Mohon tunggu...
Fathimah Azzahrah
Fathimah Azzahrah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Tata Busana Universitas Pendidikan Indonesia

Merupakan mahasiswi pendidikan tata busana di Universitas Pendidikan Indonesia ini lahir di Makassar pada tanggal 06 November 2000. Menjadi seorang desainer merupakan cita-citanya semasa duduk dibangku SMA, setelah kurang lebih 3 tahun menuntut ilmu untuk meraih cita-citanya di kampus Upi, dengan harapan seluruh ilmu yang telah didapatkan semasa kuliah dapat bermanfaat untuk dirinya sendiri serta orang-orang yang ada disekitarnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Proses penerapan Digital Marketing pada UMKM Kuliner di Desa Ciwaruga

15 Agustus 2022   14:30 Diperbarui: 15 Agustus 2022   14:41 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ciwaruga (14/08) -- Sesuai dengan kalender akademik terbaru, Universitas Pendidikan Indonesia kembali mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik pada Juli---Agustus 2022. 

Dalam pelaksanaan KKN Tematik kali ini, UPI mengusung tema SDGs (Sustainable Development Goals) Desa. Implementasi SDGs dengan berorientasi kepada masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup ditinjau dari beberapa aspek.

Salah satu poin penting dari SDGs ini adalah upaya pertumbuhan ekonomi merata. Adapun proses penerapan Digital Marketing pada UMKM Kuliner kue basah Sari Ketan merupakan salah satu program KKN Tematik UPI oleh Kelompok 74 di Desa Ciwaruga, kab. Bandung Barat. 

Pelaksanaan KKN Tematik Upi oleh kelompok 74 Desa Ciwaruga mendapatkan dukungan serta sambutan yang hangat oleh pihak Desa Ciwaruga, baik dari segi perangkat pemerintahan setempat maupun warga. 

Sejak mengawali kegiatan, pihak desa Ciwaruga sangat mendukung program penerapan digital marketing pada UMKM Kuliner khas desa Ciwaruga dengan harapan bahwa suatu saat produk khas desa Ciwaruga dapat dikenal oleh banyak orang. 

Setelah melakukan rangkaian kegiatan utama yaitu Sosisalisasi Digital Marketing UMKM kuliner desa Ciwaruga pada tanggal 31 Juli 2022. Pada tahap selanjutnya kami memilih beberapa usaha yang memiliki ciri khas dari desa Ciwaruga untuk terus didampingi dalam penerapan materi-materi yang telah disampaikan pada sosialisasi untuk diterapkan pada UMKM yang akan dituju. 

Setelah melihat beberapa UMKM yang potensional di desa Ciwaruga, akhirnya kami memilih usaha Sari Ketan yang bergerak pada usaha kuliner kue basah dan kue kering untuk didampingi selama proses penerapan ilmu-ilmu digital marketing yang telah didapatkan pada saat sosisalisasi pada tanggal 31 kemarin. 

Dengan memfokuskan pada satu UMKM harapannya agar dapat memberikan hasil yang maksimal untuk UMKM Sari Ketan dan dapat menjadi role model ataupun contoh bagi UMKM-UMKM kuliner yang ada di desa Ciwaruga untuk semangat dalam memasarkan usahanya dalam dunia digital.

Dokumentasi sosialisasi digital marketing UMKM kuliner desa Ciwaruga. Sumber: Dokpri
Dokumentasi sosialisasi digital marketing UMKM kuliner desa Ciwaruga. Sumber: Dokpri

Proses penerapan digital marketing dimulai dari persiapan pendampingan pada tanggal 2 Agustus 2022, kemudian dilanjut pendampingan hari pertama pada tanggal 6 agustus dimana kami melaksanakan kegiatan pendampingan usaha sari ketan melalui market place shopee food, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun