Mohon tunggu...
farhah andriliyani
farhah andriliyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

saya suka mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengoptimalkan Kematangan Psikologis dalam Pendidikan: Penerapan Teori Behavioristik, Kognitif dan Humanistik

7 November 2024   21:21 Diperbarui: 7 November 2024   21:39 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kematangan psikologis mengacu pada proses perkembangan individu dalam berbagai aspek, seperti fisik, emosional, dan kognitif. Proses ini terjadi secara bertahap, yang mengarah pada tercapainya kepribadian yang matang. Kematangan ini penting dalam membantu individu berfungsi dengan baik dalam kehidupan, baik dalam hubungan sosial maupun dalam tugas-tugas kehidupannya. Dalam konteks pendidikan, kematangan psikologis sangat berhubungan dengan kemampuan siswa untuk belajar dan mengembangkan diri.

1. Teori Behavioristik

Teori ini berfokus pada pengaruh lingkungan terhadap perilaku manusia. Dalam teori ini, pembelajaran dipandang sebagai perubahan perilaku yang terjadi akibat interaksi dengan stimulus (rangsangan) tertentu. Proses ini melibatkan hubungan antara stimulus dan respons yang dapat diamati dan diukur.

Contoh konkret:

Pemberian Penghargaan dalam Pembelajaran Matematika:
Seorang guru matematika mengajarkan konsep perkalian dengan memberikan latihan soal secara bertahap. Setiap kali siswa berhasil menyelesaikan soal dengan benar, mereka diberi stiker atau poin sebagai penghargaan. Jika mereka mencapai jumlah poin tertentu, mereka mendapatkan hadiah kecil, seperti izin memilih permainan di akhir pelajaran. Dengan cara ini, siswa belajar untuk menyelesaikan soal matematika dengan baik karena mereka tahu akan mendapatkan penghargaan jika berhasil.

Tokoh utama:

  • John B. Watson: Menyatakan bahwa perilaku manusia sepenuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Menurutnya, belajar adalah interaksi antara stimulus dan respons.
  • Ivan Pavlov: Mengembangkan teori kondisi klasik, di mana stimulus yang awalnya netral bisa memunculkan respons setelah dipasangkan dengan stimulus lain yang menimbulkan respons tertentu.
  • B.F. Skinner: Memperkenalkan teori kondisi operan, yang menekankan pengaruh konsekuensi (hadiah atau hukuman) dalam membentuk perilaku. Skinner mencontohkan ini dengan eksperimen tikus yang belajar menekan tuas untuk mendapatkan makanan.

Aplikasi dalam pendidikan: Dalam pengajaran, pendekatan ini menekankan latihan berulang dan pemberian penghargaan untuk memperkuat perilaku yang diinginkan, seperti dalam pembelajaran matematika atau bahasa.

2. Teori Kognitif

Teori ini lebih menekankan pada perkembangan cara berpikir individu dalam belajar. Salah satu tokoh utama dalam teori ini adalah Jean Piaget, yang mengembangkan teori tentang tahapan perkembangan kognitif, yang mencakup:

  • Tahap pengalaman konkret: Siswa hanya dapat merasakan dan mengamati peristiwa tanpa memahami hakikatnya.
  • Tahap refleksi dan observasi aktif: Siswa mulai merenungkan pengalaman mereka.
  • Tahap konseptualisasi: Siswa mengembangkan teori atau konsep tentang hal yang mereka pelajari.
  • Tahap eksperimen aktif: Siswa mencoba mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dalam situasi nyata.

3. Teori Humanistik

Teori humanistik menganggap bahwa setiap individu memiliki potensi besar untuk berkembang dan menjadi pribadi yang utuh. Menurut Abraham Maslow dan Carl Rogers, pendidikan harus membantu siswa untuk mencapai potensi penuh mereka melalui pengalaman yang membangun kesadaran diri dan aktualisasi diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun