Oleh : Farhan amar hanif
NIM : 2100005133
Abstrak
Fakta tentang kondisi pendidikan di kabupaten klaten masih belum memungkinkan untuk di lakukannya pembelajaran tatap muka secara penuh selama pandemi ini.di sebagian daerah di kabupaten klaten melakukan pembelajaran dengan sistem daring,namun ada beberapa daerah yang sudah menjalankan sistem luring dengan pembatasan di setiap kelasnya hanya ada beberapa siswa yang masuk dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.selain itu,siswa juga di jadwalkan pagi dan siang demi mencegahnya penyebaran virus covid-19.
Kata kunci : Pendidikan,pandemi,pembelajaran,protokol kesehatan
Abstract
The facts about the condition of education in the Klaten district are still not possible for full face-to-face learning during this pandemic. In some areas in the Klaten district, learning is carried out using an online system, but there are some areas that have implemented an offline system with restrictions in each class only. some students enter and apply health protocols strictly. In addition, students are also scheduled in the morning and afternoon to prevent the spread of the covid-19 virus.
Keywords: Education, pandemic, learning, health protocol
Pebdahuluan
Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk membentuk suatu karakter dalam bawaan,hati,jiwa,kepribadian,budi pekerti,perilaku,personalitas,sifat,tabiat,tempramen,dan watak.pendidikan setiap seseorang akan membentuk sebuah karakter kecerdasan.karakter tersebut tidak dapat di wariskan,karakter tersebut harus di bangun dan dikembangkan sendiri demi keberlangsungan suatu proses.seperti kondisi pendidikan di kabupaten klaten yang tingkat penduduknya semakin tinggi,sehingga membutuhkan pendidikan yang berkualitas,namun kondisi pandemi covid-19 saat ini menjadi pengaruh besar dalam pendidikan di kabupaten klaten karena menjadikan sistem pembelajaran menjadi kurang efektif.
Pembahasan
Berhubung dengan pandemi yang tidak kunjung berakhir sehingga menjadikan penundaan pembelajaran tatap muka secara penuh dalam kebijakan menteri pendidikan demi mempersempit penyebaran virus covid-19.Dengan keputusan tersebut menjadikan terus berlangsungnya pembelajaran daring di kabupaten klaten.
Sebenarnya banyak juga kendala yang di alami masyarakat tentang dilakukannya pembelajaran daring.contohnya seperti anak TK atau SD yang harus selalu ditemani oleh orang tua nya pada saat pembelajaran daring sehingga mengganggu orang tua nya yang seharusnya bekerja,tidak jauh berbeda dengan anak SMP atau SMA kendala pembelajaran daring juga menyertai mereka.contohnya seperti kendala sinyal pada daerah-daerah tertentu sehingga materi yang di jelaskan oleh guru secara tatap layar tidak dapat di terima dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H