Mohon tunggu...
Fadillah Yulianti
Fadillah Yulianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UPI

KKN Tematik MDBPE-MBKM UPI 2021 Fadillah Yulianti - S1 Pendidikan Bahasa Perancis DPL : Dr. Yayat M.Pd #KKNTematikUPI #KKNMDBPEMBKM #KKNUPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2021: Pembelajaran Daring dengan Model Pembelajaran Discovery Learning

26 Juli 2021   07:52 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:03 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah hampir kurang lebih 2 tahun ini pandemi covid-19 belum kunjung usai. Grafik penularan semakin melonjak naik. Pemerintah melakukan berbagai macam upaya dan kebijakan untuk mengatasi pandemi ini. 

Antara lain menerbitkan berbagai aturan dan protokol/panduan kesehatan, menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak daerah pada tahun 2020, dan langkah tegas yang diambil Pemerintah guna membatasi mobilitas masyarakat agar dapat mengurangi laju penyebaran virus COVID-19 di tahun 2021 ini salah satunya dengan menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada proses pendidikan di masa pandemi ini, guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 kemendikbud masih menetapkan untuk pembelajaran dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh dan daring (dalam jaringan). 

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung melainkan dilakukan melalui jaringan internet. Pembelajaran daring dapat diakses dimana saja asalkan dan kapan saja asalkan ada paket internet dan perangkat elektronik yang mampu menjadi penunjang.

Demi terciptanya proses pembelajaran daring yang lancar, ketersediaan gawai dan internet menjadi dua hal yang saling berkaitan. Saat ini masih banyak siswa yang terbatas dari segi kapasitas penunjang pembelajaran. 

Dimulai dari gawai dengan spesifikasi rendah, memori gawai yang sedikit sehingga tidak memungkinkan untuk mendownload aplikasi pembelajaran, sinyal internet yang terbatas sehingga sangat sulit untuk melakukan pembelajaran secara online.

Hal ini berimbas pada indeks tingkat keberhasilan belajar mengajar selama pandemi. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia membutuhkan model pembelajaran yang sesuai di era pandemi ini. Salah satu model pembelajaran yang cocok di masa pandemi ini adalah model pembelajaran discovery learning.

Menurut Salmon dalam (Muhamad, 2016) pengaplikasiannya model Discovery Learning mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan tahan lama dalam ingatan. Serta posisi guru di kelas sebagai pembimbing dan mengarahkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan. 

Manfaat dari model pembelajaran ini ialah menekankan agar siswa mampu menemukan informasi dan memahami konsep pembelajaran secara mandiri berdasarkan kemampuan yang dimilikinya namun tidak tanpa bimbingan dan pengawasan guru agar pembelajaran yang mereka dapatkan terbukti benar. Model pembelajaran discovery learning memiliki ciri tersendiri, berikut tiga ciri utama belajar dengan model pembelajaran discovery learning: 

  1. Mengeksplorasi dan memecahkan masalah untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun