Seiring berkembangnya teknologi informasi yang ditunjang dengan pesatnya penyebaran internet, telah banyak bermunculan layanan digital dari berbagai bidang. Dalam hal perkembangan digital tersebut maka ekonomi merupakan salah satu sektor yang turut berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan digital yang mempermudah melakukan transaksi dan memperoleh pembiayaan.
Dalam rangka  mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, perlu keseriusan dalam meningkatkan kerja sama antara perbankan dan FinTech. Baik industri FinTech maupun Perbankan, sama-sama  memiliki kekuatan dan kelemahan dalam rangka mengoptimalkan peran dan kontribusinya bagi perekonomian nasional.Â
Disatu pihak industri perbankan sendiri memiliki tantangan dalam merespon evolusi perilaku milenial yang kurang mampu direspon cepat oleh budaya corporate sektor perbankan yang cenderung kaku, dilain pihak perkembangan produk dan layanan FinTech sangat berkembang dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Â Kondisi itulah yang menuntut perlunya kolaborasi antar sektor perbankan dan FinTech. Oleh karena itu, dengan adanya kolaborasi diharapkan capital expenditure dan biaya proses bisnis akan lebih ditekan, selain itu perluasan pasar diharapkan meningkat.Â
Adanya perkembangan pelaku industri fintech, pengakuan regulator, dan potensi masyarakat yang masih luas terhadap akses keuangan, memungkinkan untuk dirancang suatu model strategi yang menghubungkan antara perbankan  dan FinTech. Adapun 4 model kolaborasi yang sejauh ini telah diterapkan dibeberapa perusahaan di Indonesia sejauh ini:
 1. Model channeling
Merupakan model yang sering disebut dengan Kanal, merupakan kolaborasi yang pernah dilakukan oleh Bank BNI, Grab, dan Gojek dalam menyalurkan kredit melalui fasilitas FinTech
 2. Model vendor
Model ini memanfaatkan fungsi layanan FinTech sebagai bagian dari layanan dan produk perbankan, seperti halnya yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia dalam pengembangan aplikasi BRI Ceria, MotionBanking pada MNC Bank, maupun BCA dengan pengembangan BCA digital-nya.
3. Model Satelite
Melalui pembentukan model ventura (Venture capital) dalam investasi yang pendanaannya berbentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu, seperti yang dilakukan oleh Bank Rakyat IndonesiaÂ
4. Model akuisisi dan merger
Sama halnya yang dilakukan oleh Neobank  (BNC) dengan platform kredit digital Kredivo yang ditahun 2021 meluncurkan bank digital bernama Lime. Hal ini menandai masuknya Kredivo ke Neobank (BNC) di pasar terbesar Asia Tenggara.