Mohon tunggu...
Muhammad Fadly
Muhammad Fadly Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta Program Studi Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hubungan Fenomena Hypebeast dan Jean Baudrillard

11 Mei 2022   23:40 Diperbarui: 11 Mei 2022   23:47 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Jean Baudrillard lahir di Reims pada 20 Juni tahun 1929. Lingkungan tempat tinggalnya bukanlah lingkungan yang terholong intelektual. Dalam pemikirannya, Baudrillard dipengaruhi oleh Marshall McLuhan. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah seuatu buku yang berjudul "The Consumer Society Myth and Structures". Dalam buku itu, Baudrillard menjelaskan mengenai masyarakat konsumen secara jelas dan sistematis.

Teori Konsumsi Jean Baudrillard mengatakan bahwa masyarakat konsumerisme pada saat ini tidak didasarkan pada kelasnya lagi, melainkan pada kemampuan konsumsinya. Berarti, individu dapat masuk ke kelompok tertentu asalkan individu tersebut mampu mengikuti pola konsumsi kelompok yang ingin dimasukinya. 

Konsumsi sendiri menurut Baudrillar adalah sebuah tindakan yang sistematis dalam memanipulasi tanda dan untuk menjadi objek konsumsi. Objek disini harue mengandung atau bahkan menjadi tanda.

Selain itu, arus globalisasi menurutnya juga termasuk penyebab terjadinya suatu perubahan yang signifikan. Arus globalisasi merubah masyarakat modern di perkotaan menjadi satu model global yang berperilaku seragam. 

Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh media yang berperan dalam menyebarkan tanda-tanda dalam kehidupan masyarakat. Yang kemudian menyebabkan berubahnya pola pikir masyarakat dalam melakukan kegiatan konsumsi

 Agak berbeda dengan para pemikir sosial dan filsafat lainnya yang memusatkan diri pada metafisika dan epistimologi, Baudrillard lebih memilih kebudayaan sebagai medan penelitian. Ia mengambil pilihan tersebut bukan tanpa tujuan. Baudrillar tertarik untuk mengungkapkan terjadinya transformasi dan pergeseran yang terjadi dalam struktur masyarakat barat dewasa.

Menurut Baudrillard, pada masa kini logika konsumsi masyarakat bukan lagi berdasarkan use value atau exchange value melainkan hadir nilai baru yang disebut symbolic value". 

Hal ini berarti seseorang atau individu tidak lagi mengkonsumsi atau menggunakan sautu objek berdasarkan nilai tukar dan nilai guna dari suatu objek tersebut. Tetapi seseorang mengkonsumsi suatu objek berdasarkan nilai tanda atau simbol yang sifatnya abstrak dan terkonstruksi.

            Selain itu, menurutnya masyarakat konsumer yang berkembang pada saat ini adalah masyarakat yang menjalankan logika sosial konsumsi. Yang dimana kegunaan dan pelayanan bukanlah motif terakhir dari tindakan konsumsi. 

Melainkan lebih kepada produksi dan manipulasi penanda-penanda sosial. Individu menerima identitas mereka dalam hubungannya dengan orang lain bukan dari saiapa dan apa yang dilakukannya, melainkan dari simbol yang mereka konsumsi, miliki dan tampilkan dalam berinteraksi sosial.

            Penyebabnya adalah pada saat ini iklan dari suatu objek tidak lagi menampilkan kebutuhan ataupun keunggulan dari objek tersebut. Melainkan menawarkan simbol prestise dan haya hidup glamor dengan membangkitkan rasa sombong di diri individu. Yang nantinya individu tersebut merasa bangga dalam menggunakan objek tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun