Pengertian filsafat pendidikan essensialisme
essensialisme merupakan pendidikan yang di dasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban manusia ,aliran filsafat pendidikan essensialisme muncul pada zaman renaisance dengan ciri-ciri utama yang berbeda dengan progresivisme.
tokoh-tokoh pemikiran filsafat pendidikan essensialisme
1.William chandler bagley
pemikiran william :
1.Minat yang kuat dan tahan lama sering timbul dari upaya pembelajaran awal.
2.pengarahan,pengawasan dan bimbingan orang dewasa akan melekat dalam masa balita.
3.kemampuan kedisiplinan diri harus menjadi tujuan dalam pendidikan.
4.essensialisme menawarkan sebuah teori yang kokoh dan kuat tentang pendidikan.
2.Thomas briggs
Pergerakan progresif telah merusak standar intelektual dan moral di antara kaum muda.dengan menyimpulkan sekolah-sekolah gagal dalam tugas mereka mentransmisikan warisan-warisan sosial dan telektual negara.
3.frederick breed
menurut frederick.Essensialisme menekan kepada apa yang mendukung pengetahuan dan keterampilan yang di yakini penting yang harus di ketahui oleh para anggota masyarakat yang produktif.
4.L.Kandel
setelah kandel mempelajari tentang musim,kandel yang di akui esensialis ,kandel memandang materi,pelajaran bukan sebagai bukti potensial untuk penyelesaian tentang masalah sosial.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H