Mohon tunggu...
fahmi fanani
fahmi fanani Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar sekolah

saya pecinta olahraga, suka mengikuti trend otomotis dan bussines

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Digital Marketing Era 5.0

12 Desember 2023   19:54 Diperbarui: 12 Desember 2023   20:29 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Digital marketing telah menjadi bidang pemasaran yang sedang berkembang pesat. Selain lebih hemat, strategi digital marketing memungkinkan Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas untuk menjual barang atau jasa Anda.

Di era internet saat ini, pemasaran digital---juga dikenal sebagai digital marketing---bukan lagi sesuatu yang aneh, terutama karena hampir setiap orang memiliki media sosial. Pemasaran digital dianggap memiliki potensi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran produk. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, diharapkan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dengan menggunakan media digital untuk memasarkan barang atau jasa.

Pemasaran digital tidak berbeda dari marketing konvensional dalam hal isi atau konten. Bedanya, ketika Anda memasarkan produk melalui internet, Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan calon pembeli. Oleh karena itu, selain meningkatkan angka penjualan, produk dan keunggulannya akan menjadi lebih dikenal.

Marketing 5.0 adalah paradigma baru dalam pemasaran yang mengutamakan manusia dalam strategi dan kampanye pemasaran. Ini berbeda dari paradigma pemasaran 4.0, yang berfokus pada penggunaan teknologi digital seperti media sosial, mesin pencari, dan data analytics.

Marketing 5.0 tetap mempertahankan teknologi sebagai bagian penting dari strategi, tetapi lebih menekankan bagaimana menggunakan teknologi untuk membuat pengalaman pelanggan yang relevan dan bermakna.

Singkatnya, pemasaran 5.0 adalah gagasan pemasaran yang menekankan penggunaan teknologi digital untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan dan menciptakan pengalaman yang lebih dekat dengan mereka sambil tetap mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan dampak sosial yang positif.

Pilar-pilar digital marketing era 5.0: 

Personalisasi yang Mendalam, Emosi dan Cerita yang Mempesona, Kolaborasi dengan Pelanggan, dan Inovasi Berkelanjutan.

Implementasi pemasaran digital di era 5.0: 

Analisis data mendalam, pengalaman omnichannel yang terintegrasi, dan pemahaman tentang perubahan sosial dan lingkungan.

Kesimpulan
Digital Marketing 5.0 adalah era pemasaran yang menarik, di mana kemanusiaan dan teknologi saling bersinergi untuk menciptakan pengalaman yang bermakna bagi konsumen. Menghadapi tantangan di era digital, penting bagi perusahaan untuk tetap terhubung dengan sisi kemanusiaan dari konsumen mereka.

Marketing 5.0 memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran mereka dengan lebih efektif, sambil menciptakan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan.

Dengan mengadopsi konsep ini, perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan konsumen dan mencapai kesuksesan jangka panjang dalam era pemasaran yang semakin kompleks dan dinamis.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun