JAKARTA, Enterpreneur Muda".
-- Badan Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan Karir dan Alumni (BPPKKA) UHAMKA menyelenggarakan seminar kewirausahaan bertajuk "Menggali Potensi Mahasiswa sebagaiSeminar yang membahas tentang potensi-potensi mahasiswa untuk berwirausaha ini diselenggarakan pada Rabu (21/06/23) secara daring lewat layanan Zoom Cloud Meetings pada pukul 08.00-12.00 WIB dan diikiuti oleh lebih dari 400 peserta.
Selain untuk mensosialisasikan peluang-peluang kewirausaahn kepada mahasiswa, seminar ini juga diharapkan bisa memperluas relasi dan Kerjasama antara para alumni dan juga mahasiswa UHAMKA.
Seminar dibuka dengan sambutan oleh Dr. Muhammad Dwi Fajri, M.Pd.I
(Wakil Rektor IV UHAMKA) Dr. Eko Digdoyo, M.Hum. (Kepala BPPKKA UHAMKA).
Seminar kali ini menghadirkan narasumber seorang wirausahawan Apt. Toni Firmansyah, S.Farm. sebagai CEO & Founder dari beberapa Perusahaan salah satunya adalah PT. SR12 Herbal Kosmetik dan juga sebagai Alumni Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Di dalam seminar ini Toni Firmansyah selaku narasumber berbicara tentang peluang-peluan usaha di era digital, yaitu menjadi Digital Enterpreneur.
Digital Enterpreneur adalah istilah yang mencakup bisnis online yang dibuat dan dijalankan oleh seseorang.
 "Enterpreneur sekarang harus bisa membuka pikiran tentang bagaimana pasar bekerja, tentang bagaimana orang-orang berpikir untuk berbelanja sesuatu," seorang entrepreneur harus melakukan riset terhadap lokasi usaha, target pasar dan juga Traffic .
Â
Dalam kesempatan tersebut Toni Firmansyah menyampaikan 6 Point Kunci Sukses Menjadi Pengusaha, diantaranya,
1. Mempunyai Visi yang Kuat
 Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun Visi yang kuat, karena visi berperan sebagai pembentuk karakter perusahaan dan juga sebagai pondasi besar perusahaan agar perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ditentukan sejak awal.
2. Mempunyai Mimpi yang Tinggi
Mimpi diperlukan agar kita bisa mendapatkan gambaran tentang jalannya perusahaan dalam 5 , 10 sampai 15 tahun kedepan. Sehingga perkembangan perusahaan bisa terarah.
3. Ilmu Pengetahuan
 Seorang pengusaha harus menguasai banyak pengetahuan. contohnya sebagai apoteker juga harus menguasai bidang ilmu lain seperti keuangan, marketing, management, HR dan pengetahuan di bidang apapun yang berkaitan dengan perusahaan kita agar kita dapat memahami sistemnya sebelum menyerahkan pekerjaan kepada orang lain.
4. Terus Tumbuh
Melakukan perkembangan dengan inovasi dengan cepat dari pesaing. Hal ini sangat penting sekali dilakukan agar kita selalu unggul dalam pasar.
5. Amanah dan Dapat dipercaya
Menjaga kepercayaan konsumen atau klien sangat penting. ketika perusahaan sudah mendapat kepercayaan dan mempunyai history yang bagus maka akan levih mudah untuk menarik investor untuk berinvestasi di perusahaan.
6. Inovasi Evaluasi
Dapat mempelajari dan membaca pergerakan pasar serta melakukan perubahan dan gebrakan dalam perusahaan agar tidak tertinggal dan kalah persaingan dengan perusahaan lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H