Mohon tunggu...
Fahed Syauqi
Fahed Syauqi Mohon Tunggu... Penulis - Cirebon, NGO Enthusiast, CEO Berlin Community, Director of Medcamp, Researcher at Center World Trade Studies UGM

Luruskan niat, perbanyak shalawat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

SIAP#2 Mudah Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

24 November 2020   17:50 Diperbarui: 24 November 2020   17:53 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sore hari memang suasana yang sangat tepat untuk mawas diri dengan secangkir kopi. Mengajar bahasa inggris memang tantangan tersendiri, dimana kita dituntut harus sabar dalam menyampaikan suatu materi. Senin dan Selasa merupakan jadwal mengajar kelas 5 SD di Ponpes Tarbiyatul Wildan. 

Aku selalu mengajak adik-adik untuk mempraktekkan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari seperti, ketika mereka ingin izin ke toilet maka mereka dapat memakai kalimat "May I go to the restroom?". Usia yang masih belia harus lebih dikenalkan kepada bagaimana mereka dapat mengeksplor cerita-cerita menariknya setiap hari. 

Oleh karenanya aku mengajak mereka untuk dapat bercerita bebas dengan menceritakan gambar-gambar dari flash card atau kartu bergambar yang berisi tentang kosakata bahasa inggris. Kenapa melalui flash card? 

karena menurut penelitian Nation pada tahun 2001 menyatakan bahwa kebanyakan murid kesulitan dalam belajar bahasa inggris adalah karena sulitnya memahami kosakata dalam bahasa inggris. Aku pun menyadari kosakata bahasa inggris merupakan akar dalam belajar bahasa tidak terkecuali bahasa inggris. 

SIAP edisi kedua kali ini akan membahas bagaimana cara mudah mengajar bahasa inggris untuk siswa/i pada tingkatan sekolah dasar. Pertama kali yang harus dilakukan adalah kita harus memiliki kosakata bahasa inggris melalui flash card atau kartu bergambar. Bagaimana cara menggunakannya?. 

Caranya sangatlah mudah gaes, kita harus mempunyai kartu bergambar terlebih dahulu dengan membelinya di toko-toko terdekat atau bahkan dapat membuatnya sendiri jika kita dapat menggambarnya hehe. Selanjutnya gaes, kita hanya perlu mengajak mereka berdiskusi tentang kartu yang kita tunjukkan satu persatu. Biasanya aku menggunakan 6 kartu bergambar setiap pertemuan. Lalu aku menanyakan kepada mereka seperti berikut.
Teacher :  What is it?

Student : Ohh itu gambar badak pak.

Teacher : No no it's not badak. Ayoo who knows?

Student : Ohh ya hmm apa yah pak?

Teacher : This is hippotamus which has a big body and funny face (sambil memperagakan muka kuda nil yang sedang kelaparan haha)

Student : Ohh ya saya tau pak itu kuda nil.

Teacher : Yups you're right dear.

Seperti itulah keseruan ketika kita mengajak mereka diskusi mengenai suatu gambar. Mereka akan terus menebak, menebak dan menebak hingga mereka merasa penasaran. Menurutku rasa penasaran tersebut yang akan membuat mereka lebih cepat memahami kosakata bahasa inggris. Karena mereka tidak akan melepaskan kata-kata hippopotamus ketika mereka berhasil menebak kosakata tersebut. 

Setelah itu aku meminta kepada siswa/i untuk dapat menuliskan kembali di bukunya masing-masing dengan menggunakan kalimat " please write in your book" dan siswa/i pun menjawab yes sir". Setelah aku beri waktu lima menit untuk menuliskan kembali, aku meminta adik-adik untuk membuatkan cerita menarik diambil dari 2 kosakata yang berada di depan. Oh ya gaes kartu bergambar tersebut aku letakkan di atas papan tulis, sehingga mereka akan dapat melihat gambar-gambar tersebut dengan jelas. 

Saat mereka membuat cerita menariknya, aku pun mencoba membuatnya langsung dengan bahasa inggris seperti berikut.


One day Hippo was sleeping in the pond. Hippo was very lazy animal because he just wanted to sleep all day. suddenly hippo felt so hungry then he looked for some foods. He looked at parrot was sitting on the branch then he asked parrot to help him. Unfortunetely, parrot didn't want to help him so that he was angry. Parrot wanted to give him a lesson about how to be a good animal by asking him to ask help politely. So that, hippo agreed and he asked parrot by saying "would you like to help me please". Yes Hippo sure.

Kita dapat belajar adik-adik ketika kita ingin meminta bantuan, jangan lupa untuk memintanya dengan sopan seperti menggunakan kata "tolong" sehingga teman pun dapat membantu kita dengan baik. Setelah aku selesai memberikan contohnya, maka adik-adik pun membuat cerita-cerita menarik yang mengandung nilai moral. 

Aku meminta mereka untuk membuat kelompok yang terdiri dari dua orang. Mereka pun bercerita tentang Jerapah yang menolong zebra, Burung nuri yang memenangkan lomba menyanyi dengan kuda nil karena setiap usaha tidak akan menghianati hasil, orangutan yang kalah dalam lomba lari dengan penguin karena kemalasannya dan masih banyak lagi. Oh ya gaes, mereka juga menceritakan hal-hal yang menarik seperti bagaimana kuda nil ditipu atau terkena prank oleh burung nuri karena keseringan tidur. 

Ketika mereka telah selesai menuliskan cerita-cerita menariknya, maka aku bergegas untuk memberi nilai kepada anak-anak tersebut. Tebak apa yang terjadi? Kebanyakan mereka tidak ingin mendapatkan nilai 70, maka dari itu mereka mencoba membuat ceritanya lebih menarik lagi, bahkan satu siswa yang bernama agis membuat cerita lebih dari dua cerita menarik. 

Aku sangat senang sekali ketika dapat bercertia bersama adik-adik disana. Karena menurutku bercerita dapat mengikatkan jiwa dan semangat belajar. Aku pun selalu tertantang untuk membuat cerita-cerita menarik setiap harinya, sehingga aku dapat meningkatkan kreativitasku dalam mengajar. Setelah itu, aku mencoba mengajak mereka untuk bernyanyi sambil shalawat "ya hanana". Bagaimana  cara mengajak mereka bernyanyi? Simak penjelasan berikut gaes hehe.

Teacher : "Hi dears, we gonna listen to the music guys"

Student: "Yeaay oke pak"

Teacher : "Yes dears, we gonna sing a song from shalawat ya hanana, are you ready guys?

Student : "Yes I'm ready"

Teacher : "Ok dears let's check it out"

Aku pun menuliskan lirik dari reff ya hanana yakni ya hanana, ya hanana, ya hanana, ya hanana 2x. Lalu aku menuliskan dibawahnya yakni ilustrasi dari percakapan kedua sahabat dalam bahasa inggris seperti berikut 

Agis :  Come

Yahya : I'm coming

Percakapan tersebut biasa digunakan ketika kita ingin mengajak teman untuk dapat mendekat.

Yahya : Go

Agis : I'm going 

Percakapan tersebut biasa digunakan ketika kita ingin meminta teman untuk pergi.

Setelah itu aku memasukkan percakapan tersebut kedalam reff lagu ya hanana sebagai berikut

Come come comingI am coming

Datang datang  saya datang

Go go going  I am going

pergi pergi  saya pergi

Kami bernyanyi bersama dan pada saat ya hanana yuk kita ganti dengan lirik berikut ya adek-adek. Alhamdulillah mereka mengikutinya dengan senang hati. Tidak terasa waktu pun berjalan sangat cepat, sehingga aku pun harus pamit dulu nih gaes hehe. Semoga manfaat dan berkah gaes amiin.. Jangan lupa bersyukur dan bahagia ya gaes. Salam semangat.

Sumber : 

1. Crichton Jonathan, Koster Pieter, "English Made Easy Volume One", (Tokyo: Tuttle Publishing, 2020). hal. 16-17.

2. Hadrah Tv, "Ya Hanana Lirik Arab, Latin & Terjemahan - Lagu Sholawat Habib Syech", lagu diakses dari sini

3. Shahrokhi Mohsen, The Impact of Visualization and Verbalization techniques on vocabulary learning of Iranian high school EFL learners : Agender perspective", (Iran : Science Direct, 2016). hal. 32-42.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun