Mohon tunggu...
Farida Fitrani
Farida Fitrani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menghargai Waktu Sejak Usia Dini

17 April 2017   10:23 Diperbarui: 17 April 2017   19:00 636
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bicara tentang waktu, waktu adalah segalanya bagi setiap oramh umyuk melakukan segala aktifitas yang akan dia wujudkan. Tapi tergantung dari setiap masing-masing orang bagaimana untuk mempergunakan waktu dengan sebaik mungkin entah sekarang, besok, atau besoknya lagi. Sebelumnya kita akan membahas tentang bagaimana membagi waktu dengan baik yang di tanamkan sejak usia dini, kita akan bahas apa arti itu belajar.

Belajar adalah mencari atau mengulang sesuatu untuk yang tidak tahu agar menjadi tahu. Dan perubahan yang relatif dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman yang diperkuat. Kegiatan belajar merupakan akibat adanya interaksi antara penanya dan respon. Seseorang dianggap sudah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perilakunya.

Ada tiga tahap-tahap belajar

1. Memahami konsep belajar

2. Memahami jenis-jenis

3. Memiliki keterampilan setiap jenis mengajar

Jenis-jenis keterampilan belajar

1. Membuka dan menutup belajar (panduan dari gurunya)

2. Keterampilan belajar atau penjelasan

3. Keterampilan bertanya

4. Keterampilan melaksanakan variasi

5. Keterampilan memberi penguatan

6. Keterampilan mengelola kelas

7. Keterampilan membimbing diskusi

8. Kterampilan membimbing kelompok kecil

Ciri-ciri orang belajar (dalam berproses)

1. Belajar selalu dapat bergerak

2. Melibatkan lingkungan sekitar

3. Aktifitas dan lingkungan diarahkan pada kegiatan belajar

Ciri-ciri orang belajar (dalam hasilnya)

1. Hasil dari apa yang dipelajari tetap atau menetap (ingat kuatan)

Di usia dini sangatlah baik untuk di tanamkan yang baik-baik karna di usia dini merupakan Golden Age usia emas yang cukup kuat ingatannya di bandingkan pada orang dewasa pada umumya. Pada awal anak kenalkan bagaimana caranya menghargai waktu dengan baik, setelah itu ajak anak untuk belajar mempraktikkan langsung dengan baik.

Tahap-tahap pengenalan waktu pada anak

Ajarkan dan tunjukkan bagaimana waktu dimana anak harus sholat, belajar dengan teratur.

Biasakan anak untuk dapat tidur tepat waktu

Bagaimana makan di waktu yang baik

Ketika di sekolah apabila ada tugas dari gurunya, tuntun anak untuk dapat mengerjakannya di waktu yang tepat wakttu

Beri waktu anak-anak untuk bermain dan mempunyai waktu dengan keluarga untuk ber-rekreasi

Jika sejak usia dini telah di kenalkan dan di ajarkan bagaimana menggunakan waktu dengan secara teratur dan baik. Maka dapat membentuk generasi anak yang disiplin dan mempunyai pemikiran masa depan yang baik untuk bangsanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun