Perpustakaan merupakan lembaga layanan masyarakat dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan.Â
Melalui penyediaan bahan pustaka yang tersedia untuk masyarakat dalam berbagai media cetak atau terekam yang bersifat edukatif, perpustakaan berusaha untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan memperluas wawasan dan informasi untuk keperluan pendidikan, pekerjaan, penelitian, dan juga sebagai mediator dan wahana dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.Â
Menurut RUU Perpustakaan Bab I pasal I menyatakan bahwa perpustakaan merupakan intuisi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam yang pengelolaannya secara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.
Perpustakaan sangat membantu memberikan layanan bagi peserta didik atau mahasiswa maupun pendidik dalam penyedian buku teks, refrensi, buku bacaan, kamus, ensiklopedia. Sistem layanan perpustakaan seakarang ini dapat mengakses layanan informasi melalui internet dengan bantuan komputer.
Perpustakan pendidikan dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang di perlukan.Â
Dalam perpustakaan terdapat unsur seperti ruangan/gedung, koleksi bahan pustaka, perlengkapan, peralatan, sumber daya manusia, dan layanan lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemustaka agar tujuan dari perpustakaan terealisasikan dengan baik. Atas dasar tersebut, perpustakaan perlu melakukan pengembangan inovasi dalam peningkatan layanan untuk kepentingan pemustaka.
Menurunya minat masyarakat dalam penggunaan perpustakaan menjadi indikasi penting yang menjadi problematika lembaga perpustakaan saat ini. Kemajuan teknologi di era globalisasi seperti saat ini memicu para masyarakat untuk kemudahan akses menggali informasi yang ada di perpustakaan melalui layanan e-library.Â
Namun, dari kemajuan teknologi juga membuat rendahnya minat baca masyarakat karena kemudahan akses menggali informasi melalui situs internet. Oleh karena itu, setiap lembaga perpustakaan perlu meningkatkan layanan yang dapat menjadi solusi agar masyarakat kembali sadar akan pentingnya fungsi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas bangsa.Â
Melalui terobosan layanan-layanan terbaru yang hadir dalam perpustakaan diharapkan memberi kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan perpustakaan untuk mencari akses sumber informasi yang dibutuhkan para pengguna.
Layanan merupakan unsur utama dalam pencapaian keberhasilan dalam perpustakaan. Karena layanan berhubungan langsung dengan pemustaka dalam penyebaran informasi dan pemanfaatan jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Layanan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan teknis yang pada pelaksanaannya perlu adanya perencanaan dalam penyelanggaraannya.Â
Fungsi layanan perpustakaan adalah mempertemukan pemustaka dengan bahan pustaka yang mereka minati. Dalam rangka menciptakan kegiatan layanan per- pustakaan yang baik diperlukan unsur-unsur penunjang yang mendukung kelancaran kegiatan layanan di perpustakaan, antara lain pemustaka (pengguna), koleksi, pustakawan, dana, sa- rana, dan prasarana.