Adat atau tradisi diindonesia setiap menjelang hari raya idul fitri / Lebaran yakni Mudik/Pulang kampung. Biasanya masyarakat akan kembali pulang ke kampung halamannya untuk berlebaran dikampung nya. Banyak yang memilih untuk naik transportasi umum maupun pribadi.Â
Nah kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang perawatan motor matic sebelum dipakai mudik
1. Cek oli mesin
Kekuatan oli mesin atau masa pakai oli mesin itu adalah 2000km/ 2bulan. Tergantung mana yang lebih dicapai. Jika motor jarang dipakai maka jarak ganti olinya adalah 2bulan, lebih baik juga 1 bulan sekali. Jika sudah mencapai 2000km dalam waktu kurang dari 2 bulan, maka itu sudah waktunya untuk ganti oli. Karna jika telat ganti oli mesin akan fatal akibatnya, bisa merusak ke piston atau part yang lainnya.Â
2. Bagian cvt
Bagian cvt terdiri atas v-belt, kipas pully ( pully primer), rumah roller ( sliding primary sheeve)Â
Dan masih banyak yg lainnya.Â
Bagian cvt sangat penting dan rawan sekali. Makadari itu kita harus bisa merawat dan menservis bagian cvt. Jika tingkat keausan v-belt, rumahroller atau yg lainnya sudah berkurang, akan berpengaruh ke tenaga atau power torsi nya. Dan sebaik nya jika melakukan pergantian spare part usahakan menggunakan part original. Karna part lokal akan cepat rusak dan akan boros untuk mengeluarkan biaya.Â
3. Injektor/throtle body
Injector/throtle body sangat penting, karna itu yang mengatur laju si mtor tersebut. Lihat semprotan injector, jika semprot melemah segara melakukan perbaikan pada bagian pull pump dan mereset injector. Dan jangan lupa bersihkan bagian throtle body dengan injector cleaner.Â
4. Ban dan pengereman