Mohon tunggu...
Fatah Ahmadi
Fatah Ahmadi Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Perguruan Tinggi Swasta Jogjakarta. \r\n\r\nMy big dream : a successsful entrepreuner\r\nMotto : no success without struggle.\r\n\r\nvisit my blog :\r\nhttp://manfaatmadu-acclimate.blogspot.com\r\natau bisa berkunjung di blog kedua saya :\r\nhttp://ahmadifatah.blogspot.com\r\n

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

RPP Recount Text

6 September 2012   14:21 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:50 4324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA Yogyakarta

Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris

Kelas/Semester            :     X / 1

Alokasi Waktu               :     2 x 45 menit ( 1x pertemuan )

Topik Pembelajaran    :     recount

Pertemuan Ke               :

I.       Standar Kompetensi

Membaca

5.Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan            .

II.     Kompetensi Dasar

5.2             Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.

III.    Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

§Mengidentifikasi makna dalam teks recount

§Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

§Membaca nyaring teks recount

Religius, jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, tanggung jawab.

IV.    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat :

·Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks recount

·Mengidentifikasi makna dalam teks recount

·Siswa dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount

IV.    Materi Pokok

Teks monolog berbentuk recount contohnya:

My Day

I had a terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn't go off. Then, I was in such a hurry that I burned my hand when I was making breakfast. After breakfast, I  got dressed so quickly that I forgot to wear socks.

Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn't have enough money.

Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had yesterday.

Text Structure of the text above:

Paragraph

Generic Structure

§I had a terrible day yesterday. First, I woke up an hour late because my alarm clock didn't go off (paragraph 1)

§Next, I ran out of the house trying to get the 9:30 bus, but of course I missed it. I wanted to take a taxi, but I didn't have enough money (paragraph 2)

§Finally, I walked the three miles to my school only to discover that it was Sunday! I hope I never have a day as the one I had yesterday (paragraph 3)

§Orientation: provides the setting and introduces participants.

§Events: tell what happened, in what sequence.

§Re-orientation: optional closure of events.

V.     Metode Pembelajaran/Teknik:

þthree-phase technique

VI.    Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

§Bertanya jawab tentang pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Membahas ciri-ciri leksikogramatika.

§Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.

§Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.

§Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks recount.

§Membahas ciri-ciri leksikogramatika.

§Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk recount di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.

§Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Awal  (10’)

-Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)

-Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)

-Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter

-Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD

-Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks.

Kegiatan Inti (70’)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru:

§Memberikan stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi guru:

§Membiasakan siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi  guru:

§Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.

§Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.

§Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.

§Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

Kegiatan Akhir (10’)

§Siswa diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

§Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk recount.

§Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

VII.  Sumber/Bahan/Alat

§Buku Look Ahead 1  , English Zone Kelas X

§Buku Inter-Language Kelas X



Mengetahui,September,2012

Guru PamongPraktikan

______________________ Fatah  Ahmadi

NIP.                                                                                                    NIM. 09004212

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun