Ciwaruga (14/08) -- Sesuai dengan kalender akademik terbaru, Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada Juli---Agustus 2022.Â
Dalam pelaksanaan KKN Tematik kali ini, UPI mengusung tema SDGs (Sustainable Development Goals) Desa. Implementasi SDGs dengan berorientasi kepada masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup ditinjau dari beberapa aspek.
Salah satu poin penting dari SDGs ini adalah upaya pertumbuhan ekonomi merata. Adapun proses penerapan Digital Marketing pada UMKM Kuliner kue basah Sari Ketan merupakan salah satu program KKN Tematik UPI oleh Kelompok 74 di Desa Ciwaruga, kab. Bandung Barat.Â
Pelaksanaan KKN Tematik Upi oleh kelompok 74 Desa Ciwaruga mendapatkan dukungan serta sambutan yang hangat oleh pihak Desa Ciwaruga, baik dari segi perangkat pemerintahan setempat maupun warga.Â
Sejak mengawali kegiatan, pihak desa Ciwaruga sangat mendukung program penerapan digital marketing pada UMKM Kuliner khas desa Ciwaruga dengan harapan bahwa suatu saat produk khas desa Ciwaruga dapat dikenal oleh banyak orang.Â
Setelah melakukan rangkaian kegiatan utama yaitu Sosisalisasi Digital Marketing UMKM kuliner desa Ciwaruga pada tanggal 31 Juli 2022. Pada tahap selanjutnya kami memilih beberapa usaha yang memiliki ciri khas dari desa Ciwaruga untuk terus didampingi dalam penerapan materi-materi yang telah disampaikan pada sosialisasi untuk diterapkan pada UMKM yang akan dituju.Â
Setelah melihat beberapa UMKM yang potensional di desa Ciwaruga, akhirnya kami memilih usaha Sari Ketan yang bergerak pada usaha kuliner kue basah dan kue kering untuk didampingi selama proses penerapan ilmu-ilmu digital marketing yang telah didapatkan pada saat sosisalisasi pada tanggal 31 kemarin.Â
Dengan memfokuskan pada satu UMKM harapannya agar dapat memberikan hasil yang maksimal untuk UMKM Sari Ketan dan dapat menjadi role model ataupun contoh bagi UMKM-UMKM kuliner yang ada di desa Ciwaruga untuk semangat dalam memasarkan usahanya dalam dunia digital.
Proses penerapan digital marketing dimulai dari persiapan pendampingan pada tanggal 2 Agustus 2022, kemudian dilanjut pendampingan hari pertama pada tanggal 6 agustus dimana kami melaksanakan kegiatan pendampingan usaha sari ketan melalui market place shopee food,Â