Di bawah kepemimpinan Bapak Didiek Hartantyo, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat dan juga mengambil langkah besar dalam menghadirkan berbagai fasilitas modern untuk mengubah pengalaman penumpang. Tak hanya fokus terhadap peningkatan keamanan dan kenyamanan, tetapi juga mengedepankan teknologi untuk menciptakan layanan yang efisien dan user-friendly.
Berbagai inovasi unggulan, seperti face recognition boarding gate serta pengembangan layanan kereta yang lebih eksklusif, seperti kereta kompartemen, kereta luxury, kereta panoramic, kereta ekonomi new generation (baik hasil modifikasi Balai Yasa Manggarai maupun stainless steel buatan INKA), dan kereta eksekutif new generation stainless steel buatan INKA.
Face Recognition Boarding Gate: Scan and Go
Inovasi berupa face recognition boarding gate yang dihadirkan oleh KAI merupakan salah satu langkah besar menuju digitalisasi dan otomatisasi di sektor transportasi. Dengan adanya teknologi ini, penumpang tidak perlu menunjukkan tiket (baik fisik maupun digital berupa e-boarding pass) dan kartu identitas saat pengecekan tiket berlangsung. Cukup scan wajah dan otomatis pintu akan terbuka yang menandakan bahwa proses pencocokan data telah berhasil.
Sistem pengenalan wajah secara otomatis mampu memverifikasi identitas penumpang berdasarkan data yang terekam saat pemesanan tiket. Sebelum menggunakan teknologi ini, dipastikan penumpang telah terdaftar sebelumnya. Apabila belum terdaftar, maka dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui Access by KAI atau melalui petugas yang berjaga di sekitar pintu pengecekan tiket.
Syarat pendaftarannya pun praktis, hanya menggunakan KTP atau KK yang berisikan NIK. Cukup satu kali mendaftar, maka dapat digunakan berulang kali selagi memiliki tiket KA jarak jauh dan sudah ada fasilitas face recognition boarding gate di stasiun keberangkatan.
Dengan adanya face recognition boarding gate, maka akan memangkas waktu saat pengecekan tiket, mengurangi antrean, dan meningkatkan keamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal tersebut terjadi karena setiap proses identifikasi penumpang dapat teridentifikasi dengan baik, pendeteksian akurat (sejauh ini, bagi saya yang sering menggunakan fasilitas ini tidak ada masalah), dan tidak perlu adanya interaksi fisik.
Kereta Panorama: Menikmati Keindahan Alam dalam Setiap Perjalanan Anda
Sebagai perusahaan transportasi publik di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berinovasi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan berkesan bagi penumpang. Inovasi yang menarik yakni kereta panorama (panoramic). Saat ini, kereta panorama baru tersedia pada KA Argo Wilis dengan relasi Bandung-Surabaya Gubeng (pp). Kereta ini memiliki jendela yang lebih besar, sehingga memungkinkan penumpang untuk menikmati panorama alam yang indah dengan leluasa tanpa terhalang oleh pilar.