Mohon tunggu...
fausiaa fatmawati
fausiaa fatmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dasar-Dasar Pemasaran

21 Maret 2024   21:47 Diperbarui: 21 Maret 2024   21:48 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemasaran sangat penting dalam berbagai konteks, termasuk bisnis. Pemasaran Memungkinkan produk, layanan, atau gagasan untuk mencapai audiens yang tepat dan mempengaruhi Mereka untuk bertindak, seperti membeli Produk alau menerima pesan tertentu. Ini memainkan peran kunci dalam menghasilkan Pendapatan, membangun merek, dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tanpa pemasaran yang efektif, bahkan produk atau layanan terbaik mungkin gagal untuk mencapai keruksesan yang diinginkan.

Ruang lingkup pemasaran meliputi semua aktivitar yang terkait dengan merencanakan, mengimplementasikan dan mengendalikan pergerakan produk atau jasa dari produsen ke konsumen. ini mencakup penelitian pasar, Pengembangan produk, penetapan harga, Promosi dan distriburi. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sambil mencapai tujuan Perusahaan.

Ada beberapa konsep-konsep dalam pemasaran yaitu meliputi:

I) keperluan, keinginan, dan permintaan: keperluan adalah kebutuhan dasar manusia, keinginan adalah untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara tertentu, dan permintaan adalah keinginan yang didukung oleh kemampuan dan keinginan untuk membayar.

2) Produk: Merupakan barang / jasa yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

3) Nilai, kepuasan, dan kualitas konsumen: konsumen mengevaluasi produk berdasarkan nilai yang mereka terima darinya, tingkat kepuasan yang mereka dapatkan dan kualitas produk tersebut.

4) pertukaran, transaksi, dan hubungan : pemasaran melibatkan pertukaran yang saling menguntungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. Hubungan adalah upaya untuk membangun dan Memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

5) segmentasi pasar: proses membagi pasar menjadi kelompok, kelompok yang lebih kecil berdasarkan karakteristik demografis, geografis, psikografis, atau Prilaku untuk menyesuaikan startegi pemasaran. 

6) Pemasaran terpadu: pemasaran terpadu adalah Pendekatan pemasaran yang menyatukan semua elemen Pemasaran seperti produk, harga, promosi, dan distribusi untuk mencapai tujuan Pemasaran secara efektif dan efisien.

7) Lingkungan pemasaran: Mencakup faktor-faktor eksternal yang memengaruhi pemasaran seperti faktor demografi, ekonomi teknologi, politik, dan budaya.

Manajemen pemasaran terus berubah seiring dengan evolusi teknologi, prefensi konsumen, dan dinamika pasar. Perubahan utama meliputi penerapan strategi pemasaran digital, fokus pada penggalaman pelanggan, peningkatan analitik dan pengukuran kinerja, serta penekanan pada tanggung jawab sosial dan lingkungan. Adapun aspet kunci yang terpengaruh termasuk prilaku konsumen yang semakin terhubung secara digital, pergeseran teknologi Pemasaran, pentingnya pengalaman pelanggan, analisis data yang lebih canggih, dan pertimbangan pertanggung jawab sosial dan lingkungan.

Adapun tugas yang diperlukan untuk manajemen pemasaran yang berhasil ini meliputi:

1) Penelitian pasar: untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan prilaku pelanggan potensial.

2) Penetapan tujuan pemasaran : untuk menetapkan target yang jelas dan terukur untuk pencapaian strategi pemasaran.

3) Pengembangan strategi Pemasaran : untuk merancang Pendekatan yang efektif dalam mencapai tujuan Pemasaran.

4) Pengelolaan merek: untuk membangun dan memelihara citra merek yang kuat dan konsisten.

5) Rencana Pemasaran: untuk menyusun rencana kerja yang terperinci dan terstruktur untuk mencapai tujuan pemasaran.

6) Penerapan strategi pemasaran : untuk melaksanakan kegiatan pemasaran seperti promosi, iklan, dan distribusi produk.

7) Analisis dan Pengukuran kerja: untuk mengevaluasi efektiviras strategi pemasaran dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

8) Manajemen hubungan pelanggan: Untuk memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan dan memastikan kepuasan mereka.

Dengan melaksanakan tugas-tugas ini dengan baik, Manajemen pemasaran dapat mencapai kesuksesan dalam memasarkan produk atau layanan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun