Mohon tunggu...
Fadila Rosyada Hariri
Fadila Rosyada Hariri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Digital Marketing, Business, and Entrepreneurship

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Menilik 5 Jenis Pekerjaan Digital Marketing yang Banyak Dibutuhkan di Era Digital: Job Desc, Skill, Hingga Gajinya

29 November 2023   19:34 Diperbarui: 30 November 2023   15:47 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Era digitalisasi membuat kehadiran online bagi perusahaan menjadi hal yang sangat penting agar perusahaan dapat tetap relevan dan bersaing di pasar. Salah satu upaya untuk meningkatkan visibilitas perusahaan secara online adalah dengan menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah penerapan media digital, data, dan teknologi yang terintegrasi dengan komunikasi tradisional untuk mencapai tujuan pemasaran. 

Sebagian besar perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan digital marketing dengan tujuan menjangkau masyarakat yang lebih luas. Maka dari itu, perusahaan tentunya perlu meningkatkan kapabilitasnya dalam hal digital marketing, salah satunya adalah dengan merekrut sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam digital marketing. Hal inilah yang membuat lowongan kerja digital marketing semakin banyak sehingga prospek kerjanya semakin menjanjikan.

Jenis Pekerjaan Digital Marketing

Lantas, apa saja sih jenis pekerjaan digital marketing yang banyak dicari saat ini? Berikut adalah beberapa contoh jenis pekerjaan digital marketing serta penjelasan lengkapnya, mulai dari tugas, skill, hingga gaji pekerjaan digital marketing.

1. SEO Specialist

Dilansir dari Emeritus, tugas utama dari seorang SEO specialist adalah mencari kata kunci yang sedang tren terkait dengan merek yang digunakan orang saat melakukan pencarian di mesin pencari serta membuat daftar kata kunci untuk ditambahkan ke konten web agar situs web dapat memiliki traffic yang tinggi dan berada di peringkat atas pada mesin pencarian. 

Untuk dapat menjalankan tugas tersebut, menurut laman Semrush, terdapat beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang SEO specialist, yaitu kemampuan untuk menganalisis dan mentafsirkan data, keterampilan teknis, komunikasi dan kerja sama, mengikuti perkembangan tren, kemampuan beradaptasi, dan keinginan untuk terus belajar. Dengan kemampuan yang dimilikinya, seorang SEO specialist dapat memiliki gaji sekitar 5 juta untuk level junior dan untuk posisi senior mencapai 9 juta rupiah.

2. Social Media Specialist

Social media specialist adalah profesi yang berfokus pada pengelolaan konten pada beberapa media sosial yang dimiliki sebuah brand dengan tujuan meningkatkan kesadaran terhadap merek, membangun interaksi dengan konsumen, dan meningkatkan angka penjualan. Tugas dari seorang social media specialist adalah seperti membangun content plan untuk mengelola konten di media sosial, menciptakan konten-konten yang menarik, berinteraksi dengan followers di media sosial, dan melakukan evaluasi terhadap konten yang sudah dibuat.

Maka dari itu, kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang social media specialist adalah familiar dan memahami tools dalam media sosial, mengikuti perkembangan tren di media sosial, kreativitas untuk membuat konten yang menarik, serta kemampuan storytelling yang baik. Melansir dari Indeed, rata-rata gaji yang didapat oleh seorang social media specialist level pemula adalah sekitar 5,1 juta per bulan. 

3. KOL/Influencer Specialist

KOL specialist adalah profesi yang bertanggung jawab dalam keberhasilan kerja sama antara perusahaan dengan KOL dalam menjalankan campaign. KOL sendiri adalah pihak yang memiliki pengaruh besar dan pengikut yang banyak, seperti selebriti, youtuber, dan blogger. Biasanya sebuah brand melakukan kerja sama dengan KOL yang relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan brand. Maka dari itu, seorang KOL specialist bertugas dalam melakukan riset mengenai KOL atau pun agency, membangun hubungan dan mengelola kinerja KOL, serta memberi arahan dalam menjalani campaign.

Adapun beberapa skill yang perlu dimiliki oleh seorang KOL specialist adalah seperti analytical thinking, kemampuan negosiasi, manajemen waktu, dan logical thinking agar proses kerja sama dan campaign dapat berjalan dengan efektif. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan profesi KOL specialist. Gaji yang didapat seorang KOL specialist adalah sekitar 4-6 juta rupiah per bulan menyesuaikan dengan kemampuan dan pengalamannya. 

4. Copywriter

Apa itu copywriting? Dilansir dari AWAI, copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian atau mengklik link. Seorang copywriter tidak hanya harus memiliki kemampuan menulis yang baik, tetapi juga pemahaman terhadap target audiens, kemampuan storytelling yang persuasif, dan kemampuan dalam riset dan analisis sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik. Gaji dari seorang copywriter cukup beragam di berbagai perusahaan, mulai dari sekitar 3-5 juta untuk pemula dan 6 juta untuk level senior.

5. Content Writer

Mungkin banyak dari kalian yang masih belum bisa membedakan antara copywriter dengan content writer. Keduanya sama-sama memiliki tugas menulis, tetapi keduanya merupakan profesi yang berbeda. Perbedaan dari copywriter dan content writer adalah dari tujuan dan sifat kontennya. Konten yang dihasilkan oleh copywriter lebih bersifat persuasif, sedangkan konten dari content writer bersifat informatif atau edukatif. Contoh konten yang dihasilkan content writer adalah artikel atau blog seperti yang kalian baca saat ini. 

Untuk dapat membuat konten yang informatif, seorang content writer memiliki tanggung jawab dalam melakukan riset agar mendapatkan informasi dan data yang kredibel dan akurat. Selain itu, seorang content writer bertugas membuat, mengelola, dan mengevaluasi konten. Hal ini membuat content writer perlu memiliki skill dalam kepenulisan, mengikuti perkembangan tren, dan pengetahuan SEO. Dengan kemampuan tersebut, berdasarkan data dari Glints, rata-rata gaji yang didapat oleh content writer adalah sekitar 5 juta rupiah.

Era digitalisasi membuka peluang yang luar biasa dengan munculnya berbagai jenis pekerjaan baru, seperti pada bidang digital marketing. Jika kalian tertarik untuk memulai karir di bidang digital marketing, kalian dapat mengeksplor lebih dalam mengenai jenis pekerjaan tersebut dan mulai untuk meningkatkan dan mengasah keterampilan yang relevan dengan jenis pekerjaan. 

Referensi

Kumar, A., & Sharma, R. (2023, October 26). What are the Roles and Responsibilities of an SEO Specialist. Emeritus. Retrieved November 30, 2023, from https://emeritus.org/in/learn/what-are-the-roles-and-responsibilities-of-an-seo-specialist/

What Is an SEO Specialist and How to Become One. (2023, September 12). Semrush. Retrieved November 30, 2023, from https://www.semrush.com/blog/seo-specialist/

What Is Copywriting? What Does A Copywriter Do? Get the Answers…. (n.d.). AWAI. Retrieved November 30, 2023, from https://www.awai.com/what-is-copywriting/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun