Mohon tunggu...
Fajri Satria Hidayat
Fajri Satria Hidayat Mohon Tunggu... Administrasi - Engineer • Marketer • Researcher

Industrial Engineering - Universitas Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Effective Communication, Jurus Jitu Keberhasilan Kerja Tim

14 Juni 2015   16:40 Diperbarui: 20 Agustus 2016   16:50 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

 Tim dalam bekerja

Menyoal visi keberhasilan perusahaan tentu tidak bisa terpisahkan dari kapabilitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia (SDM) menjadi roda dalam mencapai visi dan aset untuk terus berkembang. SDM terdiri dari pemimpin teratas hingga staf pendukung operasional yang ada selalu mengimplementasikan nilai-nilai kompetensi dan integritas dalam bekerja. SDM yang ada terus melakukan kolaborasi dan peningkatan kerja dalam bingkai solidaritas dan profesional.

Perusahaan di indonesia sendiri begitu banyak dengan visi dan misi tersendiri dalam lingkup kultural yang ada. Dari BUMN, Swasta nasional hingga multinasional. Didalam menjalan unit bisnis prusahaan memiliki pelayanan jasa yang terdiri dari berbagai project yang dikerjakan oleh SDM secara tim dan kolaborasi. Untuk mewujudkan keberhasilan tim kerja tentunya membutuhkan proses kerja sama baik dalam bekerja. Dengan adanya kerjasama yang baik tentunya project yang dikerjakan akan berjalan secara lancar efektif dan profesional.

Salah satu untuk mewujudkan kerjasama tim yang baik adalah mewujudkan komunikasi yang efektif. Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain (sumber : wikipedia). Adanya Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Komunikasi menjadi suatu visi akan menjadi sebagai pencapaian bersama.

 

komunikasi kunci utama keberhasilan tim

 

 

Komunikasi berjalan dari pemimpin ke yang dipimpin ataupun sesama rekan kerja. Seringkali dalam melaksanakan pekerjaan terdapat permasalahan yang mengahambat kinerja tim. Dan komunikasi menjadi jurus jitu untuk mengatasi hal ini. Dan pelaksanaan komunikasi harus terlaksana secara efektif menyeluruh. Pelaksanaan komunikasi secara efektif dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran perusahaan. Efektif disini yang dimaksud adalah bahwa komunikasi yang dibangun dapat tersampaikan dengan baik dengan cara penyampaian yang benar. Efektif diwujudkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbangun sikap keterbukaan. Pemimpin harus bisa memerankan fungsinya untuk selalu menjaga komunikasi yang efektif kepada bawahan untuk menjunjung tinggi rasa kebersamaan kemajuan perusahaan.

Penerapan komunikasi menjadi suatu hal dasar yang harus diimplementasikan dalam pekerjaan bersama tim. Bisa dimulai dimulai dari hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih, murah membagi senyum, sikap menghargai hingga membangun ide bersama. Dalam berkomunikasi kita perlu mengembangkan sikap transparan sehingga akan menghilangkan prasangka yang akan menurunkan semangat tim kita. Untuk membangun komunikasi juga diperlukan sikap rendah hati, mau mendengar dan menerima kritik, tidak memandang rendah rekan kerja dan mau belajar. Dari kecil inilah komunikasi yang efektif akan terbangun.

Bekerjasama dalam tim kerja bukanlah ibarat bermain catur melainkan ibarat bermain sepak bola. Ada satu pemain bola yang memiliki skill individu yang tangguh adapula yang tidak terlalu tangguh. tapi apakah kunci kemenangannya? Adanya kerjasama dan komunikasi yang baik sehingga goalpun tercipta. Good communication can build team, bad communication break it. Komunikasi juga menjadi kunci yang digunakan juga oleh Uni Soviet untuk mengalahkan Jerman. Uni soviet menghancurkan sarana komunikasi tentara jerman dengan cara menembaki daerah belakang dan garis komunikasi sehingga menyulitkan pelaksanaan logistik yang digunakan untuk komunikasi gerak maju mundurnya tentara. Tentara jerman yang memiki kapabilitas besar harus kalah karna komunikasi yang tidak berjalan.

Sehingga pada penerapannya, Komunikasi tidaknya hanya berupa proses pemahaman tapi juga membangun rasa nyaman dalam bekerja. Komunikasi juga terkait dengan penyatuan visi dan ide secara transparan agar tidak muncul hal-hal yang dapat menghambat kerja tim dimana jika tanpa komunikasi tim akan berjalan menjadi tidak terarah.  Perusahaan memiliki nilai-nilai yang baik dimana harus ada komunikasi dimana masing masing project dilakukan secara tim. Masing-masing individu dapat mengaplikasikan komunikasi yang baik agar visi dan misi perusahaan  dapat terwujud dengan baik.

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun