Mohon tunggu...
Fatah Ahmadi
Fatah Ahmadi Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Perguruan Tinggi Swasta Jogjakarta. \r\n\r\nMy big dream : a successsful entrepreuner\r\nMotto : no success without struggle.\r\n\r\nvisit my blog :\r\nhttp://manfaatmadu-acclimate.blogspot.com\r\natau bisa berkunjung di blog kedua saya :\r\nhttp://ahmadifatah.blogspot.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

RPP Recount Text

6 September 2012   14:21 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:50 4324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA Yogyakarta

Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris

Kelas/Semester            :     X / 1

Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )

Topik Pembelajaran    :     recount

Pertemuan Ke               :

I.       Standar Kompetensi

Membaca

5.Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan            .

II.     Kompetensi Dasar

5.2             Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

§Mengidentifikasi makna dalam teks recount

§Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

§Membaca nyaring teks recount

Religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, tanggung jawab.

IV.    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

·Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

·Mengidentifikasi makna dalam teks recount

·Siswa dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount

IV.    Materi Pokok

Teks monolog berbentuk recount contohnya:

My Day

I had a terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn't go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I  got dressed so quickly that I forgot to wear socks.

Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn't have enough money.

Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had yesterday.

Text Structure of the text above:

Paragraph

Generic Structure

§I had a terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn't go off (paragraph 1)

§Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn't have enough money (paragraph 2)

§Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had yesterday (paragraph 3)

§Orientation: provides the setting and introduces participants.

§Events: tell what happened, in what sequence.

§Re-orientation: optional closure of events.

V.     Metode Pembelajaran/Teknik:

þthree-phase technique

VI.    Strategi Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun