Mohon tunggu...
Faizatun nimah
Faizatun nimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi bulu tangkis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Analisis semiotika pada iklan minuman bersoda; Teori Saussure

30 Desember 2024   18:24 Diperbarui: 30 Desember 2024   18:24 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Analisis semiotika non-sastra adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami makna atau pesan dari berbagai bentuk komunikasi non-sastra, seperti iklan. Melalui pendekatan semiotika, iklan tidak hanya menawarkan produk, akan tetapi juga menjual pengalaman, gaya hidup, dan emosi. Analisis semiotika menurut Ferdinand de Saussure pada konsep tanda yang terdiri atas penanda (signifier) dan petanda (signified). Dengan konteks iklan minuman bersoda, analisis semiotika Saussure dapat membantu mengungkapkan bagaimana iklan tersebut dapat menyampaikan pesan melalui elemen visual, teks, dan audio. 

Analisis Saussure pada konsep tanda yaitu penanda (signifier) dan petanda (signified) pada iklan minuman bersoda dengan merk Coca-Cola

1. Penanda (signifier)

Penanda adalah bentuk fisik tanda yang terlihat 

- Botol atau kaleng Coca-Cola menjadi objek fisik produk.

- Botol Coca-Cola yang berembun.

- Logo Coca-Cola: Tulisan khas dengan menggunakan font melengkung berwarna putih background merah.

- Warna merah: warna yang identik dengan Coca-Cola.

- Tetesan air dingin: gambar tetesan air pada botol atau kaleng Coca-Cola.

- Wajah remaja yang tersenyum.

- Musik dan suara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun