Mohon tunggu...
Farhan Hummam
Farhan Hummam Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar

XI MIPA 4 SMAN 28 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cerpen: Kebohongan yang Indah

22 November 2020   10:06 Diperbarui: 22 November 2020   10:14 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Walaupun aku dilahirkan tanpa mengetahui siapa ayah dan ibu kandungku. Semua orang bilang mereka sudah meninggal, termasuk pamanku. Tetapi jika memang benar kedua orang tuaku ternyata masih hidup, aku tak akan pernah memaafkan mereka karena sudah menelantarkanku. Jadi kuanggap mereka memang sudah mati. Tetapi di satu sisi aku yakin bahwa surat ini berasal dari ibu atau ayah kandungku.

Sang surya telah kembali dari istirahatnya dan aku juga kembali berpamitan kepada pamanku. "Paman, aku berangkat!" Pamitku. "Tunggu dulu, kamu langsung ke sekolah, kan?" Tanya paman. "Ya tentu saja, Paman." Jawabku tanpa merasa bersalah. "Ah baiklah, hati-hati di jalan!" Seru paman. Tak terasa aku sudah sampai di kedai. Seperti biasa, bila aku sudah tiba di kedai, Vin pasti langsung berbelanja ke pasar. Sekitar 30 menit kemudian kreng, "Selamat pa... man?" Betapa terkejutnya aku melihat pelanggan pertamaku hari ini adalah pamanku sendiri. "Sungguh indah, Altaf. Indah sekali kebohonganmu selama ini." Ucap paman dengan nada yang belum pernah ku dengar sebelumnya. "Pa-paman!" Ucapku yang diiringi getaran di sekujur tubuhku. "Aku kembali!" Tiba-tiba terdengar suara Vin yang baru kembali dari pasar. 

Brak, semua bahan yang dibeli Vin jatuh ke lantai yang baru saja ku bersihkan. "Ra... Rambu?" Aku terkejut mendengar Vin menyebut nama asli pamanku, sejujurnya aku hampir tidak pernah mendengar nama aslinya. "Vin? Levin? K-kaukah itu?" Aku juga terkejut melihat paman yang tadinya sangat amat marah, tiba-tiba meneteskan air mata. Prak! Sebuah tamparan yang penuh amarah tiba-tiba melesat ke wajah Vin. Paman langsung menarik tanganku dan memaksaku kembali ke rumah. Aku tidak bisa melakukan apapun. Aku hanya terdiam membatu.

Paman langsung pergi ke kamarnya dan menutup pintu dengan kencang. Sedangkan aku, aku masih bingung dengan apa yang terjadi saat ini. Tok-tok, tiba-tiba ada suara ketukkan pintu. Aku bergegas membuka pintu. Ternyata itu adalah petugas pos yang selalu mengantarkan surat misterius itu. Aku menerima surat itu tanpa mengucapkan apapun dan langsung menutup pintu rumahku. "6/6? Ini berarti..." Aku berlari menuju kamarku. 

Aku segera membuka kembali laci kecilku dan melihat tepat ada empat surat di sana. 1/6 hingga 4/6, selama ini kupikir ini adalah sebuah tanggal dan tidak mengira ini adalah urutan dari surat-surat ini. Aku kembali mencari di laciku untuk mencari surat 5/6, tetapi tidak ada. "Astaga!" Aku berteriak secara spontan karena teringat surat yang diterima Vin. Aku baru ingat aku melihat angka 5/6 di surat itu. Aku segera memakai topi hitam dan masker hitamku untuk kembali ke kedai vin, aku harus menutup diri agar tidak dikenali Vin.

"Vin, mau kemana kau?" Teriak pamanku. Aku tidak menghiraukannya dan bergegas meninggalkan rumah. Aku berlari tanpa memedulikan hujan yang cukup deras, yang ada di pikiranku hanya surat itu. Aku terus berlari tanpa memikirkan keadaaan baju dan celanaku yang sudah seperti terendam dalam air. Akhirnya aku sampai di kedai Vin dan langsung ke belakang kedainya. Nasib baik petugas sampah belum ada mengangkut tempat sampah di kedai. Tanpa memerlukan waktu yang lama aku langsung menemukan surat itu, surat dengan angka 5/6.

Aku langsung membaca isinya. Tiba-tiba mataku terasa sangat berat, tangisan tidak bisa ku bendung lagi. "Altaf? Kaukah itu?" Aku mendengar suara Vin. Aku langsung berlari meninggalkan kedai. Aku berlari sejauh mungkin dan berlawanan arah dari kedai dan rumah pamanku. Yang kupikirkan saat ini hanyalah menjauh dari Paman dan Vin. Aku masih tidak percaya akan kebohongan ini, kebohongan ini sangat indah. Mengapa? Mengapa harus aku yang mengalami hal mengerikan ini?

Hujan semakin membesar, aku sudah berlari selama 15 menit tanpa henti. Aku yakin aku sudah menjauh dari kakak beradik itu. Ya, mereka berdua ternyata adalah adik dan kakak. Kalian sudah tau artinya kan? Vin, vin adalah ayah kandungku. Surat itu, surat itu sudah mengungkap semuanya. Akupun sudah tau mengapa hanya ada 6 surat yang ku terima dari ibuku. Ya, surat itu ternyata memang berasal dari ibuku yang entah dimana berada. 

"Ibu hanya bisa membuat enam surat karena waktu Ibu sudah tidak lama lagi, Altaf." Itu adalah kalimat terakhir di surat dengan angka 6/6. Hmph. Lucu, bukan? Dia hanya muncul di kehidupanku sesaat sebelum hari kematiannya. Aku bahkan tidak mengetahui bagaimana bentuk wajahnya. Mengapa mereka semua begitu kejam padaku? Apakah ini memang nasibku? Apakah ini memang takdirku? Apakah aku dilahirkan hanya untuk berakhir seperti ini?

Aku terus berjalan tanpa berpikir akan tujuanku. Yang ada dipikiranku hanya... Entahlah apa yang ada dipikiranku saat ini. Aku benar-benar merasa hancur, ditambah hujan yang turun sore ini seakan menunjukkan bahwa semesta juga turut menangisi nasibku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun