Mohon tunggu...
Fahimah Dzakiyyah
Fahimah Dzakiyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Hobi saya badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menerapkan Teori Jerome Bruner dalam Praktik Pembelajaran

3 Desember 2024   21:57 Diperbarui: 3 Desember 2024   22:01 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menerapkan Teori Jerome Bruner dalam Praktik Pembelajaran

Jerome Bruner adalah salah satu tokoh penting dalam psikologi pendidikan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang proses belajar. Teorinya, yang berfokus pada konstruktivisme dan pembelajaran berbasis penemuan, menawarkan pendekatan inovatif dalam pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara praktis untuk menerapkan teori Bruner dalam pembelajaran sehari-hari.

1. Pembelajaran Berbasis Penemuan

Salah satu konsep utama dalam teori Bruner adalah pembelajaran berbasis penemuan. Bruner percaya bahwa siswa akan lebih memahami dan mengingat informasi jika mereka terlibat langsung dalam proses menemukan pengetahuan. Oleh karena itu, guru dapat merancang tugas yang mendorong siswa melakukan eksplorasi dan eksperimen. Misalnya, dalam pelajaran sains, siswa dapat melakukan percobaan untuk menemukan hukum fisika atau prinsip kimia, daripada hanya menerima informasi secara langsung.

2. Penggunaan Narasi dan Cerita

Bruner menggarisbawahi pentingnya narasi dalam pembelajaran. Cerita membantu siswa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, sehingga memudahkan pemahaman dan ingatan. Dalam praktiknya, guru dapat menggunakan cerita atau kasus nyata yang relevan dengan topik pelajaran. Misalnya, dalam pembelajaran sejarah, mengisahkan pengalaman seseorang di masa lalu dapat membuat materi lebih hidup dan menarik.

3. Pengorganisasian Pengetahuan

Bruner juga menekankan pentingnya pengorganisasian pengetahuan. Siswa perlu memahami bagaimana mengaitkan informasi yang mereka pelajari dalam bentuk yang terstruktur. Dalam praktiknya, guru dapat memperkenalkan peta konsep atau diagram untuk membantu siswa menghubungkan ide-ide. Ini tidak hanya membantu dalam memahami topik yang kompleks, tetapi juga memfasilitasi pemrosesan informasi yang lebih baik.

4. Pendekatan Multimodal

Mengingat bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, penting untuk menerapkan pendekatan multimodal dalam pengajaran. Bruner menyarankan penggunaan berbagai metode pengajaran yang melibatkan visual, auditori, dan kinestetik. Contohnya, dalam mengajarkan konsep matematika, guru dapat menggunakan video, diskusi kelompok, dan aktivitas praktis untuk menjangkau semua jenis pelajar.

5. Siklus Pembelajaran Spiral

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun