Mohon tunggu...
Ahmad Fauzi
Ahmad Fauzi Mohon Tunggu... Lainnya - Aparatur Sipil Negara

Seorang pegawai yang sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife

In House Training, Upaya Imigrasi Ketapang Tingkatkan Kualitas SDM

23 Desember 2021   16:08 Diperbarui: 23 Desember 2021   16:08 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting didalam sebuah lembaga atau organisasi. Semakin baik SDM yang dimiliki maka akan semakin baik pula kinerja dan produktifitasnya. Langkah pertama yang dapat dilakukan agar produk atau jasa yang kita tawarkan dapat memiliki pelanggan yang setia adalah menyiapkan pegawai terbaik untuk bisa melayani pelanggan. Dalam hal ini, organisasi atau perusahaan harus mempersiapkan customer service yang dapat memberikan excellent service pada pelanggan. 

Untuk dapat mencapai SDM yang lebih baik maka dibutuhkan suatu pelatihan yang diberikan kepada pegawai tersebut, salah satunya adalah dengan cara menyelenggarakan In House Training. 

In House Training merupakan salah satu bentuk program pelatihan yang mana materi, waktu serta tempat pelatihan disesuaikan dengan yang diminta oleh lembaga atau organisasi yang melaksanakan. materi yang disampaikan merupakan rancangan khusus agar relevan dan berkaitan dengan kinerja pada bidang kerja serta mencari solusi apabila ada permasalahan. Dengan begitu dapat secara langsung meningkatkan kualitas dan hasil kerja pegawai.

Berdasarkan hal tersebut diatas, Kantor Imigrasi Ketapang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima atau Excellence Service Training yang menghadirkan Relationship Manager Dana Ritel Bank BRI Cabang Ketapang, Euis Husaerah.

Pelayanan Prima atau dalam dunia bisnis disebut juga sebagai excellence service adalah pola layanan yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat terwujud apabila produk atau jasa yang didapatkan telah sesuai atau melebihi harapan dari pelanggan tersebut.

Excellent Service merupakan salah satu kunci dalam pertumbuhan bisnis yang kuat, kokoh dan berkelanjutan dan dapat meningkatkan image positif masyarakat, sehingga dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan loyalitas masyarakat pada organisasi atau perusahan.

Pada intinya Service Excellence sangat penting untuk diterapkan. Karena dengan menerapkan pelayanan prima tidak hanya untuk menarik banyak pelanggan untuk datang, namun juga sangat berguna untuk membekali pegawai dengan pengetahuan yagn cukup terkait produk maupun jasa yang ditawarkan.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa In House Training  dapat memberikan manfaat diantaranya :

1 . Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

2. Menciptakan Interaksi Antar Peserta

3. Mempererat Rasa Kekeluargaan dan Kebersamaan Antar Karyawan

4. Meningkatkan Motivasi Budaya Belajar

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun