Nama : Falah hibban zain (44423110)
kelas : AM-2BÂ
Pada era digital dan serba canggih ini, setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk bersaing siapa yang lebih maju. Daya saing antar perusahaan akan meningkat sebagai hasil dari penggunaan e-commerce ini. Persaingan yang sehat diperlukan untuk mendapatkan keunggulan di pasar. Di sinilah fungsi perusahaan dalam e-commerce ditentukan. Seberapa jauh bisnis akan memanfaatkan e-commerce.
Strategi bersaing suatu perusahaan yang berbasis teknologi informasi harus konsisten dengan operasional perusahaan. Dalam melaksanakan penyelarasan ini, perusahaan harus mempertimbangkan arah strategis bisnis yang jelas, antara lain: Perlunya komunikasi, keterlibatan, dan integrasi bagi semua perusahaan. Penyelarasan strategi bisnis ini digunakan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan hubungan pemasok, menciptakan hambatan bagi pendatang baru di pasar, dan mengembangkan produk dan solusi bisnis. Teknologi informasi memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja operasional dan manajerial, memperoleh keunggulan kompetitif, dan mencapai tujuan bisnis strategis lainnya.
PT.Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk merupakan perusahaan terbesar dengan cakupan sahamnya dan terintegrasi ke dalam industri Kelapa Sawit Indonesia, yang berkomitmen terhadap produksi minyak sawit berkelanjutan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1962 dan memiliki perkebunan kelapa sawit dengan luas total sekitar 138.500 hektar. Perusahaan juga mengoperasikan 16 pabrik, empat core crusher, dan empat kilang. Pada tahun 1992, perusahaan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.
Kegiatan utama perusahaan adalah budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah ("CPO") dan inti sawit, serta konversi CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak nabati, margarin, dan mentega. Selain industri perminyakan, PT.Smart Tbk juga dijual dengan beberapa merek seperti Filma dan Kunci Mas. Saat ini merek-merek tersebut terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan menguasai pangsa pasar yang besar di segmennya masing-masing di Indonesia.
PT. Smart Tbk sendiri merupakan anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd ("GAR"), salah satu perusahaan Kelapa Sawit terbesar di dunia dan terdaftar di Bursa Efek Singapura. Perusahaan juga mengelola seluruh perkebunan kelapa sawit GAR seluas 483.075 hektar di Indonesia (termasuk petani kecil) dan memiliki hubungan komersial tersebut. PT Smart Tbk memiliki cakupan yang luas dalam pengelolaan perkebunan, teknologi informasi, penelitian dan pengembangan, sumber bahan baku, dan akses terhadap berbagai jaringan usaha pemasaran dalam dan luar negeri.
Kegiatan e-business dapat dilakukan dalam beberapa model, Sistem bisnis elektronik PT. SMART, Tbk yang dianalisis adalah model e-business B2C. Dalam hal ini perusahaan berupaya untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses dan memperoleh informasi mengenai perusahaan yang bersangkutan. Tidak hanya konsumen, pemangku kepentingan lain seperti investor dan pencari kerja juga bisa merasakan manfaat dari sistem ini. B2C merupakan aktivitas e-business yang melayani konsumen secara langsung melalui barang dan jasa. Transaksi penjualan dapat dilakukan melalui Internet dan konsumen dapat memesan langsung menggunakan harga yang tertera disana.
Salah satu cara perusahaan menerapkan e-business adalah melalui penggunaan jaringan dan media komunikasi. Melalui perusahaannya, PT. SMART Tbk menyediakan website di Internet (www.smart-tbk.com) yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja. Melalui website ini Anda bisa mendapatkan banyak informasi seperti: Artikel untuk investor, artikel untuk pelanggan, artikel untuk pencari kerja, dan artikel spesifikasi produk.
manfaat penggunaan website B2C yaitu:
1. Konsumen dapat mempertimbangkan penawaran produk yang dipublikasikan di media Internet.
2. Pembelian dengan uang elektronik dan sistem pembayaran yang aman.
3. Meminta agar produk pesanan dikirimkan (delivered) kepada pihak yang berkepentingan.Tentu saja hal ini akan dilakukan dengan biaya yang disepakati oleh kedua belah pihak.
4. Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan dan mudah serta cepat dalam pelaksanaannya, karena Anda hanya perlu mengunjungi website tertentu.
5. Kartu kredit juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran.
Implementasi E-Business pada PT. SMART Tbk.
1. bagi para investor
Laporan tahunan dan laporan keuangan triwulanan memungkinkan investor mengetahui kinerja suatu perusahaan. Informasi dan komunikasi lain yang terkandung di dalamnya memberikan sinyal pengambilan keputusan kepada investor. Investor memiliki akses cepat terhadap informasi ini. Hal ini tentunya akan mempersingkat perjalanan dan waktu investor dalam memutuskan apakah akan berpartisipasi atau keluar dari suatu investasi. Adanya website ini akan memberikan manfaat bagi perusahaan jika informasi yang terdapat dalam website ini memberikan sinyal positif kepada investor.
2. bagi para konsumen.
Melalui situs ini konsumen dapat mengetahui lebih jauh mengenai produk perusahaan.Selanjutnya kita akan membahas manfaat produk ini secara detail. Hal ini juga menyajikan kepada konsumen berbagai resep masakan yang menggunakan produk untuk mendorong mereka membeli produk tersebut.Hal ini pada akhirnya memberikan keuntungan bagi perusahaan.Situs web ini juga dapat dianggap sebagai alat periklanan konsumen.
3. bagi para pencari kerja
Pencari kerja dapat menemukan posisi terbuka di PT.SMART Tbk. Pencari kerja yang berminat dapat mendaftar secara online melalui website ini. Hal ini memudahkan pencari kerja untuk mengirim surat lamaran lebih murah, cepat dan aman. Perusahaan dapat dengan mudah mendaftarkan pelamar yang telah mendaftar secara online di komputer tanpa harus memasukkan informasi pelamar. Ini mempercepat proses manajemen.
Tantangan dan Hambatan pada PT. SMART Tbk:
Pengenalan e-business melalui pemanfaatan jaringan teknologi informasi dan komunikasi tentunya akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis dalam hal peningkatan penjualan dan beberapa poin lain yang telah disebutkan. Namun perlu diingat bahwa penerapan teknologi informasi terkini memerlukan biaya yang tidak sedikit. Penggunaan teknologi ini dapat menjadi tidak efisien atau bahkan menimbulkan kerugian jika biaya yang harus dikeluarkan untuk teknologi tersebut tidak sebanding dengan keunggulan kompetitif yang diperoleh perusahaan.
kerugian :
1. Adanya penambahan biaya oprasional untuk menjalankan teknologi ini.
2. Dapat terjadi missed-communication antara manajemen perusahaan dengan para investor akibat kurangnya hubungan secara langsung.
3. Jika terjadi kesalahanyang telah dimuat di media ini, akan sulit untuk memperbaikinya, karena hal ini sangat cepat menyebar kepada setiap pengguna sosial media.
4. perusahaan mau tidak mau harus membuka semua informasi melalui media ini. dengan demikian, perusahaan tidak dapat menutup nutupi keadaan bahkan yang kurang baik dalam diri perusahaan. hal ini memberi sinyal negatif pada investor atau pihak lain.
kesimpulan:
Bagi perusahaan besar seperti PT. SMART Tbk dll akan memberikan dampak yang sangat positif melalui pengenalan jaringan teknologi informasi dan komunikasi. Namun bagi pelaku usaha menengah, khususnya usaha kecil dan menengah, penggunaan teknologi mutakhir cenderung menimbulkan kerugian finansial yang cukup besar. biaya produksi dan pengoperasian teknologi ini sangat tinggi. Di sisi lain, hasil yang dicapai belum tentu menutupi biaya-biaya tersebut, apalagi mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.
source:
Putra, Y. M. (2018). Pengantar Sistem Informasi. Modul Kuliah Sistem InformasiManajemen. Jakarta: FEB-Universitas Mercu Buana
https://sofyanm215.wordpress.com/2014/11/08/pt-smart-tbk/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H