Mohon tunggu...
Fajar Yusf13
Fajar Yusf13 Mohon Tunggu... Montir - Fajar yusuf

Ig : yank.18.garage

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perawatan Motor Matic Sebelum Dipakai Mudik

15 Maret 2021   19:57 Diperbarui: 15 Maret 2021   20:32 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Adat atau tradisi diindonesia setiap menjelang hari raya idul fitri / Lebaran yakni Mudik/Pulang kampung. Biasanya masyarakat akan kembali pulang ke kampung halamannya untuk berlebaran dikampung nya. Banyak yang memilih untuk naik transportasi umum maupun pribadi. 

Nah kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang perawatan motor matic sebelum dipakai mudik

1. Cek oli mesin

Kekuatan oli mesin atau masa pakai oli mesin itu adalah 2000km/ 2bulan. Tergantung mana yang lebih dicapai. Jika motor jarang dipakai maka jarak ganti olinya adalah 2bulan, lebih baik juga 1 bulan sekali. Jika sudah mencapai 2000km dalam waktu kurang dari 2 bulan, maka itu sudah waktunya untuk ganti oli. Karna jika telat ganti oli mesin akan fatal akibatnya, bisa merusak ke piston atau part yang lainnya. 

2. Bagian cvt

Bagian cvt terdiri atas v-belt, kipas pully ( pully primer), rumah roller ( sliding primary sheeve) 

Dan masih banyak yg lainnya. 

Bagian cvt sangat penting dan rawan sekali. Makadari itu kita harus bisa merawat dan menservis bagian cvt. Jika tingkat keausan v-belt, rumahroller atau yg lainnya sudah berkurang, akan berpengaruh ke tenaga atau power torsi nya. Dan sebaik nya jika melakukan pergantian spare part usahakan menggunakan part original. Karna part lokal akan cepat rusak dan akan boros untuk mengeluarkan biaya. 

3. Injektor/throtle body

Injector/throtle body sangat penting, karna itu yang mengatur laju si mtor tersebut. Lihat semprotan injector, jika semprot melemah segara melakukan perbaikan pada bagian pull pump dan mereset injector. Dan jangan lupa bersihkan bagian throtle body dengan injector cleaner. 

4. Ban dan pengereman

Jika ban sudah melewati batas yang ditentukan atau sudah menipis sebaiknya ganti dengan yang baru, agar menghindari hal hal yang dapat mencelakakan akibat dari ban mtor yang slip. Kampas rem depan dan pirodo belakang juga cek, sebaiknya ganti dengan yang baru agar pengereman lebih mencekam dengan baik. 

5. Bagian suspensi

Ini adalah bagian yang penting jika berkendara jarak jauh. Karna suspensi yang sudah mulai berkurang powernya akan membuat mtor tidak stabil apabila melewati jalan yang bergelombang. Alangkah baiknya suspensi depan diservis dan belakang ganti dengan yang baru agar lebih nyaman saat berkendara. 

Dan itulah perawatan mtor sebelum berkendara jauh atau dipakai untuk mudik lebaran. Dan pilihlah bengkel yang terpercaya atau dealer resmi motor tersebut. 

Utamakan keselamatan, keluarga menanti dirumah:) 

Selamat mudik:)) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun