Teknologi seakan-akan tidak ada habisnya, dengan maraknya semua usaha yang didalamnya selalu terdapat campur tangan teknologi. Teknologi itu sendiri dimanfaatkan oleh semua orang terutama corporate company yang bertujuan untuk generate more revenue karena sudah hampir seluruh manusia yang ada di dunia ini telah menggunakan teknologi dan sosial media. Selain dari generate more revenue, teknologi dapat mempermudah pekerjaan.
Inovasi ialah suatu perubahan knowledge yang tadinya sudah ada atau knowledge yang baru menjadi produk yang baru atau mengubah produk, proses, dan pelayanan yang tujuannya untuk membuat nilai yang baru untuk tamu. Service Quality yang baik adalah sesuatu hal yang diharapkan oleh setiap tamu.Â
Untuk dapat mempertahankan kualitas ditengah persaingan yang ketat di industry hotel, maka berbagai upaya dilakukan untuk bisa bertahan dalam hal competitive advantage ini yang semakin ketat, seperti menambah fasilitas penunjang hotel, serta meningkatkan service quality setiap staff dimulai dari departemen Front Office, Housekeeping, dan F&B.Â
Pelayanan yang baik dan memuaskan dari setiap hotel, akan menambah pendapatan hotel itu sendiri. Inovasi fast check-in sangat berpengaruh penting service quality terhadap tamu serta minat tamu untuk datang Kembali ke hotel.
Dunia perhotelan menjadi salah satu yang ikut berkontribusi dalam hal teknologi ini agar dapat melakukan banyak inovasi di tengah competitive advantage ditambah maraknya opening hotel yang buka di seluruh daerah Indonesia.
Salah satu inovasi di dunia perhotelan yang berkaitan dengan teknologi, contohnya adalah Flexible / Mobile Check-in. Â Flexible / Mobile Check-in ini dengan memanfaatkan suatu property management system hotel yang di adopsi melalui cloud dan integrated langsung ke dalam system yang ada di computer.Â
Dimana pada saat resepsionis / front desk agent melakukan registrasi dan check-in di tab/pad, maka dalam real time akan juga langsung terintegrasi ke dalam property managagement system tersebut.
Saat sekarang belum banyak yang melakukan Flexible / Mobile Check-in ini, dikarenakan banyak owner yang terbentur dengan mahalnya biaya untuk dapat mengadopsi cloud system juga. Salah satunya Morrissey Hotel Jakarta, yang ada di bilangan wilayah Menteng atau Wahid Hasyim ini sudah melakukan praktek Flexible / Mobile Check-in. Â Dengan adanya Flexible / Mobile Check-in ini, tamu akan mendapatkan different experience.Â
Karena di Morrissey Hotel sudah tidak lagi check-in harus mengantri di counter resepsionis / front desk agent. Melainkan pada saat tamu dating di hotel, Guest Relations Officer akan langsung menyambut tamu kami dan menanyakan apakah ingin proses check-in langsung di kamar, di restaurant, atau di luar restaurant sambil merokok. Luar biasa bukan?
Dalam praktek seperti ini, Morrissey Hotel memperlakukan tamu-tamunya seperti raja dan ratu. Dan tamu-tamu pun merasa senang dengan pengalama proses check-in yang berbeda. Dalam konteks ini, tamu buying a moment yang mana berbeda dengan apa yang mereka beli di mall dan lain-lain.Â
Setelah berbelanja, customer akan mendapatkan produk yang dibelinya. Sedangkan di industry hotel, customer berbondong-bondong untuk mendapatkan memorable experience. Maka dari itu, Flexible / Mobile Check-in adalah salah satu terobosan yang sangat luar biasa dalam Guest Experience Hotel.Â
Maka dari itu, check-in di counter resepsionis diperuntukkan hanya untuk group yang kunci kamarnya diambil oleh panitia secara kolektif. Di sisi lain, Flexible / Mobile Check-in dapat menawarkan express check out kepada tamu dimana tamu besoknya pada saat check out tidak perlu antri lagi di resepsionis, bisa langsung pergi meninggalkan hotel tanpa harus mengantri di resepsionis untuk check out lagi dengan catatan, semua pembayaran sudah di selesaikan pada saat arrival. Â Â
Dengan terobosan seperti itu, Industri perhotelan dapat memanjakan tamu-tamunya sehingga dapat menaikkan rating di online survey atau TripAdvisor. inovasi mobile check-in memberikan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan / Service Quality kepada tamu hotel agar mampu menghasilkan kepuasan tamu sehingga tamu akan datang Kembali.Â
Inovasi Mobile Check-in di Morrissey Hotel Jakarta sudah memberikan Service Quality baik, tepat, dan optimal. Staff Resepsionis di Front Office juga sudah melakukan pekerjaan sesuai dengan ketentuan Service Quality 5 dimensi yang meliputi realibility, assurance, empathy, tangibles, dan responsiveness.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H