Hallo Bestie,
Bestie peran sosial media sangatlah penting diera digital ini lho, selain memberikan kemudahan bagi kalian sekarang sosial media merupakan media yang memudahkan para pebisnis meraih pundi-pundi uang dengan mudah.
Perkembangan digital yang sangat cepat memberikan peluang serta manfaat baru bagi orang banyak terutama dalam dunia pemasaran atau marketing untuk memasarkan barang dan jasa.
Kalian tau ga Bestie?
Saat ini Indonesia memasuki revolusi 4.0 sehingga dalam dunia perindustrian terutama dalam marketing atau pemasaran barang dan jasa harus memanfaatkan teknologi digital yang telah ada. Dan sekarang strategi marketing diera revolusi 4.0 ini dapat dijadikan strategi yang efektif serta efisien dalam proses pemasaran dan menarik konsumen agar mengenal lebih dalam terkait barang dan jasa yang dipasarkan.
Kalian ingat tidak Bestie? Sekitar tahun 2020, Indonesia dilanda Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan banyak sekali entrepreneur atau pebisnis Indonesia yang mengalami krisis karena menurunnya drastis tingkat pembeli dan turunnya konsumtivitas masyarakat.
Jadi mau tidak mau para pelaku menerapkan strategi marketing digital untuk mengembalikan keadaan bisnis mereka, karena itulah cara satu-satunya mengenalkan produk barang dan jasa yang mereka jual tanpa bertemu langsung dengan target marketing melainkan mengenalkan produk mereka melalui sosial media karena pada saat itu penggunaan sosial media cukup melonjak bahkan sampai saat ini.
Lalu, Cara apa sih Bestie yang sangat efektif agar kita berhasil dalam menerapkan strategi marketing digital ini. Baca sampai akhir ya Bestie ...
- Content Marketing
Strategi marketing yang melibatkan pembuatan konten dan membagikannya dimedia sosial dengan konsisten dan relevan agar menarik perhatian target pasar. Contoh konten marketing ialah Video, Foto, Podcast, Website, Blog.
- Search Engine Optimization
Strategi Digital untuk meningkatkan website untuk mendapatkan peringkat dalam pencarian. Cara mengoptimalkannya sendiri dengan memberikan kata kunci, judul deskripsi yang mudah serta isi konten website yang menyenangkan dan tidak membuat boring pengunjung website.
- Search Engine Marketing
Dimana strategi digital yang melibatkan Pencarian tiap platform, SEM dikenal dengan Pencarian Iklan Berbayar (Paid Search Advertising), dari namanya kita tahu bahwa ini merupakan iklan pada beranda pencarian yang biasa bertuliskan "Ad"
- Social Media Marketing
Penggunaan platform sosial media dalam memasarkan produk barang atau jasa fokus pada pembuatan konten untuk sosial media yang bertujuan untuk mengenalkan, menarik minat, menawarkan produk kepada masyarakat luas. Untuk saat ini penggunaan sosial media dalam marketing sangatlah banyak dan menarik perhatian walau dengan cara yang cukup nyeleneh disini kreatifitas seorang Digital Marketing sangat diperlombakan.
- Pay Per Click Advertising
Iklan yang dikenakan biaya jika ada seseorang yang menekan iklan tersebut. Maka biaya yang dikenakan tergantung seberapa sering pengguna mengklik iklan tersebut.
- Affiliate Marketing
Wah bestie, ini salah satu yang sangat booming dari zaman Covid-19 sampai di Indonesia, ini merupakan strategi berbinis yang akan membayar seseorang atas jasa yang diberikan orang tersebut dalam tiap penjualan barang atau jasa, sistemnya bisa bermacam-macam ada yang disebut endorse ataupun bagi hasil. Biasanya orang menggunakan Affiliate di Shopee, TikTok, Instagram ataupun Facebook.
Tulisan dari Fatimah Azzahrah
Universitas Siber Asia Jakarta
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H