Pendidikan merupakan pilar bangsa. Tanpa pendidikan manusia tidak akan berkembang. Indonesia memiliki banyak sekolah namun hal ini tidak menjamin bahwa pendidikan di sekolah tersebut berkualitas. Pada SDGs ke-4 menargetkan dengan Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua. Hal ini selaras dengan hadirnya program Kampus Mengajar untuk mendorong tujuan pembangunan berkelanjutan.
Salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) unggulan yaitu Kampus Mengajar yang tetap eksis berjalan hingga sekarang memasuki pendaftaran angkatan ke-8. Program ini memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan menjadi mitra guru dalam melakukan pengembangan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Â
Dengan program Kampus Mengajar ini Mahasiswa dengan berbagai latar program studi menjadi Agent of Change berkontribusi serta terjun langsung dalam memperbaiki kualitas pendidikan dimulai dari daerah-daerah khususnya sekolah tertinggal yang memiliki raport literasi numerasi nya rendah. Penulis berkesempatan ditugaskan di daerah kabupaten Malang tepatnya di SD Negeri 01 Turen yang diantaranya kelompok menganalisis kebutuhan sekolah dan akhirnya mengimplementasikan program program untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya :Â
Program LiterasiÂ
Literasi
Pojok baca merupakan program kerja yang diadakan di pojok kelas , yang terdiri dari pohon literasi dan rak buku yang dicat lalu di modifkasi dengan penataan ulang guna meningkatkan minat anak- anak dalam bidang literasi dan numerasi yang tersedia di pohon literasi serta buku-buku yang sudah disediakan, pemasangan pagar baca, serta poster literasi umum untuk kelas rendah seperti guna panca indra, profil pelajar Pancasila, gambar suku dll.Â
Festival Literasi dan Numerasi, Kegiatan ini merupakan kegiatan lomba terdiri dari literasi numerasi yang dianjurkan oleh Kampus Mengajar untuk dilaksanakan sebgaai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Festival ini dirancang dengan lomba interaktif menyenangkan Â
Papan roda pintar membaca merupakan Media pembelajaran ini memiliki sasaran anak kelas 1 dengan tujuan untuk menambah minat dan kemampuan siswa dalam literasi dengan berupa huruf yang akan membentuk suku kata, media ini menggunakan pemanfaatan barang bekas berupa kertas kardus
Kartu Huruf Hijaiyah yang terdiri dari 28 huruf dengan harakat fathah dan kasrah pada kedua sisi, sehingga mampu melatih kemampuan membaca 1 suku kata yang terdiri dari 2 fon (bunyi). Fon vokoid hanya berupa [a] dan [i]. Kartu ini dibuat dari kardus yang bertekstur untuk memberikan stimulus sensorik. Kartu juga memiliki 2 sisi warna yang berbeda. Hal ini ditujukan untuk menambah minat, daya ingat, dan juga motorik siswa untuk fokus.
Flash card find your partner merupakan salah satu media pembelajaran yang diterapkan pada pelajaran Bahasa Inggris bab 'Part of My Body'. Dalam kartu ini terdapat dua bagian dimana siswa akan mendapat kartu bergambar bagian tubuh bertuliskan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Revitalisasi perpustakaan merupakan kegiatan penghidupan kembali dengan pengelolaan perpustakaan yang meliputi pemilahan buku, klasifikasi kategori buku, penataan rak, penataan ruangan, inventarisasi buku, dan manajemen perpustakaan.
Numerasi
Festival Literasi dan Numerasi, Kegiatan ini merupakan kegiatan lomba terdiri dari literasi numerasi yang dianjurkan oleh Kampus Mengajar untuk dilaksanakan sebgaai peringatan Hari Pendidikan Nasional. Festival ini dirancang dengan lomba interaktif menyenangkan Â
Jam Putar merupakan Media pembelajaran ini bertujuan untuk memperkenalkan satuan waktu yang terdiri dari menit, detik, jam dan kemampuan siswa dalam numerasi dengan berupa memahami, membaca satuan waktu. media ini menggunakan pemanfaatan barang bekas berupa kardus dan sedotan.
Roda Numerasi merupakan media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan numerasi siswa pada bidang operasi hitung
Adaptasi Teknologi
AKM kelas dilaksanakan menjadi 2 tahap, yakni Pre-Test dan Post Test dengan soal Literasi dan Numerasi. Dengan memanfaatkan teknologi yaitu laptop bertujuan untuk mengukur hasil capaian hadirnya program kampus mengajar. re-Test dan Post Test memiliki kenaikan nilai pada soal literasi maupun soal numerasi
Pengenalan teknologi video dan pembelajaran media LCD quiziz
Mitigasi Lingkungan
Green school Kegiatan ini terdiri dari labelling tanaman sekolah, pemanfaatan mading kelas 5 sebagai pop up tentang mitigasi lingkungan, dan pemanfaatan galon bekas sebagai tempat sampah organik anorganik. Oleh karena itu, diharapkan dapat menambah kreativitas dan kesadaran siswa terkait mitigasi lingkungan juga meningkatkan wawasan dan literasi siswa,
Sosialisasi 3 Dosa Pendidikan
3 Dosa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk disampaikan kepada siswa. Kelompok melakukan program kerja terkait berupa sosialisasi dan campaign pencegahan 3 Dosa Pendidikan. Sosialisasi diberikan dengan menggunakan mediaÂ
video animasi terkait bullying dan intoleransi. Sedangkan campaign diwujudkan dengan menempelkan poster anti bullying dan anti intoleransi di lingkungan sekolah.
menghilangkan disparitas gender dalam pendidikan, membangun dan meningkatkan fasilitas pendidikan yang ramah anak
Program Lainnya
Program kreativitas ramadhan merupakan program yang melibatkan siswa pada bulan Ramadhan dengan menonton bersama video kisah keagamaan, membuat poster tema ramadhan untuk siswa kelas 4- 6, dan mewarnai untuk siswa kelas 1-3 untuk meningkatkan kreativitas dan motorik siswa dengan pemberian award pada kategori terbai
Dengan kolaborasi program kampus mengajar dan mahasiswa di harapkan mampu terus mendorong konytribusi mewujudkan pilar SDGs nomer 4 yakni Pendidikan Berkualitas
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya