Mohon tunggu...
Fatimah Nafisah Azzahra
Fatimah Nafisah Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Saya Fatimah Nafisah Azzahra mahasiswa tingkat satu Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan. Saat ini saya berumur 19 tahun dan memiliki minat besar dalam bidang bisnis dan ilmu kesehatan. Sejak kecil orang tua saya gemar mengenali saya dengan kedua bidang tersebut, maka dari itu saya memilih untuk masuk ke jurusan saya sekarang. Saya juga mengimbangi kegiatan akademik saya dengan mengikuti sejumlah kegiatan di luar kampus seperti bergabung dalam komunitas pemberdayaan perempuan yaitu RUBI Community oleh PT AVO Innovation Technology dan kegiatan sukarelawan oleh Cakra Abhipraya Responsif. Saat ini saya sedang meningkatkan minat saya dalam bidang membaca dan menulis. Di beberapa kesempatan saya acap kali menyempatkan diri untuk pergi ke perpusnas dan membaca buku pinjaman di sana. Tidak hanya membaca, saya juga berkenalan dengan berbagai karakter diri orang lain melalui berbagai hal seperti cara mereka memaksimalkan waktu untuk belajar dan membaca, cara mereka mencari buku yang diidamkan sejak lama, dan betapa tekun nya mereka yang bisa membaca tumpukan buku dalam hanya hitungan jam. Oleh karena itu, saya berharap saya dapat menuangkan beberapa gagasan saya yang sekiranya dapat berguna untuk khalayak ramai dan sebagai pengingat untuk diri saya sendiri, tentunya dengan batasan peraturan yang dibuat oleh Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Film

Review Film 500 Days of Summer

18 September 2023   19:45 Diperbarui: 18 September 2023   20:15 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Diterbitkan tahun 2009, film bernuansa romantis ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt (sebagai Tom Hansen) dan Zooey Deschanel (sebagai Summer). 500 Days of Summer menuai banyak perdebatan sejak tahun penerbitannya, hubungan antara Tom dan Summer yang rumit adalah salah satu penyebabnya.

Dimulai dari awal pertemuan mereka, di lobby hotel, ketika Tom mendengar lagu The Smith berjudul “There Is A Light That Never Lights Out” lalu disaut oleh Summer yang saat itu masih asing dengan Tom “I Love The Smith”. Tom yang kehilangan hasrat hidup karena hampa nya kehidupan bertemu dengan sosok Summer yang periang dan ceria. Tentu tom sangat menyambut kehadiran Summer dalam hidupnya, ia sangat menghargai Summer hingga ia rela melakukan apapun demi Summer. Pindah apartement, membeli bunga, merupakan hal yang lazim dilakukannya sekarang. Summer yang merasa dihargai Tom tentu meresponnya dengan hangat, ia sering membawa Tom ke tempat favoritnya, memberi rekomendasi film dan band musik kesukaannya, dan lain lain.

Sayangnya, hubungan romansa mereka harus dihadang cobaan, Summer tiba tiba mengajak Tom ke taman tempat mereka memadu kasih, dikagetkan dengan fakta bahwa ia telah bertunangan. Tom diberi tau bahwa Summer saat ini telah bertunangan dengan laki laki lain.

Suasana hati Tom langsung berubah, ia pulang dengan keadaan bingung. Marah, sedih, hampa, semua ia rasakan. Bunga yang tadinya ia bawa untuk menyambut Summer pulang kerja kini layu di pojok kamar.

Film pun selesai dengan keadaan Tom menghadiri pernikahan Summer dengan lelaki tersebut. Dibuat bingung, penonton pun mempertanyakan “biang kerok” di hubungan mereka berdua. Apakah karena Tom yang tidak pernah menawarkan untuk ke hubungan yang lebih lanjut? Apakah karena Summer yang “memanfaatkan” Tom demi kesenangan belaka? Atau mereka tidak berjodoh saja? Entah apa yang terjadi, sampai sekarang masih menjadi misteri.

Pendapat saya pribadi, tidak ada yang benar benar salah atau benar benar tidak salah. Tom memang salah karena terlalu menikmati euforia hubungannya, tetapi Summer juga salah karena tidak pernah mengomunikasikan hubungan serius nya dengan laki laki lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun