Mohon tunggu...
Fahmi Nouval Dzulfikri
Fahmi Nouval Dzulfikri Mohon Tunggu... Musisi - Musisi

Seorang penikmat dan pencipta musik yang memiliki ketertarikan dibidang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sebuah Kajian: Proyek Besar Media dalam Mempengaruhi Masyarakat Indonesia

15 Oktober 2023   13:25 Diperbarui: 15 Oktober 2023   13:29 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber ilustrasi: PIXABAY

Kehidupan masyarakat modern sangat bergantung pada media. Media di Indonesia telah berkembang menjadi proyek besar yang berdampak pada banyak aspek kehidupan masyarakat. Komunikasi pemasaran saat ini menggunakan media sosial. 

Penggunaan media sosial di Indonesia meningkat dengan cepat. Tingkat penggunaan internet di Indonesia meningkat 26%, dengan orang Indonesia menghabiskan 1,5 jam setiap hari untuk mengakses internet, menurut riset Nielsen. Mayoritas masyarakat Indonesia telah mengintegrasikan media sosial ke dalam gaya hidup mereka. 

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama internet, cara orang berkomunikasi telah berubah dari satu orang ke banyak orang. Komunikasi satu orang ke banyak orang berkembang di era baru media.

Beberapa pertanyaan akan dibahas dalam diskusi kali ini tentang dampak besar media terhadap masyarakat Indonesia. Pertanyaan-pertanyaan seperti apa saja dampak besar media terhadap masyarakat Indonesia? Mengapa media menjadi proyek besar di Indonesia? Bagaimana teori jarum hipodermik dapat menjelaskan dampak media terhadap masyarakat Indonesia?. Mari kita simak bersama.

Mengapa media menjadi proyek besar di Indonesia

Karena sebagian besar masyarakat Indonesia telah menjadikan media sebagai bagian dari gaya hidup mereka, media telah menjadi proyek besar. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama internet, cara orang berkomunikasi telah berubah dari satu orang ke banyak orang. 

Komunikasi satu orang ke banyak orang berkembang di era baru media. Istilah yang lebih luas dalam studi media muncul di akhir abad ke-20 dan mengacu pada permintaan untuk akses ke konten digital kapan saja dan di mana saja, interaksi interaktif pengguna, partisipasi kreatif, dan pembentukan komunitas sekitar konten media.

Adapun faktor-faktor lain mengenai mengapa media menjadi proyek besar di Indonesia adalah, sebagai berikut:

Kemajuan Teknologi

Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah mengubah cara orang berkomunikasi dari satu orang ke banyak orang. Komunikasi satu orang ke banyak orang berkembang di era baru media, yang memungkinkan masyarakat mengakses informasi dan berinteraksi melalui media sosial dengan mudah.

Urbanisasi

Dampak urbanisasi adalah banyaknya orang yang berpindah ke perkotaan untuk bekerja di pabrik. Masyarakat tidak lagi bergantung pada pertanian dan peternakan untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Potensi Ekonomi

Indonesia bermimpi menjadi salah satu dari sepuluh kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2030 karena merupakan negara besar dengan banyak daratan dan lautan, banyak sumber daya manusia, dan banyak kekayaan alam yang memungkinkan produksi. Untuk mencapai hal ini, pemerintah harus berubah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Penggunaan Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, masyarakat membutuhkan teknologi internet, yang melahirkan media sosial. Media sosial adalah jenis media online, yang dapat diakses melalui internet dan memungkinkan penggunanya untuk berbagi ide, berbicara, dan menggunakan apa pun yang mereka butuhkan. Media sosial memudahkan komunikasi dan sosialisasi.

Karena faktor-faktor inilah, media telah berkembang menjadi proyek besar di Indonesia dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat karena faktor-faktor tersebut.

Selanjutnya, kenapa media yang akhirnya dipilih menjadi senjata pamungkas dalam hal ini. Menurut hemat saya, ini tak lepas dari adanya sebuah teori komunikasi, yaitu teori jarum hipodermik (Hypodermic Needle Theory).

Teori komunikasi massa yang dikenal sebagai "teori jarum hipodermik" berpendapat bahwa media massa memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku masyarakat dengan memasukkan pesan tertentu ke dalam pikiran masyarakat. 

Menurut teori ini, komunikan dianggap memiliki kekuatan yang kuat dan media massa dianggap pasif atau tidak tahu apa-apa. Menurut model ini, komunikasi masuk ke dalam jiwa komunikan dengan cara yang mirip dengan cara obat diserap dan disimpan di dalam tubuh, mengubah sistem fisik, dan pesan persuasif mengubah sistem psikologis.

Kampanye politik adalah contoh aplikasi teori jarum hipodermik. Media massa digunakan dalam kampanye politik untuk menyebarkan pesan politik kepada masyarakat. 

Pesan-pesan tersebut dapat memengaruhi cara masyarakat melihat calon politik dan bagaimana mereka memilih mereka. Iklan produk juga dapat menggunakan teori jarum hipodermik. Iklan yang disiarkan di media dapat mengubah cara orang melihat barang tersebut dan membuat mereka membuat keputusan untuk membeli barang tersebut.

Pada kesimpulannya, masyarakat Indonesia sangat dipengaruhi oleh media. Sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengintegrasikan media ke dalam gaya hidup mereka. 

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama internet, cara orang berkomunikasi telah berubah dari satu orang ke banyak orang. Komunikasi satu orang ke banyak orang berkembang di era baru media. 

Menurut teori jarum hipodermik, media massa memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku masyarakat dengan memasukkan pesan tertentu ke dalam pikiran masyarakat. Oleh karena itu, pengawasan dan peraturan yang ketat diperlukan di Indonesia agar media tidak memengaruhi masyarakat.

Sumber:

https://eprints.ums.ac.id/52762/3/BAB%20I.pdf

http://repository.uinsu.ac.id/15999/2/BAB%20I%20%281%29.pdf

https://www.dpr.go.id/dokhumas/publication/Buku-Esai-Parlemen-Remaja-Tahun-2021.pdf

https://e-journal.uajy.ac.id/7163/2/HK110409.pdf

https://www.kemhan.go.id/pusbmn/2019/04/30/revolusi-industri-4-0-dan-pengaruhnya-bagi-industri-di-indonesia.html

https://disdik.lebakkab.go.id/detail/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak

https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/download/164/164

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun