Mohon tunggu...
Fathimiyyah Az Zahra
Fathimiyyah Az Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Jember

Seorang Mahasiswa aktif semester tiga dan suka menulis di waktu senggang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Malang Creative Center sebagai Penggiat Ekosistem Ekonomi Kreatif

7 November 2024   16:06 Diperbarui: 8 November 2024   10:26 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dilansir dari UU No. 24 tahun 2019, Ekosistem Ekonomi Kreatif adalah keterhubungan sistem yang mendukung rantai nilai Ekonomi Kreatif, yaitu kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi, yang dilakukan oleh Pelaku Ekonomi Kreatif untuk memberikan nilai tambah pada produknya sehingga berdaya saing tinggi, mudah diakses, dan terlindungi secara hukum. Ekonomi kreatif merujuk pada konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan berbasiskan kreativitas. Keberlanjutan pemanfaatan sumber daya tidak hanya pada sumber daya yang terbarukan. Akan tetapi juga pada sumber daya yang tidak terbatas, seperti ide, gagasan, bakat, pemikiran, talenta yang mampu menghasilkan barang atau jasa.

Ekosistem ekonomi kreatif adalah suatu hal yang dicita-citakan setiap negara untuk memberikan nilai tambah pada sebuah budaya dan sumber daya alamnya. Begitu juga dengan Indonesia, tepatnya di provinsi Jawa Timur bagian kota Malang yang digadang-gadang memiliki potensial untuk dikembangkan sebagai kota kreatif. Selain dari lokasinya yang strategis, Malang juga dinaungi oleh badan MCC atau Malang Creative Center yang merupakan suatu kontribusi dari pemerintah daerahnya. Mengutip dari website official Malang Creative Center (MCC), telah dibuat sebanyak 8.719 events dan 2.208 performa ekonomi kreatif. 

Malang Creative Center (MCC) tidak hanya menekankan subsektor tertentu, namun mengangkat sebanyak 17 subsektor seperti arsitektur, film, fotografi, kriya, kuliner, seni rupa, produk, aplikasi, game, televisi dan radio, fashion, pertunjukan, desain interior, periklanan, penerbitan, DKV, dan musik, sambil tetap memperhatikan kepentingan budaya sebagai warisan berharga.

Beberapa contoh events yang dilakukan oleh Malang Creative Center (MCC):

1. Malang Creative Center (MCC) Menjadi Tuan Rumah Turnamen Catur Raja Brawijaya (TCRB) 2024.

Dok. Media Production MCC
Dok. Media Production MCC

MALANG – Malang Creative Center (MCC) menjadi tuan rumah Turnamen Catur Raja Brawijaya (TCRB) 2024, yang berlangsung pada 26-27 Oktober 2024. Turnamen ini merupakan ajang Nasional yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Brawijaya (UB) dan sudah memasuki edisi ke-12. Adanya turnamamen ini memiliki fungsi untuk menjadi wadah bagi mahasiswa Universitas Brawijaya mengembangkan dan mengukur kemampuan yang selama ini sudah dilatih di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur yang diikuti.

2. Workshop Desain Poster di Canva untuk Pelaku Ekonomi Kreatif Disabilitas di Malang Creative Center (MCC): Mendorong Kemandirian di Era Digital

Dok. Media Production MCC
Dok. Media Production MCC

MALANG – 24 Oktober 2024, Malang Creative Center (MCC) menjadi tuan rumah workshop yang diselenggarakan oleh Lingkar Sosial Indonesia (Linksos) untuk pelaku ekonomi kreatif (ekraf) disabilitas. Acara ini bertujuan untuk mengajarkan peserta cara mendesain poster menggunakan Canva, dengan fokus pada peningkatan keterampilan promosi mandiri bagi teman-teman disabilitas. Selain memberi peluang pekerjaan untuk orang dengan disabilitas, workshop ini diharapkan dapat menjadi sarana pesertanya untuk menjadi lebih percaya diri, mandiri, serta meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi. Tidak hanya memiliki manfaat bagi pesertanya, workshop ini juga menguntungkan para pelaku ekonomi kreatif yang menyediakan tempat dan operasional pelaksaan acara tersebut. Hal ini membuat Malang Creative Center (MCC) sangat memperhatikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam mengadakan sesuatu.

3. Kover Bank Vol. 1: Annyeong Media Talenta KPop Kepada Masyarakat Kota Malang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun