Mohon tunggu...
Faizin Kamali
Faizin Kamali Mohon Tunggu... pegawai negeri -

Guru SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal, dan mengajar Mata Pelajaran IPA

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Memanfaatkan IT dalam pembelajaran IPA

6 November 2016   17:38 Diperbarui: 6 November 2016   18:28 2076
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MEMANFAATKAN IT DALAM PEMBELAJARAN IPA

A. Latar Belakang

Teknologi merupakan salah satu bidang yang perkembangannya sangat pesat. Dengan berkembangnya salah satu bidang yang berperan penting bagi kemajuan hidup seseorang maka hal tersebut akan lebih mudah tercapai apabila bidang lainnya dapat menyeimbangi perkembangan di bidang teknologi. Jangan sampai dunia pendidikan tertinggal atau ditinggalkan oleh perkembangan teknologi. Dengan berpengaruhnya bidang tersebut maka pendidikan dan teknologi dapat saling melengkapi, dimana pendidikan yang meliputi pembelajaran dapat di dukung dengan sesuatu yang baru misalnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Teknologi dapat memperluas lingkup materi pelajaran yang dapat dipelajari siswa dan dapat memperluas soal yang dapat dikerjakan oleh siswa. IPA sering kali dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit, dan membosankan Paradigdma tersebut dapat timbul karena beberapa faktor misalnya materi IPA yang dinilai sulit dicerna akibat penyampaian materi yang kurang menarik.

Pada masa sekarang ini, sebagian guru disibukan dengan kegiatan GP (Guru Pembelajar) melalui moda daring, maka guru wajib memahami cara memanfaat IT baik itu komputer maupun HP Android.Bagi guru yang biasa atau pernah mengikuti diklat IT misalnya pernah mengikuti E training guru melek IT (DOGMIT) Indonesia tidak akan mengalami kesulitan Dengan mengikuti E training guru melek IT (DOGMIT) Indonesia sangat membantu guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat bantu IT. Saya guru IPA sangat terbantu pada proses pembelajaran dengan memanfaatkan IT setelah mengikuti DOGMIT beberapa kali..

B. Pembelajaran IPA dan Teknologi IT

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan komunikasi yang transaksional yang bersifat timbal balik baik diantara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa dan lingkungan belajar dalam upaya mencapaian tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Dalam proses pembelajaran guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Antara dua komponen tersebut harus terjalin interaksi yang saling menunjang. Namun untuk mendapatkan pembelajaran yang optimal dibutuhkan beberapa hal di luar guru dan siswa yang dapat menunjang proses belajar yaitu salah satunya adalah media untuk penyampaian materi.

Mengikuti DOGMIT Indonesia pembelajaran IPA dengan bantuan IT lebih menarik dan lebih dipahami oleh siswa serta efektif, efisisen. Materi IPA cendrung bersifat konkrit dan kalau penyampaiannya monoton maka kurang menarik bagi siswa, sehingga untuk merubah proses pembelajaran yang monoton dan membosankan tentang IPA diperukan alat yang dapat membantu memudahkan pengkomunikasian materi dan memudahkan siswa dalam menerima informasi serta menarik dalam pembelajaran. Alat pembelajaran dapat berupa bahan ajar, alat peraga pembelajaran, multimedia pembelajaran, dll. Dari makna pembelajaran di atas disimpulkan bahwa pembelajaran harus mengandung unsur komunikasi dan informasi, hal tersebut berhubungan erat dengan hasil teknolgi yang dapat disesuai dengan pembelajaran.

Secara umum teknologi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memroses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Sehingga teknologi informasi dan komunikasi adalah suatu paduan yang tidakdapat dipisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yaitu:

1.  Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administrative untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun