Mohon tunggu...
Fadillah NurAzizah
Fadillah NurAzizah Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Perikanan

Mahasiswa Perikanan Psdku Unpad Pangandaran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pemasaran Sambal Ikan Tongkol

29 Oktober 2021   18:32 Diperbarui: 29 Oktober 2021   18:54 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh Junianto1 dan Fadilah Nur Azizah2

  • Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNPAD
  • Mahasiswa Program Studi Perikanan Diluar Kampus Utama-Pangandaran, UNPAD

Analisis pemasaran sangat penting untuk dilakukan sebelum produk diproduksi.  Salah satu produk olahan hasil perikanan yang dapat dikomersialkan adalah sambal ikan tongkol. Sambal ikan tongkol adalah sambal yang berbahan baku ikan tongkol, cabai, dan tomat, pembuatan sambal dengan formulasi ikan dan sambal merupakan inovasi baru dalam pembuatan bahan baku makanan (Rieny Sulistijowati., 2020)

Sambal ikan tongkol termasuk  produk pangan, produk ini diperlukan sebagai pelengkap lauk untuk merangsang makan nasi.  Ikan tongkol sebagai bahan utama dalam produk sambal ini memiliki kandungan gizi sebagai dalam Tabel berikut

Kandungan Gizi 100 Gram Ikan Tongkol (Sumber : USDA) :

Kalori (Kcal ) : 132

Jumlah Lemak : 1.3 g

Protein : 28 mg 

Lemak Jenuh : 0.4 g

Vitamin C : 1 mg 

Kolesterol : 60 mg

Kalium : 522 mg

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun