Mohon tunggu...
Fani Yufita Lentini
Fani Yufita Lentini Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

I am an English Teacher

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa SMK Melalui Penggunaan Media Lagu Pop

19 Desember 2022   17:38 Diperbarui: 19 Desember 2022   17:44 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada masa kini, bahasa Inggris merupakan bahasa terpenting di dunia. Banyak orang di dunia berbicara dalam bahasa Inggris, bahasa ini sebagai bahasa pertama, kedua, atau asing. Bahasa Inggris tentunya memiliki seni verbal yang beragam. Kemudian banyak karya ilmiah yang dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Tidak hanya itu bahasa Inggris memiliki peran utama dalam perdagangan internasional. Budaya telah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan asing yang paling sering diajarkan di dunia.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dibutuhkan setiap orang untuk dapat berbicara dan memahami segala hal yang terjadi di era ini. Faktanya adalah sebagian besar pelajar di negara negara di dunia memperoleh pelajaran bahasa Inggris untuk bahasa asing, hal tersebut tentunya terdapat kesulitan baik dalam memahami bahasa Inggris dalam segi membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan. Pada dasarnya, setiap siswa tidak bisa mengerti bahasa Inggris karena mereka tidak tahu artinya kata-kata dalam kalimat yang berbahasa Inggris.

Siswa Menengah Kejuruan tentunya harus memiliki kompetensi untuk mengerti dan memahami berbagai jenis teks seperti teks deskriptif atau naratif. Tapi banyak siswa yang kurang dalam kompetensi pemahaman bahasa Inggris. Kosakata mengambil peran utama untuk Kosakata mengambil peran utama untuk memahami bahasa. Kosakata diperlukan untuk memperluas pengetahuan siswa kemampuan untuk memahami tentang ide-ide baru. Kurangnya kosa kata pasti membuat proses komunikasi sulit dilakukan oleh siswa. Kelemahan dalam pembendaharaan kosa kata membuat para siswa tidak mengetahui arti dari banyak kata. Hal tersebut  menjadi Masalah  termasuk siswa tidak memiliki motivasi untuk belajar.

Motivasi adalah masalah besar itu yang dihadapi guru saat ini. Tidak ada motivasi yang membuat siswa kehilangan minat dan keinginan belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu cara lain pembelajaran penguasaan kosa kata bisa menggunakan lagu pop bahasa Inggris untuk diajarkan kosa kata kepada siswa menengah kejuruan. Video klip lagu pop bahasa Inggris adalah medianya. Video klip lagu-lagu pop berbahasa Inggris menjadi media pembelajaran siswa. Lirik lagu disertakan dalam video, membuat siswa dapat melihat lirik sambil mendengar dan melihat klip video. 

Gardner dalam Lenka (2011) menyatakan bahwa manusia tidak hanya memiliki satu kecerdasan tetapi berbagai kecerdasan, masing-masing dengan miliknya memiliki kemampuan yang dapat diamati dan diukur. Misalnya, kecerdasan kinestetik-jasmani, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalistik, kecerdasan eksistensial, kecerdasan moral, dan kecerdasan musikal.

Seperti yang dikatakan Lenka (2011), "kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menikmati, mengenali, menampilkan, dan mengarang musikal potongan dan memiliki kepekaan terhadap ritme dan nada, "dengan demikian jelas bahwa setiap orang memiliki kecerdasan musik. Musik juga memiliki manfaat sosial dan emosional karena siswa mendapatkan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris dengan menyanyikan lagu. 

Lagu pop inggris tentunya memiliki berbagai jenis makna yang berbeda akan tetapi dalam pembelajaran sebaiknya menggunakan lagu - lagu yang bermakna positif seperti lagu dari Westlife dan Bruno Mars sebagai lagu pop yang memiliki pesan dari hampir semua lagunya disampaikan dengan baik. 

Kemudian lirik lagunya sesuai dan memiliki makna yang berharga mengajar para siswa. Makna lagu memuat nilai-nilai moral seperti percaya pada Tuhan, cinta, rasa hormat, dan tidak pernah memberi. Kemudian nada lagunya cenderung pelan sehingga dapat didengarkan oleh siswa hati-hati dengan liriknya. Ketiga, ada beberapa klip video resmi yang disediakan oleh lirik.

Dengan demikian siswa dapat melihat video yang berisi lirik sambil mendengarkan lagu tersebut. Pada setiap keterampilan berbahasa baik dalam segi membaca, mendengarkan, berbicara, atau menulis.  Kosa kata sangat diperlukan, karena pentingnya kosa kata dalam membaca sebuah teks berbahasa Inggris supaya bisa mengerti dan memahami semua teks yang kita baca. Dalam mendengarkan kita perlu memahami semua pelafalan kata atau ucapan yang kita dengar.

Dalam berbicara, kita membutuhkan banyak kosakata untuk berbicara. Kemudian dalam hal menulis, kita perlu mengetahui banyak kosakata untuk memperluas apa yang kita tulis. Richard (2001) mengatakan bahwa kosakata adalah salah satu komponen bahasa dan salah satu hal yang pertama dalam menguasai bahasa. Berikut ini adalah pentingnya kosakata menurut Graves (2006 : 7):

1. Pengetahuan kosa kata adalah salah satu indikator terbaik dari kemampuan verbal.

2. Kesulitan kosakata sangat mempengaruhi keterbacaan teks.

3. Pengajaran kosa kata dapat meningkatkan pemahaman bacaan untuk bahasa Inggris asli pembicara dan pembelajar bahasa Inggris.

4. Siswa yang kurang beruntung cenderung memiliki kosa kata yang jauh lebih sedikit daripada mereka teman sekelas yang lebih diuntungkan.

5. Mempelajari kosa kata bahasa Inggris adalah salah satu tugas paling penting bagi pelajar bahasa Inggris.

6. Kurangnya kosa kata bisa menjadi faktor krusial yang mendasari kegagalan sisa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran disekolah.

Untuk itu perlunya penguasaan kosa kata, supaya siswa mampu memiliki kepercayaan diri serta kompetensi sosial  diri pun meningkat. Musik dan lagu memainkan peran penting dalam dunia dan kehidupan remaja dan anak muda. Setiap orang mendengarkan lagu dan kebanyakan orang menikmatinya.

Saat lagu-lagunya digunakan untuk mengajar bahasa Inggris, maka hal tersebut memiliki manfaat sosial dan emosional karena siswa memperoleh percaya diri dalam menggunakan bahasa kedua melalui musik dan dengan demikian tidak menghadapi hal yang sama jenis tekanan pembelajatan yang ditemukan dalam pembelajaran bahasa formal (Tabassum, 2006).

Schunk dalam Tabassum (2006 : 222) menekankan bahwa penelitian yang telah dilaksanakan penggunaan musik di kelas bilingual dan ESL telah menemukan bunyi, kata, frase dan kalimat dari bahasa kedua mungkin tiba-tiba muncul di bawah sadar bahkan tanpa kehadiran rangsangan musik dan berdering terus-menerus di kepala siswa, atau mungkin sengaja diambil, diulang, dianalisis dan dikaitkan dengan situasi tertentu dan pengalaman dalam memori. Oleh karena itu, musik dan lagu memiliki bagian yang sudah ada  di dalamnya pengajaran bahasa khususnya kosa kata.

Lagu menciptakan suasana santai dan menyenangkan di dalam kelas dan sering kali berisi banyak hal pengulangan, sajak, dan potongan besar bahasa yang lebih mudah diingat. Jadi, Lenka (2011 : 21) mengatakan bahwa menggunakan lagu di kelas bahasa sangat memotivasi dan perangkat yang efektif dalam belajar bahasa asing. 

Dia juga mendefinisikan bahwa penggunaan musik dan lagu di kelas dapat merangsang asosiasi yang sangat positif untuk belajar bahasa, yang sebaliknya dapat dilihat sebagai tugas yang sulit dan membuat frustrasi. Musik ada di mana-mana, di restoran, kafe, di pusat perbelanjaan, di dalam mobil, dan banyak tempat lainnya. Sehingga mudah bagi setiap siswa untuk melakukan pembelajaran penguasaan kosa kata dalam bahasa inggris.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun