Mohon tunggu...
Fadilah Sukma Rama
Fadilah Sukma Rama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Yuuuu pasti bisa

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kesalahan yang Wajib Dihindari oleh Seorang Karyawan Baru

29 Maret 2021   15:52 Diperbarui: 29 Maret 2021   16:34 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Pixabay.com

Menjadi seorang karyawan baru memang sangat tidak mudah, berat rasanya memulai apalagi harus beradaptasi dengan lingkungan. Perlakuan yang tidak diharapkan seringkali datang, namun itu jangan sampai mengubah keputusan. Segala tantangan dan keputusasaan harus bisa di lewatkan.

Seringkali karyawan baru mengundang rasa ketidaksukaan rekan karena ulah nya, padahal sebagai seorang karyawan baru harus bisa menunjukan sikap dan etika yang mampu membuat lingkungan menerima dengan baik, bukan malah sebaliknya.

Beberapa kesalahan yang wajib dihindari seorang karyawan baru adalah sebagai berikut :

1. Bercanda Berlebihan 

Bercanda memang mengubah suasana lingkungan pekerjaan terasa nyaman, namun untuk seorang karyawan baru sebaiknya jangan dulu melakukan hal itu, bisa jadi hal itu mengundang rasa ketidak sukaan rekan dan menimbulkan kesan tidak sopan.

2. Banyak Bertanya yang Tidak Penting

Bertanya harus sesuai porsi, diluar hal pekerjaan tidak pantas untuk selalu ditanyakan. kesalahan kecil seperti ini pun bisa saja atasan tidak menyukainya.

3. Bersikap Seolah Sudah Mengetahui Segalanya

Seringkali karyawan baru bersikap seolah sudah mengetahui segalanya, ketika rekan ataupun atasan mengarahkan pekerjaan, ia justru sering memotong pembicaraan, melakukan pembelaan bahwasanya ia sudah tau padahal posisinya ia seorang karyawan baru yang harus diarahkan.

4. Tidak Disiplin dan Tidak Mengikuti Aturan 

Aturan harus sangat diikuti seluruh karyawan, apalagi untuk seorang karyawan baru. Dunia bekerja bukan lagi dunia mainan, segala sesuatu di tuntut untuk mengikuti aturan. Ada seorang karyawan baru yang tidak bisa mengikuti aturan dan tidak disiplin padahal itu adalah pondasi utama seseorang bisa diterima ditempat bekerja.

Itu dia beberapa kesalahan yang harus dihindari seorang  karyawan baru, masih banyak sekali kesalahan kesalahan yang harus di hindari, 4 poin diatas salah satu contoh yang fatal, jangan sampai karyawan baru melakukannya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Salam hangat dari penulis :

Fadilah Sukma Rama

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun