Mohon tunggu...
Fauzan Anwar Firdaus
Fauzan Anwar Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Global Marketing Decisions: Advertising and Public Relations

13 Juli 2022   13:12 Diperbarui: 13 Juli 2022   13:22 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Definisi dan Pengaruh Adversiting terhadap Brand Awareness

Defini Adversiting menurut Uyung Sulaksana dalam penelitian Azaria et al., (2014) merupakan sebuah bentuk promosi yang digunakan oleh berbagai jenis perusahan di segala sektro untuk menarik perhatian para calon konsumen. Pengiklanan merupakan staregi untuk mempromosikan produk barang atau jasa sehingga dapat memberikan efek signifikan terhadap penjualan perusahan tersebut. keberadaan iklan menjadi sangat berpengaruh disebabkan tanpa iklan maka suatu produk tidak dapat dikenal secara luas oleh masyarakat dan jaringan konsumen akan sulit terbentuk di dalamnya. Perikanan juga berguna sebagai pemberitahuan informasi mengenai spesifikasi suatu produk sehingga lebih dikenal oleh konsumen. Penelitian Sawant menyatakan bahwa

"people do not necessarily have relationship with the company but they do have relationship with the brand. It may symbolize that corporation or what the company's produce will have their special place on consumen pleasures"

Secara garis besar, maka hubungan masyarakat dengan perusahaan mungkin tidak terlalu memberikan efek signifikan tetapi dengan merek dapat menyimbolkan perusahaan dan produk tersebut.

Global adversiting berguna untuk menghadapi potensi perubahan kondisi pasar di masa mendatang dimana peran pemasaran sangat penting bagi perusahaan termasuk perusahaan global sekaligus. Sebagai contoh, perusahaan global yang melakukan ekspansi ke Indonesia maka akan melakukan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi negara tersebut. Indonesia dengan keragaman yang tinggi di berbagai sektor kehidupan menjadi pertimbangan yang besar untuk menerapkan teknik pemasaran yang tepat untuk implementasinya di Indonesia. Kondisi pemasaran global yang diterapkan mengacu pada kondisi masyarakat. Menurut Hasibuan & Aslami (2022) menyatakan bahwa pendekatan strategi pemasaran yang digunakan harus memiliki karakteristik pasar yang berbeda dan disesuaikan dengna kondisi pasar di suatu negara yang menjadi target pemasaran.

Definisi dan Pengaruh Public Relation terhadap Brand Awareness

Public relation adalah pihak yang mengatur bagian upaya pengenalan brand produk kepada calon konsumen dalam bentuk aktivitas promosi yang bertujuan menciptakan hubungan dan citra baik perusahaan di mata publik dengan produk yang ditawarkan. Berdasarkan Kotler (2016) menyatakan bahwa public relation sebagaimana mestinya memang bertindak untuk mengawasi, merancang dan mewadahi calon konsumen berbagai informasi terkait produk barang atau jasa yang ditawarkan.

"public relation is building a good relationship with various circle of consumers to get the desired publicity, build a great company's brand image and handle and deal with the rumos, news or even bad event amongs it."

Hubungan baik yang tercipta diharapkan mampu menciptakan kualitas hubungan yang diharapkan di berbagai kalangan konsumen untuk menerima publisitas yang diharapkan baik dari segi citra perusahaan maupun upaya penanganan terhadap rumor yang beredar mengenai merek tersebut. pentingnya kesadaran akan sebuah merek maka public relation (PR) sangat berperan penting dalam hubungan baik secara eksternal maupun internal perusahaan disebabkan melalui hubungan inilah akan terwujud komunikasi yang baik dan efektif antar anggota perusahaan maupun di kalangan masarakat terkait citra perusahaan dan merek produk yang mereka kembangkan. Semua kondisi tersebut pada akhirnya akan berpengaruh pada grafik signifikansi kemajuan penjualan produk oleh pihak perusahaan akibat dari acknowledgement dari masyarakat terhadap brand tersebut. sehingga diharapkan pihak public relation mampu merancang kegiatan pemasaran sebaik mungkin untuk memenuhi tujuan perusahaan akan brand image tertentu dan memenuhi ekspektasi konsumen terhadap produk tersebut.

Struktur Iklan dibagi menjadi 3 bagian :

  • Superstruktur

Van Dijk menyatakan  bahwa  teks  disusun,  diurutkan,  dan  dijadikan kesatuan makna (2015: 231---232). Superstruktur dapat dikatakan suatu skema dalam suatu  teks. Menurut  Imam  (2012),  superstruktur  menjadi  hal  mendasar  pada  teks yang  tersusun  membentuk  satu  kesatuan  koheren. Superstruktur  atau  skematis menurut van Dijkadalah strategi seorang penulis dalam mengatur komposisi untuk mencapai  aliran  yang  mengarah  ke  tujuandengan  memprioritaskan  tekanan  pada yang paling hal-hal penting.

  • Struktur Mikro

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun