Mohon tunggu...
Farah GhifaraHafidha
Farah GhifaraHafidha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Wirausaha/Mahasiswa Magister Agribisnis Veteriner/Universitas Airlangga/

Nama Farah Ghifara Hafidha, kelahiran Temanggung, 06 Agustus 1999. Saat ini sedang menempuh pendidikan Pascasarjana, Magister Agribisnis Veteriner di Universitas Airlangga Surabaya. Saya memiliki hobi olahraga beberapa di antaranya balap motor, futsal, dan basket. dari olahraga itu saya memperoleh beberapa kejuaraan baik tingkat provinsi. karisidenan, maupun nasional. Saya alumnus Universitas Airlangga, Progam sarjana di fakultas kedokteran hewan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Langkah Sukses Membuka Pet Shop bagi Pemula

21 Desember 2023   17:01 Diperbarui: 21 Desember 2023   17:16 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi anak muda terutama yang memiliki hobi pelihara hewan kesayangan dan ingin memulai bisnis, mungkin akan cocok apabila menjalani bisnis pet shop. Penulis menulis ini dari pengalaman penulis, karena penulis membuka usaha pet shop di tahun 2018 dengan usia penulis 19 tahun dan masih dalam masa studi.

Perlu diketahui bahwa bisnis pet shop merupakan bisnis yang menjanjikan, karena menjalani sebuah usaha pet shop ini dapat meraih keuntungan yang cukup besar dengan modal yang sedikit!

Selain praktek, kita juga perlu melakukan beberapa teori yang ada sebagai penunjang untuk membantu dalam menyusun strategi bisnis. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulai sebuah usaha diantaranya :

1. Siapkan modal usaha

Memulai usaha dari awal tentunya memerlukan persiapan modal usaha. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha bervariasi tergantung dengan lokasi, ukuran tempat usaha serta jenis usaha yang ingin dijalankan. Karena pet shop yang akan dibuka juga harus menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

2. Beberapa modal yang perlu dipertimbangkan antara lain :

  • Biaya sewa tempat usaha
  • Biaya perlengkapan toko seperti etalase, meja kasir, dll.
  • Biaya stok produk pakan hewan dan kebutuhan hewan peliharaan seperti aksesoris, tempat makan minum, produk grooming dan lainnya.
  • Biaya operasional toko seperti token listrik, air, dan pulsa telepon
  • Biaya pemasaran dan promosi

3. Bangun Identitas Bisnis

Dalam membangun sebuah usaha, alangkah lebih baik kalau calon pengusaha sudah memiliki nama usaha, logo, serta tambahan visual lain. Hal itu akan menjadikan bisnismu memiliki identitas yang pasti dan usahamu juga akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan.

4. Tentukan Perencanaan dan Target Pasar

Perencanaan perlu dilakukan karena hal ini akan mementukan proses kedepannya agar proses dapat berjalan sesuai dengan target dan tujuan awal. Kemudian lakukan pemilihan targer pasar, target yang dimaksud yaitu siapa yang akan anda ingin menjadi pelanggan utama dari bisnis Pet shop anda. Apakah dari kalangan komunitas hewan atau yang lain.

5. Pilih Lokasi 

Lokasi juga menentukan lancarnya usaha yang akan dibuka. Cobalah pilih lokasi yang mudah diakses dan strategis. Lokasi strategis yaitu lokasi yang mudah dijangkau oleh para pelanggan nantinya. Memilih lokasi biasanya berlandaskan pada segmen pasar atau target pasar.

6. Tentukan Pelayanan Bisnis

Dalam sebuah pet shop, penjual tidak hanya memasarkan pakan maupun aksesoris dan kebutuhan hewan peliharaan. Namun juga dilengkapi dengan pelayanan lainnya seperti grooming atau salon khusus hewan peliharaan.

Hal ini juga tidak boleh asal dilakukan karena dalam membuka pelayanan seperi grooming dan salon, pastikan karyawan memiliki ketrampilan grooming yang baik. Sebab proses perawatan hewan membutuhkan keahlian khusus. Mungkin sebelumnya untuk karyawan yang bertugas di pelayanan grooming maupun salon hewan bisa diikutkan pelatihan khusus terlebih daluhu sampai mendapatkan sertifikat, yang memiliki arti bahwa karyawan tersebut tidak diragukan lagi keahliannya dalam melakukan grooming maupun salon hewan.

7. Siapkan SDM

Sebagai seorang pengusaha pastinya harus kreatif serta inovatif, hal ini bertujuan agar setiap hal yang dilakukan kedepan dapat mempertahankan pelanggan hingga menambah pelanggan baru.

8. Memiliki Strategi Bisnis 

Strategi bisnis perlu dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan angka penjualan adalah :

  • Lakukan promosi ke media.
  • Lakukan penataan, produk maupun display produk harus ditata sedemikian rupa.
  • Berikan konsultasi kepada pelanggan setia mengenai pakan yang cocok diberikan untuk hewan peliharaan pelanggan.
  • Membangun profesionalitas, sebisa mungkin menghindari kesalahan sekecil mungkin dalam bisnis pet shop anda.

Selain manajemen bisnis, pelaku yang akan memulai usaha juga harus menyiapkan manajemen keuangan yang akan berjalan nantinya. Karena tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, bisnis akan susah untuk berkembang.

Berikut tadi merupakan tips untuk anak muda khususnya pemula untuk memulai bisnis Pet shop bagi para pemula dengan cara yang mudah serta hasil yang menjanjikan.

Profil Penulis: Farah Ghifara Hafidha, S.KH (Mahasiswa Program Magister Agribisnis Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga))

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun