Mohon tunggu...
Faisal Ramadhan
Faisal Ramadhan Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa

Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Upaya Meningkatkan Efektivitas Komunikasi di Perusahaan agar Diterima dengan Baik

8 Desember 2022   23:12 Diperbarui: 9 Desember 2022   00:33 225
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGERTIAN KOMUNIKASI

menurut para Ahli:


1.Everett M Rogers

Pengertian komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.

2. James AF Ston

Pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada

3. William F Glueck

Definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk yaitu:  Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications), yaitu proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.

Jadi Komunikasi ialah dimana seseorang memberikan informasi kepada orang lain dan orang tersebut memberikan respon terhadapa informasi dan terjadilah komunikasi.

Komukikasi Bisnis itu apa sih?

Pertukaran informasi antara seseorang atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Bagaimana Komunikasi yang Baik?

1. Mendengerkan lawan berbicara

2. Memberikan informasi yang benar atau jelas

3. Tidak berbicara yang tidak baik atau menggunjing orang lain

4. Memberikan pertanyaan apabila kurang mengerti

5. Saling bertukan pikiran

Bagaimana Komunikasi yang efektif?

Komunikasi yang efektif adalah pertukana ide, pikiran, informasi dan menghasilkan suatu tujuan yang baik dan menjalin hubungan yang baik antara pemberi dan penerima.

KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN

Komunikasi Bisnis adalah proses berbagi informasi antara organisasi atau client dengan client ya g memiliki tujuan yang saling menguntungkan.

Komunikasi Bisnis sangatlah penting bagi perusahaan, mengapa? Karena dalam dunia kerja untuk meningkatkan motivasi atau semangat seseorang dalam bekerja.

Peranan Komunikasi Bisnis dalam perusahaan, saling bertukar informasi dengan pihak internal maupun eksternal yang membawa kemajuan perusahaan.

UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DIPERUSAHAAN

1. Jujur adalah nomor 1

2. Saling menghargai lawan bicara

3. Komunikasi perngkat utama

4. Berbicara yang sopan terhadap client

5. Berbicara bijak

6. Tidak menggoyang-goyangkan badan

7. Siapkan alat tulis untuk mencatat hal penting (bila perlu)

8. Mendengar dan memperhatikan

9. Memberikan Umpan Balik

10. Tidak lupa salam, sapa, dan senyum

=====TERIMAKASIH=====

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun