Mohon tunggu...
Fauzan Satria Hibrizi
Fauzan Satria Hibrizi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa yang butuh banget kopi kalau nugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Novel: Karya Sastra Paling Populer di Seluruh Dunia

24 Juni 2023   02:47 Diperbarui: 24 Juni 2023   02:58 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang ditulis dalam bentuk prosa. Definisi novel kamus besar bahasa Indonesia adalah karangan panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan sekitarnya. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terkenal di seluruh dunia. Penyebarannya yang lus disebabkan kemampuannya yang kkuat untuk menjangkau audiens dari berbagai kalangan masyarakat. Novel memiliki banyak jenis yang dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Jurnal Pengembangan Teknologi Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 193 Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Salah satu contohnyanovel di kelompokkan berdasarkan genrenya, yaitu novel romantis, horor, komedi, misteri, thriller, hingga novel inspiratif yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca. Pesatnya perkembangan teknologi serta komunikasi membawa dampak pada transformasi di berbagai aspek kehidupan menjadi serba digital. Banyak orang mulai beralih membaca novel secara digital. Novel digital mulai banyak diminati dikarenakan mudah diakses dan lebih ringkas bila dibandingkan dengan buku fisik. Hal ini juga di dorong oleh banyak perpustakaan digital(seperti ipusnas) yang meminjamkan e-book novel gratis. Jumahl pembsca novel yang besar baik digital maupun fisik, mendorong terbitnya judul judul buku baru. Berdasarkan data statistik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tahun 2017-2021 terdapat total 555. 715 judul buku yang mendapaatkan ISBN (International Standard Book Number). Pada tahun 2022, jumlah ini di proyeksikan meningkat sebanyak 93.844 judul. Semakin banyak jenis buku yang ada memungksin ada buku, terutama novel, dengan judul dan sampul yang mirip, naumun belum tentu dapat ditempatkan pada jenis yang sama, sehingga hal tersebut dapat mengakibtakan pengelompokan buku menjadi sulit, tidak efisen, dan memakan waktu. Adanya sebulah sistem yang dapat mengkalsifikasikan atau mengelompokkan novel dapat mempermudah dalam melakukan pengelompokan novel berdasarkan jenis genre yang sesuai, pembaca juga dapat dengan mudah menemukan novel berdarkan genre yang sejenis. Namun, susah untuk mengelompokkan novel berdasarkan judulnya disebabkan judul cenderung singkat dan mirip. Susah juga untuk mengelompokkannovel berdasarkan isinya disebabkan isi novel bisa berjumlah hingga ratusan halaman, sehingga membutuhkan banyak waktu untuk membaca dan memahami isi dari novel. Pengelompokkan novel dapat menggunakan sinopsis novel yang merupakan rangkuman dari cerita novel tersebut, dan cukup singkat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun