Soft Skill merupakan kemampuan yang tidak terlihat namun dimiliki seseorang guna mencapai suatu tujuan dengan lebih mudah. Kemampuan yang dimiliki tiap individu pastinya bermacam-macam, hal itulah yang menyebabkan seseorang harus melatih salah satu soft skillnya. Salah satu contoh dari soft skill yaitu komunikasi dan ide kreatif.
Komunikasi merupakan suatu kemampuan yang harus terus dikembangkan dan dilatih, karena pada kenyataannya tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik. Contoh dari kemampuan komunikasi yang bagus yaitu membuat seseorang mudah dipahami perkataannya ketika sedang berada di atas panggung, karena ia tidak merasa gugup.Â
Berbeda dengan seseorang yang kemampuan komunikasinya tidak cukup baik akan merasa gugup dan malu ketika berbicara didepan umum.
Mempunyai banyak ide kreatif juga termasuk ke dalam soft skill, karena ide kreatif dapat terbentuk ketika banyaknya referensi atau pengetahuan seseorang akan sesuatu. Ide kreatif di era digitalisasi saat ini menjadi hal yang sangat dibutuhkan, karena bisa menghasilkan banyak konten dan produk digital yang dihasilkan dari ide kreatif.
Ide kreatif seseorang merupakan sebuah soft skill yang bisa diimplementasikan langsung ke dalam hard skill bahkan mengembangkannya. Salah satu penerapannya yaitu seorang animator membuat animasi baru berdasarkan ide kreatif yang dimilikinya karena sering melihat animasi lain sebagai referensi.Â
Contoh tersebut bisa dikatakan sebagai pengembangan hard skill akibat soft skill yang dilatih, karena animator tersebut melatih soft skill nya dengan cara menambah referensi animasi yang ia lihat, lalu diimplementasikan langsung pada animasi buatannya atau hard skillnya.
Pada era digitalisasi saat ini, mempunyai kemampuan soft skill dan hard skill yang baik menjadi bekal pada masa mendatang. Oleh karena itu melatih soft skill dengan cara menambah referensi seputar era digital bisa didapat dengan berbagai cara, seperti mengikuti seminar, membaca, ataupun melihat video.
Bidang ekonomi kreatif pada era digitalisasi saat ini seringkali menjadi target dan capaian para generasi z dan milenial yang hidup pada era digitalisasi. Perfilman, desain,  hingga  bisnis online seolah menjadi trend pekerjaan yang banyak dilirik pada era digitalisasi.
Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang tergabung dalam himpunan mahasiswa teknik industri mempunyai keinginan untuk bersama-sama membangun dan melatih soft skill juga hard skill yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi milenial baik mahasiswa maupun masyarakat umum dalam menghadapi era digitalisasi khususnya di sektor UMKM.Â
Keinginan untuk tumbuh dan berkembang bersama tersebut dilakukan dengan cara mengadakan sebuah acara yang bernama Trienfest. Dalam acara tersebut akan dilakukan seminar seputar era digitalisasi untuk melatih soft skill peserta yang mengikuti seminar.Â
Selain itu, para peserta juga diperbolehkan untuk berjualan yang sekaligus bisa mengimplementasikan soft skill dalam mengembangkan hard skill. Trienfest akan berlangsung pada tanggal 25 september mendatang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H