Mohon tunggu...
Farihkhatun Nikla
Farihkhatun Nikla Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Profil Usaha Toko Kelontong Ibu Warsiah

30 Juni 2022   13:15 Diperbarui: 30 Juni 2022   13:44 8365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Toko kelontong memiliki peluang usaha yang cukup tinggi tidak memiliki resiko usaha yang tinggi di mana toko kelontong biasanya menjual bahan-bahan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat yang tentunya selalu di butuhkan dan harus dipenuhi, selain itu kebutuhan pokok seperti sembako tidak mengalami musiman seperti pada usaha buah dan fashion

Toko Kelontong Ibu Warsiah merupakan salah satu UMKM yang berjalan dalam bidang kebutuhan pokok, dimana toko ini memiliki berbagai kebutuhan pokok masyarakat yang beralamat di Dusun Keboan RT 22/ RW 01, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Toko Kelontong Ibu warsiah ini sudah berdiri mulai tahun 2017, dimana sebelumnya Ibu Warsiah juga sempat berjualan di teras rumahnya, namun di rasa kurang luas jadi Ibu Warsiah berpikir membangun Toko sendiri dengan alat-alat seadanya untuk menyimpan barang-barang jualannya.

    1.2Visi dan Misi 

Visi

Dapat mengembangkan usaha ini, hingga dapat membuka sebuah toko yang lebih besar

Misi

  • Berusaha memenuhi ketersediaan barang sesuai kebutuhan pelanggan dan masyarakat
  • Mendapatkan respon positif dari kepuasan masyarakat mengenai ketersediaan bahan-bahan pokok
  • Berusaha Memperoleh keuntungan dari penjualan

Pembahasan

2.1 Profil Usaha

Di Toko Kelontong Ibu Warsiah menjual berbagai barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari seperti  beras, gula pasir, kecap, teh sachet, kopi sachet, sabun, terigu, telur, minyak goreng, minuman ringan, makanan ringan, bahan bakar minyak, hingga bawang merah, bawang putih, cabe sayur-sayuran dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp 500 tergantung .

2.2 Strategi

  • Segmentasi harga bagi kalangan ibu rumah tangga dan anak-anak
  • Segmentasi kebutuhan pokok bagi semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa

Manajemen Usaha

Usaha milik Ibu Warsiah dikelola langsung oleh keluarga Ibu Warsiah, dalam persediaan barang-barang toko Ibu Warsiah biasanya di membeli ke pasar dan adanya pengiriman dari luar kecamatan sehingga persediaan barang Toko Kelontong Ibu Warsiah cukup lengkap.

Anggaran

4.1 Modal Usaha

Toko Kelontong Ibu Warsiah memulai usaha dengan modal awal sebesar Rp 2000.000 untuk melakukan penjualan pertama yang dibuka di depan rumah

4.2 Harga Jual

Barang-barang yang dijual di Toko Kelontong Ibu warsiah mulai dengan harga Rp 500 tergantung barang atau kebutuhan yang dibeli pelanggan

4.3 Pembagian Keuntungan

Ibu Warsiah sebagai pemilik usaha mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan di setiap harinya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun