Mohon tunggu...
Jibilah Fathin Fadhilah
Jibilah Fathin Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah

Live as if you were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Selama Magang Madrasah Mu'allimat Yogyakarta

25 Desember 2023   14:20 Diperbarui: 25 Desember 2023   14:25 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ditulis oleh Aprilia Prety Zhinta Lumentut (20210820002)

Bismillah......

Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Adalah Lembaga Pendidikan Khusus Putri Yang Dirintis Dan Didirikan Oleh K.H. Ahmad Dahlan. Pada Tahun 1918 K.H, Ahmad Dahlan Mendirikan Al-Qismul Arqa Yang Kemudian Diubah Menjadi Pondok Muhammadiyah Pada Tahun 1921, Lalu Menjadi Kweekschool Moehammadiyah Pada Tahun 1923. Kemudian Tahun 1924 Siswa Kweekschool Islam Dipisah Antara Laki-Laki Dan Perempuan. Kweekschool Muhammadiyah Untuk Putra Dan Kweekschool Istri Untuk Putri. Pada Tahun 1932 KweekSchool Muhammadiyah Diubah Menjadi Madrasah Mu'allimin Dan Kweekschool Istri Diubah Menjadi Mu'allimaat. Setahun Kemudian Kedua Madrasah Tersebut Dipisah. Madrasah Mu'allimin Berlokasi Di Ketanggunan, Yogyakarta Dan Madrasah Mu'allimaat Bertempat Di Kampung Notoprajan, Yogyakarta.

Pada Kongres Muhammadiyah Ke-23 Tahun 1934 Di Yogyakarta, Ditegaskan Bahwa Madrasah Mu'allimin-Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Merupakan Sekolah Kader Persyarikatan Tingkat Menengah Yang Diadakan Oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kongres Muhammadiyah Ke-28 Tahun 1938 Di Medan Telah Memutuskan, Mengamanatkan Kepada Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta Untuk Mengelola Secara Resmi Madrasah Mu'allimaat Ini Sebagai Lembaga Pendidikan Calon Pemimpin, Guru Agama Dan Mubalighat Muhammadiyah Dengan Masa Pendidikan 6 (Enam) Tahun Setelah Tamat Sekolah Dasar Atau Madrasah Ibtidaiyah. Pada Tanggal 3 Oktober 1988, Pimpinan Pusat Muhammadiyah Melalui Piagam Pendirian Nomor : 21/P.P./1988, Menyatakan Bahwa Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Adalah Milik Persyarikatan Muhammadiyah Yang Dibina Oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Visi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Sebagai Institusi Pendidikan Muhammadiyah Tingkat Menengah Yang Unggul Dan Mampu Menghasilkan Kader Ulama, Pemimpin Dan Pendidik Sebagai Pembawa Misi Gerakan Muhammadiyah.

Misi Madrasah Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Islam Guna Membangun Kompetensi Dan Keunggulan Siswi Di Bidang Ilmu-Ilmu Dasar Keislaman, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Seni Dan Budaya. Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Sebagai Alat Komunikasi Untuk Mendalami Agama Dan Ilmu Pengetahuan. Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Kepemimpinan Guna Membangun Kompetensi Dan Keunggulan Siswi Di Bidang Akhlaq Dan Kepribadian. Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Keguruan Guna Membangun Kompetensi Dan Keunggulan Siswi Di Bidang Kependidikan. Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Keterampilan Guna Membangun Kompetensi Dan Keunggulan Siswi Di Bidang Wirausaha. Menyelenggarakan Dan Mengembangkan Pendidikan Kader Muhammadiyah Guna Membangun Kompetensi Dan Keunggulan Siswi Di Bidang Organisasi Dan Perjuangan Muhammadiyah.

Struktur kurikulum di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah perpaduan antara kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan kurikulum khas Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Mata pelajaran khas Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah : Kemuhammadiyahan, Ilmu Keguruan, Leadership, Kewirausahaan, Tahfidzul Qur'an dan Ilmu Falak. Adapun kegiatan penunjang Proses Belajar Mengajar:

  1. Matrikulasi baca Al Qur'an
  2. Arabic and English Club
  3. Lesson Club
  4. Karya Tulis Ilmiah
  5. Praktek Mengajar
  6. Program Sukses Ujian
  7. Reward
  8. Field Trip (Studi Lapangan)
  9. Uji Kompetensi Kemuhammadiyahan

EKSTRAKURIKULER

1. Hizbul Wathan

2. Kelompok Ilmiah Remaja

3. Jurnalistik

4. Palang Merah Remaja

5. TIK dan Desain Grafis

6. Tata Boga

7. Tata Busana

8. Rebana

9. Paduan Suara

10. Kerajinan Tangan

11. Orgen

12. Teater (Drama)

13. Nasyid

14. Qiro'ah

15. Kaligrafi

16. Seni Lukis

17. Seni Tari Islam

18. Tapak Suci

19. Basket

20. Tenis Meja

21. Senam Santri

22. Bulu Tangkis

KOMUNITAS

  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Inggris
  3. Qiroatul Kutub
  4. Olimpiade Matematika
  5. Olimpiade Fisika
  6. Olimpiade Kimia
  7. Olimpiade Biologi
  8. Olimpiade Geografi
  9. Olimpiade Kebumian
  10. Olimpiade Ekonomi Akuntansi

 Pendidikan dan Pembentukkan Karakter di Asrama

  1. Sholat Jamaah
  2. Sholat Tahajud
  3. Sholat Dhuha
  4. Puasa Sunnah Senin dan Kamis
  5. Tadarus Bersama
  6. Kultum
  7. Problem Solving
  8. Belajar Mandiri

KEGIATAN KEPEMIMPINAN DAN PERKADERAN

  1. FORTASI
  2. Baitul Arqom Dasar
  3. Baitul Arqom Madya
  4. Baitul Arqom Purna
  5. Pembinaan Kader Khusus
  6. Taruna Melati
  7. Pelatihan bagi Calon Pengurus IPM
  8. Up Grading : Pelatihan untuk pengurus IPM
  9. Job Training : Pelatihan bagi seluruh Pengurus Organisasi Kesiswaan
  10. TOT Perkaderan/Kepemimpinan.

Pengalaman yang saya dapat selama magang di Madrasah Muallimat Yogyakarta adalah tentu saja sangat menambah pengalaman dan pengatahuan saya. Pertama-tama yang dilakukan saat memulai magang yaitu penerjunan ke sekolah bersama DPL magang, dan mahasiswi terdiri dari sembilan orang. Dihari pertama penerjunan magang membahas pembagian kelas dan apa saja yang harus dilakukan selama magang. Ada beberapa kelas yang dipilih yaitu kelas 7,8 MTs, dan 10 MA. Masing-masing kelas terdiri dari tiga orang anggota kelompok. Setelah itu wakil direktur 4 (wadir 4) Madrasah Muallimat memberikan beberapa peraturan yang ada di Madrasah tersebut, yaitu tidak memakai rok span (ketat), tidak memakai jilbab bergo, memakai jilbab harus menutupi dada, dan pada saat jadwal sholat pagar sekolah akan ditutup dan dibuka kembali setelah sholat.  Dihari berikutnya kelompok saya melakukan pertemuan bersama guru pamong untuk konsultasi, membahas tentang tugas yang ingin kami kerjakan, dan menanyakan jadwal.

15 Oktober 2023 kami ditugaskan oleh guru pamong untuk training musyrifah. Kami melakukan training tersebut di perpustakaan Madrasah Muallimat. Dan yang kami lakukan adalah memberikan soal melalui media Kahoot, setelah itu para musyrifah menjawab soal melalui media Kahoot tersebut. 19 Oktober 2023, kelompok saya melakukan observasi ke dalam kelas untuk melihat bagaimana situasi kelas saat pembelajaran berlangsung, dan juga melihat bagaimana cara guru dalam memberikan materi kepada siswa. Kami bertiga duduk dibagian belakang dan guru pamong menjelaskan materi didepan, pertama kali masuk ke dalam kelas merasa sangat pengap dan sangat panas dikarenakan jumlah kipas angin yang terbatas. 5 November 2023, kelompok saya melakukan bimbingan tugas pertama bersama guru pamong, menanyakan RPP, dan buku paket yang dipakai saat belajar. Kami melakukan bimbingan di depan ruang guru yang berada dilantai dua, guru pamong sangat membantu kami dalam proses magang ini, dan selalu memberikan arahan.  9 Desember 2023, melakukan bimbingan tugas kedua bersama guru pamong, memberikan tugas yang telah dibuat yaitu RPP dan juga media pembelajaran, kemudian guru pamong memberikan masukan mengenai tugas yang telah kami buat.

Selama pengerjaan tugas magang ini, yang saya dapatkan yaitu mengetahui cara menjadi seorang guru yang dimana guru harus membuat rencana rancangan pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran dikelas. Yang saya lihat siswa -- siswa di Madrasah Muallimat sangat mematuhi peraturan dan tertib. Sebelum melakukan pembelajaran siswa-siswa melakukan membaca doa bersama, dua petugas memimpin doa ditempat piket guru dengan menggunakan mic.

 Salah satu pengalaman yang sangat saya senangi yaitu jajan di sekolah, berbagai macam jajanan sekolah, mengingatkan saya pada masa-masa disekolah dulu. Saya melihat siswi Madrasah Mu'allimat sangat aktif, baik akademik maupun non akademik. Dan saya melihat ada terdapat banyak piala yang berjejer dilemari. Adapun fasilitas yaitu Gedung induk, laboratorium IPA, Bahasa, dan Komputer, perpustakaan, usaha Kesehatan sekolah (UKS), dan asrama. Di Madrasah Muallimat juga terdapat Kelas unggulan (M-ECP) dan Kelas internasional (M-ICP).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun