Mohon tunggu...
Fariz Luqman Hakim
Fariz Luqman Hakim Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa

Sukses

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bisnis dan Perusahaan

27 Oktober 2020   23:42 Diperbarui: 27 Oktober 2020   23:43 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bisnis Dan Perusahaan

A. Bisnis

     Menurut definisi, bisnis merupakan sebuah aktivitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan, dengan konsep dimana seorang individu atau organisasi akan mencari cara untuk menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin dengan modal yang seminim mungkin.

Menurut islam, bisnis adalah sebuah nilai ekonomi dimana setiap aktivitas yang kita lakukan memiliki nilai manfaat untuk orang lain, dengan konsep dimana perusahaan kita membuat untung orang banyak meskipun menghasilkan keuntungan yang tidak terlalu besar.

B. Perusahaan

     Perusahaan merupakan sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.

Konsep Komponen Bisnis

  • Pasar

Pasar adalah tempat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dimana terjadi permintaan dan penawaran yang menghasilkan deal harga

Berdasarkan wujudnya pasar di bedakan menjadi dua,yaitu:

  • Pasar Konkret
  • Adalah pasar yang dimana kegiatan jual beli dilakukan secara tatap muka atau bertemu secara langsung.
  • Contoh: pasar swalayan dan pasar tradisional

  • Pasar Abstrak
  • Adalah pasar yang dimana kegiatan jual beli tidak dilakukan secara tatap muka atau bertemu langsung melainkan dengan cara online atau melalui internet.
  • Contoh: online shop

Pada dasarnya bentuk pasar dibagi menjadi dua,yaitu:

  • Pasar Persaingan Sempurna
  • Adalah pasar yang memiliki sebuah mobilitas yang sempurna dari sumber daya yang ada serta di lengkapi oleh pengetahuan yang baik dari penjual dan pembeli, sehingga hasil dari interaksi tersebut yang berupa harga pasar benar -- benar rill dari interaksi antara keduanya

  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna
  • Merupakan kebalikan dari Pasar Persaingan Sempurna dimana penjual dan pembeli  bisa mempengaruhi harga pasar.

  • Pasar persaingan tidak sempurna dapat dibagi menjadi beberapa bentuk,yaitu:

  • Pasar Monopolistik
  • Adalah suatu bentuk pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli,dimana banyak terdapat penjual atau produsen dengan menjual suatu produk yang sama namun ada beberapa perbedaan dari beberapa aspek.
  • Pasar Monopoli
  • Merupakan suatu bentuk pasar dimana pasar tersebut dikuasai oleh satu pihak yang memiliki kuasa lebih.
  • Pasar Oligopoli
  • Merupakan salah satu pasar yang dimana dikuasai oleh beberapa penjual atau konsumen saja.Pada dasarnya pasar oligopoly memiliki dua jenis yaitu oligopoli murni dan oligopoli diferensial
  • Pasar Monopsoni
  • Dalam pasar ini terdapat banyak penjual namun pembeli hanya tunggal.
  • Pasar Oligopsoni
  • Dalam pasar ini terdapat beberapa pembeli

  • Perusahaan
  • Pihak Eksternal
  • Konsep Perubahan
  • Sebuah Perushaan harus terus berkembang dan memiliki inovasi yang baru untuk menarik perhatian konsumen sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

Peluang Bisnis

Peluang bisnis terjadi karena adanya fakto -faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu:

  • Faktor Sosial
  • Terjadi karena pengaruh lingkungan sekitar
  • Faktor Budaya
  • Terjadi karena pengaruh adat istiadat sekitar
  • Faktor Pribadi
  • Terjadi karena kebutuhan,yaitu apa yang diperlukan oleh kita
  • Faktor Psikologis
  • Terjadi karena keinginan atau kemauan,yaitu apa yang kita mau atau inginkan tetapi tidak terlalu di butuhkan dan lebih bersifat ke pemuasan diri

Bentuk Bisnis

  • Barang
  • Dimana proses pembuatan berawal dari barang mentah berubah menjadi barang jadi.
  • Industri yang bergelut di bidang pembuatan barang disebut manufaktur.
  • Jasa
  • Dimana proses bisnis tersebut tidak terlihat tapi terasa manfaatnya oleh orang lain.

Bentuk Badan Usaha

  • Perusahaan Perseorangan
  • Firma
  • Bentuk perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang dan menggunakan nama Bersama,semua anggota mempunyai tanggung jawab bersama.
  • Perseroan Komanditer (CV)
  • Bentuk perusahaan yang didirikan oleh beberapa orang yang masing-masing memberikan sejumlah uang.Sekutu dalam CV in iada dua,yaitu sekutu komplimenter (orang-orang yang bersedia mengatur perusahaan) dan sekutu komanditer (orang-orang yang mempercayakan uang yang untuk dikelola dan bertanggung jawab secara terbatas kepada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan).
  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Perusahaan Negara
  • Koperasi

Sumber Daya Organisasi

  • Manusia
  • Sebagai penggerak dalam bisnis.
  • Material
  • Bahan-bahan mentah yang akan di jadikan barang jadi atau jasa.
  • Mesin
  • Alat yang di gunakan untuk memproses pembuatan barang.
  • Uang
  • Hal utama dalam sebuah bisnis atau usaha,uang ini sebagai modal untuk melakukan investasi di bidang manufaktur baik dalam bentuk barang atau jasa.
  • Informasi
  • Sebuah data atau pengetahuan yang digunakan untuk membantu proses dalam usaha dan bisnis dimana kegunaannya untuk mengolah bentuk barang atau jasa apa yang diinginkan.

Lingkungan Organisasi

  • Pemasok
  • Orang yang menydiakan material baik itu bahan mentah,uang,mesin,atau informasi ke perusahaan untuk memproduksi barang
  • Pelanggan
  • Orang yang menjadi target dalam usaha dan bisnis
  • Serikat Pekerja
  • Organisasi yang mengakomodir tenaga kerja yang sesuai di bidangnya
  • Masyarakat Keuangan
  • Mereka yang memberikan pembiayaan dan kebijakan,bisa berupa bank
  • Pemegang Saham
  • Orang-orang yang menanam modal dalam perusahaan dan mewakili tingkatan tertinggi dalam perusahan .
  • Pesaing
  • Pemerintah
  • Mereka yang mengeluarkan peraturan kebijakan terhadap prosuder yang harus dilakukan oleh perusahaan.
  • Masyarakat Global
  • Mereka yang membutuhkan barang atau jasa

www.feb.uhamka.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun