengan usaha yang mereka bangun"]
Pengetahuan saya tentang kebab memang masih sangat minim, bahkan mungkin bisa dikatakan zero! Betapa tidak, karena sebelum datang ke dapur tersebut saya hanya berperan sebagai penikmat setia tanpa tahu dengan lebih detail. Ya, saya adalah salah seorang dari banyak penikmat Kebab Turki Baba Rafi yang cukup lama, tanpa tahu bagaimana proses atau dibalik sebungkus kebab yang terbungkus rapih dan elegan.
Namun Tuhan berbaik hati kepada saya, karena memberikan kesempatan saya untuk “Ngerusuh Dapur Baba Rafi” yang dihadiri oleh couple founder Kebab Turki Baba Rafi, yaitu Hendy Setiono dan Nilam Sari. Couple? Ya, mereka ada adalah pasangan yang menjadikan brand Kebab Turki Baba Rafi menjadi besar seperti sekarang ini.
Menurut penuturan Nilam Sari dalam acara tersebut, bahwa usaha ini telah digelutinya sejak tahun 2005 yang pertama hadir di Surabaya. Yang pada saat itu, Nilam beranggapan sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga, mengapa anggapan itu hadir, karena menurutnya di umur yang masih sangat muda menjadi seorang ibu dan anak, bisnis menjadi sampingan belaka. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, bisnis makanan ringan ini berkembang tentu dengan jatuh bangun yang berkali-kali. Akan tetapi, menurut Nilam bahwa hal itulah yang membuatnya hadir menjadi pribadi yang sederhana dan bersahaja seperti sekarang.
Menariknya, hal yang menurutnya dahulu sampingan tersebut, berubah menjadi bisnis utama yang Nilam jalankan bersama suami. Tentu dengan perjalanan waktu, saingan akan selalu ada, tapi Hendy sebagai salah satu founder menurut Nilam adalah orang yang paling berperan dalam inovasi yang hadir dalam usaha Kebab Turki Baba Rafi tersebut.
Inilah inovasi-inovasi yang hadir antara lainnya;
- Inovasi menu kebab yang mengandalkan varian isi kebab yang berbeda dari biasanya, isian kebab tersebut antara lain beef, chicken, pisang coklat, sayuran, chijue.
- Inovasi sub brand yang tidak biasa, seperti halal 101 % dan buka 25 jam.
- Inovasi ukuran kebab, dimana dihadirkan ukuran kebab mini dan ukuran reguler
- Penyajian menu lain selain kebab, antara lain, syawarma, hot dog, roti cane, sosis, nuget dan lain sebagainya.
- Inovasi yang menarik juga adalah dengan jual makanan online berkwalitas yang dimana para customer bisa memesan makanan secara online dan tidak perlu meragukan kwalitas.
- Dan yang terbaru adalah bagaimana inovasi bisnis makanan beku yang siap diantar ke rumah secara cepat yang bekerjasama dengan salah satu transportasi berbasis aplikasi.
Yang menjadi menarik dari inovasi yang dihadirkan ini adalah, semua produk yang berada dibawah naungan brand tersebut bisa dipesan di baba rafi online. Ya, jangan heran dengan penjualan makanan online ini, karena semua ada dibawa brand ini di jamin berkwalitas dan siap antar setiap saat ke rumah.
[caption caption="Dok. Pri| Berbagai Sajian dan Menu yang dimiliki oleh Kebab Turki Baba Rafi"]
Kesuksesan yang menjadi kebanggaan Indonesia adalah, Kebab Turki Baba Rafi telah banyak bekerjasama dengan negara selain Indonesia untuk membuka outlet internasional. Yang tentunya ini menjadi bentuk eksistensi kuliner Indonesia yang bisa menembus pasar internasional dan diterima secara baik dinegara-negara lain. Bisa dikatakan kerjasama ini telah mencapai kawasan Asia, Eropa dan benua lainnya.
Dari berbagai kebanggan itu, hadir juga produk terbaru dari Kebab Turki Baba Rafi yang baru saja diluncurkan pada tangga 23 April 2015 yang lalu, yaitu produk Frozen Kebab. Dimana produk ini mampu bertahan didalam lemari es selama satu bulan lamanya, pun tidak dilemari es produk ini mampu bertahan empat hari.
Sajian Frozen Kebab ini adalah jawaban untuk para pecinta kuliner kebab, dengan berbagai varian rasa yang sediakan. Tidak hanya itu saja, Frozen Kebab ini juga telah di uji kwalitas, gizi, harga dan rasanya. Dimana semua itu sangat cocok dengan kondisi masyarakat Indonesia khususnya, umumnya untuk masyarakat Internasional yang telah hadir outlet Kebab Turki Baba Rafi.
[caption caption="Dok. Pri| Berbagai Pernghargaan yang diterima oleh Nilam Sari atau Hendy juga Brand yang mereka miliki"]
Tidak hanya itu saja, karena pada toko online yang dimiliki oleh Kebab Turki Baba Rafi menawarkan beragam produk yang dimana hasil kerjasama antara Kebab Turki Baba Rafi dengan pelaku usaha bisnis mikro, kecil dan menengah (UMKM) seluruh Indonesia. Yang secara langsung, hal ini telah membangun perekonomian masyarakat dan bangsa Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H