Menurut cornelissen dalam buku milik Lela Mona Ganiem dan Eddy Kurnia "Komunikasi Korparat : Konteks teoretis dan Praktis" bahwa komunikasi internal adalah komunikasi yang terjadi dengan karyawan atau anggota di dalam sebuah organisasi. Komunikasi internal merupakan proses pertukaran informasi, ide, dan gagasan didalam organisasi. bukan sekedar pertukaran informasi melainkan proses yang dinamis yang membangun suatu hubungan, yang mendorong kolaborasi, dan mengarahkan tindakan menuju tujuan bersama. komunikasi yang efektif merupakan kunci keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja. Tanpa komunikasi internal yang kuat, organisasi akan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari produktivitas yang rendah sehingga akan terjadi kegagalan strategi.
Peran komunikasi internal dalam meningkatkan produktivitas komunikasi internal yang baik memastikan semua anggota memahami peran dan tanggung jawab dengan jelas. dan ketika semua orang "berada dihalaman yang sama" tugas-tugas dapat diselesaikan secara efesien dan efektif. informasi yang tepat waktu dan akurat mencegah kesalah pahaman. Â mengurangi pemborosan waktu dan sumber daya, dan meminimalkan kesalahan . bayangkan sebuah tim proyek dimana anggota tidak tahu persis apa yang diharapkan dari mereka hasilnya akan kacau balau.
Pentingnya suatu komunikasi dalam organisasi bisa diringkas sebagai berikut :
1. Komunikasi berperan penting dalam meningkatkan motivasi karyawan dengan cara memberikan informasi dan klarifikasi terkait     tugas yang harus dijalankan. Selain itu, komunikasi yang efektif juga menjelaskan metode pelaksanaan tugas serta memberikan       panduan untuk meningkatkan kinerja ketika hasil yang dicapai belum sesuai dengan target yang diharapka
2. Komunikasi adalah sumber informasi kepada anggota organisasi untuk proses pengambilan keputusan karena membantu              mengidentifikasi dan menilai tindakan alternatif.
3. Komunikasi juga memainkan peran penting dalam mengubah sikap individu , yaitu individu yang terinformasi dengan baik akan       memiliki sikap yang lebih baik daripada individu yang kurang informasi. Majalah organisasi, jurnal, rapat, dan berbagai bentuk        komunikasi lisan dan tertulis membantu membentuk sikap karyawan.
4. Komunikasi memainkan peran penting dalam bersosialisasi. Dalam kehidupan saat ini, keberadaan individu lain menjadi pendoron    utama untuk berkomunikasi. Bahkan, bisa dikatakan bahwa tanpa komunikasi, seseorang sulit untuk bertahan hidup.
5.  Sebagaimana dibahas sebelumnya, komunikasi juga membantu dalam proses pengendalian . Ini membantu mengendalikan            perilaku anggota organisasi dengan berbagai cara. Ada berbagai tingkat hierarki dan prinsip serta pedoman tertentu yang harus       diikuti karyawan dalam suatu organisasi. Mereka harus mematuhi kebijakan, menjalankan peran pekerjaan mereka secara efisien,     dan mengkomunikasikan masalah pekerjaan dan keluhan kepada atasan mereka. Dengan demikian, komunikasi membantu dalam     mengontrol fungsi manajemen.
Sistem komunikasi yang efektif dan efisien memerlukan keterampilan manajerial dalam proses penyampaian dan penerimaan pesan. Seorang manajer bertugas untuk mengidentifikasi berbagai hambatan komunikasi, menganalisis penyebabnya, dan mengambil langkah-langkah preventif guna menghindari masalah tersebut. Oleh karena itu, tanggung jawab utama seorang manajer adalah mengembangkan dan memelihara sistem komunikasi yang efektif di dalam organisasi.
Jenis Komunikasi Internal Dalam Organisasi
karena dalam komunikasi internal organisasi merupakan hubungan anggota atau karyawan dalam sebuah perusahaan. berikut jenis dari komunikasi internal :