Untuk lebih memahami mengenai perilaku konsumen, mari sama sama kita belajar definisinya terlebih dahulu.
Menurut Kotler dan Keller (2008:214), Perilaku konsumen adalah studi bagaimana individu, kelompok dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan menempatkan barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.
1. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk
a. Dalam Momen Ramadan
Dalam hal ini, perilaku konsumen meng-analisis sangat penting agar mereka cukup teliti terhadap produk yang mereka ingin dan butuhkan, terutama pada saat momen Ramadan seperti pada produk minuman ion untuk minum di waktu sahur dan berbuka. Pasti para calon konsumen mengamati apakah produk ini cocok dan sangat butuh untuk mereka?
 b. Dalam Momen Lebaran
Tentu para calon konsumen akan membeli produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Untuk momen Lebaran, mereka akan membeli kue lebaran, pakaian baru, parcel/hampers lebaran, amplop thr dan lain-lain. Kue lebaran apa yang mereka sukai (?) pakaian apa yang ingin dibeli (?) parcel/hampers seperti apa yang mereka inginkan (?) dan ukuran gambar amplop thr apa yang mereka senangi (?).
2. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Brand
a. Dalam Momen Ramadan
Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, pada analisis terhadap produk, produk minuman ion adalah iklan yang sering muncul pada momen Ramadan. Sebelum membeli produk, para calon konsumen juga tak lupa mengamati brand dalam kemasan minuman ion.