Mohon tunggu...
Fakhrizal Muttaqien
Fakhrizal Muttaqien Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Blogger - Content Writer | Writing for sharing. It would be nice to discuss with you.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Lakukan 7 Hal Ini Saat Membuat Kesalahan di Kantor

6 September 2020   19:00 Diperbarui: 6 September 2020   18:55 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seseorang yang melakukan kesalahan saat bekerja. Sumber: Pexels/Tim Gouw

Dalam urusan pekerjaan, segala hal tidak akan selamanya berjalan mulus. Ada kalanya kamu melakukan kesalahan saat bekerja. Hal itu merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di kantor. Namun, pernahkah kamu merasa sangat bersalah?

Bagi beberapa orang, melakukan kesalahan bisa berdampak pada psikologisnya. Merasa bersalah, malu, hingga stress sering terjadi ketika menyadari telah melakukan kesalahan. Jika kamu termasuk orang seperti itu, maka kamu bisa lakukan 7 hal ini saat melakukan kesalahan di kantor.

1. Akui kesalahan yang diperbuat, jangan menutup-nutupi

Ketika menyadari telah melakukan kesalahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah akui kesalahan yang diperbuat. Jangan mencoba menutup-nutupi kesalahan, karena hal itu akan membuat permasalahan semakin berlarut-larut. 

Jika atasan kamu menegur, terima saja dengan lapang dada, tak perlu mengelak apalagi hingga beradu argumen. Hal itu dapat membantu kamu menyiapkan mental untuk kembali berjuang.

2. Segera meminta maaf dengan sewajarnya

Setelah menyadari telah melakukan kesalahan, maka segeralah meminta maaf. Melarikan diri dari permasalahan bukanlah pilihan. Maka hadapilah dengan berani dan bertanggung jawab.

Minta maaflah sewajarnya, tak perlu melebih-lebihkan apalagi hingga merendahkan diri sendiri. Karena hal tersebut justru dapat membuat kamu terlihat menyedihkan dan mungkin membuat rekan kerja lainnya merasa risih.

3. Jangan menghakimi diri sendiri

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan itu hal yang wajar. Tak perlu merasa bersalah dengan berlebihan hingga menghakimi diri sendiri seakan kamu orang paling bersalah di dunia ini. Maafkanlah diri sendiri, lalu bersiap untuk memperbaiki semuanya.

4. Jangan menyalahkan orang lain untuk cari alasan

Ketika melakukan kesalahan, jangan coba-coba untuk menyalahkan orang lain agar kamu tidak ditegur. Karena menyalahkan orang lain atau mencari-cari kesalahan orang lain hanya akan membuat masalah semakin rumit. Jika memang kesalahan itu kamu yang perbuat, maka pikullah tanggung jawab itu.

5. Berbagi cerita dengan teman dekat

Setelah mengakui kesalahan dan meminta maaf, mungkin kamu akan merasa sangat bersalah. Apalagi kalau sampai ditegur dan dimarahi oleh atasan. Merasa sakit hati dan kesal dengan keadaan merupakan hal yang wajar.

Berbagi cerita dengan teman dekat dapat membuatmu lebih baik. Mencurahkan apa yang dirasakan akan membuat perasaanmu lebih tenang dan lega. Bukan tidak mungkin teman dekatmu juga bisa memberikan masukan agar meringankan masalah yang telah dibuat.

6. Segera bangkit dan perbaiki keadaan!

Setelah perasaanmu lebih tenang, maka langkah berikutnya adalah bangkit. Berlarut-larut dalam rasa bersalah bukanlah hal yang tepat. Kamu harus kembali bangkit dan memperbaiki keadaan.

Pelajari kesalahan yang telah diperbuat, identifikasi masalahnya agar tidak terjebak pada kesalahan yang sama. Dengan begitu kamu bisa sepenuhnya bangkit dari keterpurukan.

7. Bertekadlah untuk tidak kembali melakukan kesalahan yang sama

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitu kata pepatah. Biarlah kesalahan yang kamu perbuat menjadi pengalaman buat kamu dan juga rekan kerja lainnya. Setelah mempelajari kesalahan, kamu menjadi tahu apa yang seharusnya tidak dilakukan.

Jadi, bertekadlah untuk tidak kembali melakukan kesalahan yang sama. Lakukan pekerjaan dengan lebih teliti dan tidak terburu-buru agar hasilnya pun maksimal.

Nah, itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan ketika melakukan kesalahan di kantor. Melakukan kesalahan dalam pekerjaan itu wajar, jadi tidak usah stress jika kamu melakukannya. Lakukanlah apa pun dengan lebih teliti lagi agar tidak terjadi kesalahan. Semangat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun