Mohon tunggu...
Fahed Syauqi
Fahed Syauqi Mohon Tunggu... Penulis - Cirebon, NGO Enthusiast, CEO Berlin Community, Director of Medcamp, Researcher at Center World Trade Studies UGM

Luruskan niat, perbanyak shalawat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

SIAP #1 Mengenal Identitas Diri?

15 November 2020   15:50 Diperbarui: 19 November 2020   08:55 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam gaes, gimana kabarnya nih? Semoga selalu diberi sehat dan manfaat amiin. Oh ya gaes sepertinya saya belum bisa berbagi melalui tulisan tentang metode siap ini setiap harinya karena keperluan tertentu. 

Saya juga sedang dalam lingkup sedih yang mendalam karena guru saya yakni Abah Muhlas Hasyim M.A telah meninggalkan para santrinya. Semoga segala amalan dan pengabdiannya diterima Allah Swt. 

Saya masih sangat teringat ketika beliau menjelaskan bagaimana tata cara menuntut ilmu, dimana kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dan jangan pernah sesekali merasa sombong. 

Pada saat itu saya mendapati cerita beliau ketika saya mengenyam pendidikan di Ponpes Al-Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes. Beliau pernah memperingatkan ketika santri menggunakan jubah atau peci putih untuk segera mengganti pakaiannya, karena menurut beliau peci putih atau jubah itu pertanda orang yang sangat 'alim dan dapat dijadikan tauladan. 

Hal ini saya merasakan sungguh tawadhu'nya beliau abah Muhlas. Beliau tidak pernah sama sekali menggunakan jubah atau peci putih walaupun beliau orang yang sangat 'alim dan cerdas. 

Saya pun sedikit menyimpulkan bahwa kebermanfaatan ilmu tidak dapat diraih dari melihat apa yang kita gunakan namun dapat dirasakan dengan hati yang ikhlas. 

Satu lagi pesan beliau yang masih sangat melekat yakni alarm sholat itu bukan dari handphone kita, namun alarm yang sebenarnya berasal dari hati kita. Oleh karena itu mari tata hati kita agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya sudah berbagi tentang apa itu SIAP di postingan sebelumnya. Silahkan dapat mengunjungi profil saya untuk lebih lengkapnya hehe. 

Oh ya gaes pada kesempatan kali ini saya ingin melanjutkan bagaimana belajar bahasa inggris dengan Metode SIAP ini. Seberapa pentingnya kita mengenal identitas diri dalam belajar bahasa inggris?

Menurut saya hal ini sangat penting karena dengan kita mengenal identitas diri maka kita dapat mengetahui pentingnya belajar bahasa, dimana bahasa merupakan tali silaturahmi yang sangat nyata dalam kehidupan kita. Baiklah mari kita coba untuk mengenal diri kita dengan bahasa inggris. Mari simak uraian berikut ya gaes hehe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun