Mohon tunggu...
Faradila NurindaPutri
Faradila NurindaPutri Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Kemampuan Numerasi Angka 1 sampai 10 Melalui Media Permainan Memancing Ikan di Kelompok A TK Nur Hidayah Geluran

6 Desember 2023   02:40 Diperbarui: 6 Desember 2023   03:00 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LAPORAN PENELITIAN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI ANGKA 1 SAMPAI 10 MELALUI MEDIA PERMAINAN MEMANCING IKAN DI KELOMPOK A TK NUR HIDAYAH GELURAN TAMAN SIDOARJO

Disusun Oleh:

Faradila Nurinda Putri / (2300103922220040)

 

 

 

 

 

PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN ANGKATAN II
BIDANG STUDI PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2023

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PENELITIAN

  • Judul Penelitian          : Meningkatkan Kemampuan Numerasi Angka 1 sampai 10 Melalui Media Permainan Memancing Ikan di Kelompok A TK Nur Hidayah Geluran Taman Sidoarjo
  • Peneliti
  • Nama Lengkap      : Faradila Nurinda Putri
  • Jabatan                  : Guru Kelas TK
  • Alamat                  : Jl. Nangka II No.75 Geluran Taman Sidoarjo
  • No. Hp                  : 081234702042
  • Nama Lembaga     : TK NUR HIDAYAH
  • Lama Penelitian          : 1 Minggu

                                                                                          Sidoarjo, 23 Oktober 2023

Kepala Sekolah                                                                 Guru Kelas                                   

Isti Komawati S.E, S.Pd                                                   Faradila Nurinda P.

 

PERNYATAAN TIDAK MELAKUKAN PLAGIAT

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama          : Faradila Nurinda Putri

Prodi           : Guru Kelas TK

Menyatakan bahwa Laporan Penelitian yang saya tulis ini benar-benar tulisan saya sendiri, bukan plagiasi, baik Sebagian maupun keseluruhan. Bila dikemudian hari terbukti hasil plagiasi, maka saya bersedia menerima sanksi akademik sesuai ketentuan yang berlaku di TK Nur Hidayah Geluran.

                                                                                    Taman, 23 Oktober 2023

Guru Kelas TK

Faradila Nurinda Putri

 

KATA  PENGANTAR

 

Alhamdulillah puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas Laporan Penelitian Program PG PAUD tepat waktu.

Maksud dan tujuan menulis laporan ini selain untuk memenuhi tugas Penelitian Disusun untuk memenuhi tugas Uji Kinerja PPG (UKPPG) Dalam Jabatan Angkatan 2 Tahun 2023 berupa Laporan Penelitian yang dilaksanakan di TK Nur Hidayah Geluran Tahun Ajaran 2022/2023

Dalam penyusunan laporan ini banyak sekali bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada  : 

Ketua Yayasan TK Nur Hidayah Bp. H. CH. Basuki

Ibu Isti Komawati, SE, S.Pd selaku Kepala TK NUR HIDAYAH GELURAN TAMAN

Ibu Uswatun Khasanah S.Pd AUD selaku teman sejawat yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKP dan penulisan laporan ini.

Teman-teman PPG Daljab  Angkatan 2 Tahun 2023 PG PAUD pendidikan guruyang selalu setia membantu serta memberikan saran dan masukan.

Suami dan keluargaku yang selalu mendukung dan memberikan motivasi tugas PTK ini.

  • Saya menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan dan kritik dari pembaca diharapkan. Semoga Laporan Penelitian ini bermanfaat bagi peningkatan pendidikan dan peningkatan kemampuan mengajar saya sebagai guru.
  •                                                                                                
  •                                                                                                 Sidoarjo, 23 Oktober 2023
  •                                                                                                 Mahasiswa


  •                                                                                                 FARADILA NURINDA P.
  •                                                                                                 NIM. 2300103922220040

 

 

 

 

  • Pendahuluan
  • Latar belakang dan permasalahan

Upaya pengembangan kemampuan kognitif dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk salah satunya melalui permainan berhitung. Permainan berhitung permulaan di TK tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional, karena itu dalam pelaksanaannya harus dilakukan  secara  menarik,  bervariasi  dan  menyenangkan.

  • Anak-anak di kelompok A Tk Nur Hidayah dengan jumlah murid 12 anak kurang memahami dalam hal membilang banyak benda 1 sampai 10. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan membilang banyak benda menggunakan metode bercerita, tanya jawab dan pemberian tugas. Selain itu guru juga masih menggunakan metode pembelajaran konvensional/monoton sehingga anak menjadi lebih cepat bosan dan konsentrasi anak menjadi berkurang akibatnya anak hanya bermain di dalam kelas tidak memperhatikan gurunya.
  • Dibuktikan dengan saat guru melakukan observasi banyak siswa yang belum bisa membilang banyak benda 1 sampai 10.

Beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  perkembangan  kemampuan  kognitif  (Sujiono, 2011:1.25) antara lain: hereditas/keturunan,  kematangan, pembentukan, minat dan bakat,  kebebasan  dan  lingkungan.  Lingkungan  terbagi  menjadi  dua  tempat  yaitu lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh (Dewi, 2014) menunjukkan bahwa salah satu penghambat guru dalam pembelajaran adalah kurangnya media pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah.

Lingkungan di sekolah tempat bermain dan salah satu jenis bermain adalah bermain ikan dengan bermain ikan anak juga bisa sekaligus belajar berhitung dengan cara guru bisa menanyakan berapa jumlah ikan yang bisa di tangkap, di jala atau di pancing, berapa jumlah ikan yang kecil dan berapa jumlah ikan yang besar. Permainan Ikan adalah metode yang menerapkan permainan atau mainan tertentu sebagai wahana

pembelajaran bagi anak dengan media ikan. Permainan memancing ikan melatih anak untuk menstimulus Gerakan motorik dan kognitifnya sehingga anak menjadi tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran.

 


  • Pembahasan
  • Merujuk pada permasalahan mengenai kurangnya pemahaman siswa dalam membilang banyak benda 1 sampai 10 hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman konsep membilang banyak benda, Kurangnya daya konsentrasi anak dalam memahami materi pembelajaran, Media belajar yang kurang bervariatif dan menarik, Sumber belajar yang masih berpusat pada guru, Anak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Kemudian Guru melakukan Studi literatur, wawancara dengan teman sejawat dengan hasil sebagai berikut :

Studi Literatur : kemampuan membilang anak melalui kegiatan bermain dengan benda-benda konkrit yaitu dengan pembelajaran yang menyenangkan, menarik, berbeda dan pembelajaran yang bervariatif untuk anak, hubungan antara guru dan orangtua siswa harus berjalan dengan baik, serta bentuk motivasi, semangat, penguatan yang banyak kepada anak, Pembelajaran membilang melaui kegiatan bermain bisa diterapkan didalam kelas

Hasil wawancara dengan Kepala Sekolah dan teman sejawat : Media yang digunakan dalam pembelajaran selalu diutamakan menggunakan media pembelajaran yang konkrit, dengan media tersebut dapat membantu perkembangan kemampuan anak dalam membilang

media yang digunakan untuk anak bisa juga menggunakan bahan-bahan alam untuk pembelajaran, maka dari itu guru dituntut lebih kreatif.

Dari permasalahan tersebut guru melakukan pengembangan media pembelajaran melalui bermain yaitu kegiatan "Permainan Memancing Ikan" Untuk mengatasi permasalahan. Permainan memancing ikan memberikan kesenangan tersendiri bagi anak-anak. Selain itu dapat melatih kemampuan motorik halus dan kognitif anak

Penjelasan terkait tahapan aksi untuk mengatasi masalah : membilang banyak benda  melalui kegiatan bermain dan menggunakan media yang nyata, Merancang Rpp mengenai Topik; Sidoarjo kota kelahiranku, Sub Topik : ikon kota sidoarjo, Sub-sub topik : ikan bandeng dan udang Binatang kesukaanku. Media yang saya gunakan berkaitan dengan masalah numerasi adalah media permainan memancing ikan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran : kegiatan pembelajaran kelompok yang terdiri dari kegiatan Awal (penyambutan, baris-berbaris, berdoa sebelum belajar), Kegiatan Inti (4 kegiatan), Istirahat (makan bekal,bermain), Recalling, Kegiatan penutup (berdoa sesudah belajar)

Tindakan yang telah saya lakukan yaitu Membuat perangkat pembelajaran, Membuat media "Permainan Memancing Ikan", Melaksanakan kegiatan pembelajaran dan Membuat refleksi pembelajaran.

Pelajaran yang saya dapat dari situasi ini adalah dalam hal Hambatan yaitu ada tiga anak yang membutuhkan pendampingan lebih karena kurang memahami cara membilang banyak benda 1 sampai 10, Media pancingan yang terbuat dari dobel solatip sehingga menempel 1 dengan yang lain membuat pembelajaran jadi tidak efektif, Saya kesulitan mendokumentasikan saat mengamati proses penilaian anak karena harus mengamati proses penilaian di kelompok lainnya. Kemudian solusi yang saya lakukan adalah menyiapkan kotak yang sudah bertuliskan angka 1 sampai 10 sebagai tempat menaruh ikan hasil tangkapan agar anak mengerti berapa banyak ikan yang ditangkap, Memodifikasi media pancingan menggunakan magnet agar lebih mudah menggunakannya, Dokumentasi akan saya lakukan pada kegiatan yang membutuhkan pelaporan di hasil belajar siswa saja dan meminta bantuan rekan sejawat lain untuk mendokumentasikan proses penilaian.

Tahapan aksi yang saya lakukan adalah Menyiapkan kotak yang sudah bertuliskan angka 1 sampai 10 sebagai tempat menaruh ikan hasil tangkapan agar anak mengerti berapa banyak ikan yang ditangkap anak, Memodifikasi media pancingan menggunakan magnet sehingga mudah dalam penggunaannya, Menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran mengenai membilang banyak benda 1 sampai 10, Memberikan penilaian dan reward kepada anak

  • Kesimpulan
  • Masalah yang dihadapi adalah media yang digunakan masih kurang sehingga anak yang antusias memainkan permainan memancing ikan berebut dengan temannya, keterbatasan media pembelajaran yang kurang efisien, dari media pancingan yang terbuat dari benang wol dan double solatip. mengakibatkan permainan jadi kurang efektif akibat double solatip yang menempel 1 sama lain.
  • Solusi permasalahannya adalah ditambahkan media pancingan, ikan mainan dan kolamnya sehingga anak tidak berebut dengan temannya dan membuat media bentuk pancingan yang terbuat dari magnet atau tempelan bukan double solatip. Sehingga anak lebih efektif dalam melakukan permainan memancing.
  • Rencana Tindak Lanjutnya adalah memodifikasi media pancingan menggunakan magnet atau tempelan dan Memberikan reward kepada anak bisa berupa pujian atau tanda Bintang

  • Daftar Pustaka
  • Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling, 1(2), 94--109.

  • Sujiono, Yuliani Nurani, 2011. "Metode Pengembangan Kognitif" Jakarta: Universitas Terbuka Wardhani.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun